PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMK NEGERI 1 SIDIKALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36453Keywords:
Pengetahuan Kewirausahaan, Kemandirian Belajar, Minat BerwirausahaAbstract
Masalah yang dibahas di penelitian ini berhubungan pada tingginya tingkat minat berwirausaha yang ditunjukkan oleh siswa kelas XI matapelajaran ekonomi di SMK Negeri 1 Sidikalang selama tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan agar menyelidiki dampak pengetahuan kewirausahaan dan kemandirian belajar pada minat berwirausaha di antara murid Kelas XI matapelajaran ekonomi di SMK Negeri 1 Sidikalang. Jenis penelitian yang dipakai yakni expost facto. Populasi untuk riset ini terdiri dari 94 siswa jurusan Ekonomi SMK Negeri 1 Sidikalang. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah penggunaan kuesioner. Sebelum diterapkan, kuesioner menjalani pengujian pendahuluan. Temuan pengujian memperlihatkan bahwa kuesioner tersebut valid dan reliabel. Selanjutnya, data yang didapati dari respons kuesioner dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil analisis memperlihatkan pengetahuan kewirausahaan punya pengaruh yang signifikan dan positif pada minat berwirausaha siswa. Hal ini didukung oleh nilai thitung > ttabel yaitu 6,010 > 1,661, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Untuk kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan pada minat berwirausaha siswa dimana thitung > ttabel yaitu 6,043 > 1,661, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil Uji F memperlihatkan bahwa variabel pengetahuan kewirausahaan dan kemandirian belajar berdampak signifikan dan positif terhadap minat berwirausaha siswa pada tingkat kepercayaan 95%. Nilai Fhitung (42,134) > Ftabel (3,10), dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05. Keluaran SPSS versi 27 memperlihatkan nilai Y dapat diperkirakan menggunakan persamaan Y = 10,096 + 0,476X1 + 0,456X2. Koefisien determinasi keseluruhan adalah 48,1%, yang menunjukkan bahwa 51,9% dari variasi dalam variabel hasil disebabkan oleh variabel lain yang tidak dipertimbangkan diriset ini.References
Ahmadi, A. (2004). Psikologo Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Anggraeni, B., & Harnanik. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan keluarga terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 10(1), 46.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta?: PT. Rineka Cipta.
Azhara, S. (2022). Hubungan Self-Efficacy dan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar pada Siswa SMAN 6 Padang. Doctoral dissertation, Universitas Putra Indonesia" YPTK" Padang.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2008). Entrepreneurship/Kewirausahaan Edisi 7. Jakarta?: Salemba Empat.
Husaini, U., & Purnomo, S. A. (2006). Pengantar Statistika, Edisi Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Iskandar, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha: Sebuah Studi Literatur. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Bisnis, 1, 96–107.
Kasmir. (2011). Manajemen Perbankan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kaur, G., & Mantok, S. (2015). Effects of entrepreneurial orientation on business performance: A study of SSIS in Ludhiana. Journal of Services Research, 15(1), 131.
Khairani, M. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2007). Entrepreneurship From Mindset to Strategy. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Mardiyatmo. (2008). Kewirausahaan. Surakarta: Yudistira.
Mark, C. (2012). Entrepreneurship Theory Network History. Jakarta: Rajawali Pers.
Mu’tadin, Z. (2002). Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologi Remaja. In Epsikologi.
Mulyono, A. (2013). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasution, A. H. (2007). Entrepreneurship Membangun Spirit Teknopreneurship. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Noor, J. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Group.
Noviantoro, G., & Rahmawati, D. (2018). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Motivasi Berwirausaha, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Akuntansi FE UNY. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 6(1).
Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pardjono, P. (2007). Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidlkan Teknik Mesin Ditinjau Dar! Asal Sekolah, Tempat Tinggal, dan Lama Studi. Cakrawala Pendidikan, 1(1), 80064.
Primastiwi, A., & Sunardi. (2015). Pengantar Bisnis, Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Qoyyimah, S. (2016). Pengaruh efikasi diri dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa jurusan pendidikan IPS angkatan 2012 UIN Malang. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rahmadi, A. N., & Heryanto, B. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri. Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2).
Riyanto, T. (2002). Pembelajaran Sebagai Proses Bimbingan Pribadi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sawiji, H., Zulianto, M., & Santoso, S. (2014). Pengaruh Efikasi Diri dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 3(01).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nia Angelia Sihombing, Putri Kemala Dewi Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.