PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Authors

  • Putri Chindya Universitas Negeri Medan
  • Putri Kemala Dewi Lubis Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32380

Keywords:

Media Sosial, Pengetahuan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha dan Efikasi Diri.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak pengetahuan kewirausahaan dan media sosial terhadap minat kewirausahaan mahasiswa yang berpartisipasi dalam Program Penelitian Pendidikan Ekonomi 2020 di Universitas Negeri Medan, dengan efikasi diri bertindak sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Ukuran sampel penelitian terdiri dari 83 individu yang memberikan tanggapan. Berbagai tes dilakukan termasuk uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (seperti normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas), serta pengujian hipotesis melalui analisis jalur (termasuk tes t, uji F, koefisien determinasi), dan uji Sobel. Temuan menunjukkan bahwa media sosial secara positif dan signifikan mempengaruhi minat kewirausahaan melalui efikasi diri. Efikasi diri memainkan peran penting dalam membentuk minat kewirausahaan. Selain itu, pengaruh semangat keluarga terhadap minat kewirausahaan dimediasi oleh efikasi diri di kalangan mahasiswa yang terdaftar dalam Program Penelitian Pendidikan Ekonomi 2020 di Universitas Negeri Medan.

References

Ajzen, I. (1991). Teori perilaku perencanaan. Perilaku Organisasi dan Pengambilan Keputusan Manusia, 50(2), 179–211.

Alfaruk, M.H. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Motivasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2), 164-172.

Andriani, R., N.A. Hamdani dan Setiawan, R. (2020). Pengaruh pengetahuan bisnis terhadap efikasi diri dan dampaknya terhadap siswa dan minatnya. Majalah Inovasi Bisnis dan Kewirausahaan, 2(2). 126-130.

Bandura, A. (1997) Dasar sosial pemikiran dan tindakan: teori kognitif sosial. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-HallDhitara, P.Y.A., dan Ardiansyah, E.H. (2022b). Pengaruh penggunaan media sosial dan motivasi kewirausahaan terhadap manfaat kewirausahaan melalui intervensi efikasi diri. Jurnal Sosial Ekonomi dan Ilmu Pengetahuan Manusia, 8(1), 1-12. https://Doi.Org/10.29303/Jseh.V8i1.26

Ghozali. (2018). Penerapan analisis multivariat Yogyakarta: Pers Universitas Diponegoro.Ghozali, I. (2020). Penerapan analisis multivariat dengan IBM Spss 21: Undip Publishing.Giri, ELS dan Sujana, IN (2023). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan media sosial terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 15(1), 112-121. https://Doi.Org/10.23887/Jjpe.V15i1.63546

Handayani, S.W.R. I., Lindayani, NL, dan Anisa, N. (2023). Efektif terhadap penundaan staf Taman Wisata Air Wendit Kabupaten Malang. Psikovidya, 27(1), 19-26. https://Doi.Org/10.37303/Psikovidya.V27i1.220

Hariyani, R. dan Wibowo, A. (April 2020). Pengaruh penggunaan media sosial, motivasi, dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Dalam Prosiding Workshop Nasional Dinamika Komputasi (Vol. 4, No. 1).

Hasanah, U.U. dan Setiaji, K. (2019). Pengaruh pengetahuan digital, efikasi diri dan lingkungan terhadap niat mahasiswa memulai bisnis e-commerce. Jurnal Analisis Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1-18. https://Doi.Org/10.15294/Eeaj.V13i2.17051

Hidayat, A.R., Ninghardjanti, P. dan Susantiningrum. (2022). Pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha mahasiswa administrasi perkantoran Fkip Uns. Jurnal Informasi dan Komunikasi Manajemen Perkantoran, 6(2), 44-54. Diambil dari Http://Jurnal.Uns.Ac.Id/

KalaupHutasuhut, S. (2018). Peran pengetahuan bisnis, efikasi diri, keluarga, pendidikan dan gender terhadap niat berwirausaha. Dinamika Pendidikan, 13(1), 90-105.

/Sju/Index.Php/Jeec.

Downloads

Published

2024-09-06

How to Cite

Chindya, P., & Lubis, P. K. D. . (2024). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12614–12625. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.32380

Most read articles by the same author(s)