ANALISIS STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM: MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41546Keywords:
Pembelajaran Efektif, Pengembangan KurikulumAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pengembangan kurikulum untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur atau kepustakaan dengan mengumpulkan berbagai sumber data dari buku dan artikel jurnal yang sesuai dan relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara strategi pengembangan kurikulum dalam mewujudkan pembelajaran efektif terletak pada keselarasan antara kebutuhan siswa, metode pembelajaran yang variatif, dan konteks pembelajaran yang relevan. Kurikulum yang dikembangkan dengan strategi yang tepat akan memberikan dasar yang kuat bagi terciptanya pembelajaran yang efektif di mana siswa tidak hanya mempelajari materi secara teoritis namun siswa juga harus mampu menginternalisasi nilai-nilai yang dipelajari, sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan relevan bagi kehidupan siswa.References
Arsini, Y., Yoana, L., & Prastami, Y. (2023). Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal Research and Education Studies, 3(2), 27–35.
Asy'ari, A., & Hamami, T. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. Jurnal Pendidikan Islam.3(01), 19-34. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.52
Ayudia, I., Bhoke, W., Oktari, R., Salem, V., & Khairani, M. (2023). Pengembangan Kurikulum. Sumatera Utara: PT. Mifandi Mandiri Digital.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Pare-Pare: CV. Kaaffah Learning Center.
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. Jurnal At-Tafkir. XI(1), 85–99.
Husnah, M., Sari, L. Y., Rahmawan, A., & Gusmaneli. (2024). Membangun Keterampilan Belajar Peserta Didik yang Efektif. 8(4), 111-123
Karmila, D. (2024). Strategi Pengembangan Kurikulum PAUD Berbasis Karakter di Taman Kanak-Kanak. Jurnal basicedu. 8(1), 624–632.
Mahrus, M. (2021). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41–80. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.59
Ma'ruf, M. W., & Syaifin, R. A. (2021). Strategi Pengembangan Profesi Guru dalam Mewujudkan Suasana Pembelajaran yang Efektif. Al-Musannif: Jurnal Pendidikan Islam dan keguruan. 3(1), 27–44.
Panggabean, H. S., Hasanah, N. U., Ulfia, S., Hardiyanti, S. D., Astuti, P. W., Septianingsih, & Fitri, E. (2021). Upaya Guru PAI Menciptakan Suasana Pembelajaran yang Efektif. Education & Learning, 1(2), 6–11. https://doi.org/10.57251/el.v1i2.52
Rahayu, M. S., Hasan, I., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Relavansi Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 108–118. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.925
Ritonga, F. U., Asbi, E. A., & Al-Futhuh, R. P. T. (2024). Penerapan Sistem Belajar yang Efektif dengan Program Mentoring di Rumah Baca Qur'an Ummu Hasna.Jurnal Abdi Psikononomi. 5(1), 1-9.
Rosidah, A. (2023). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jawa Barat: CV. RinMedia.
Rouf, M., Said, A., & Riyadi, D. E. (2020). Pengembangan Kurikulum Sekolah: Konsep, Model, dan Implementasi. Al-Ibrah, 5(2), 24-41.
Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, F. (2021). Paradigma Pembelajaran Efektif Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(2), 40–51. https://doi.org/10.24014/gjbs.v1i2.12786
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurafifahtul Khasanah Azis, Syamsu A Kamaruddin, Ahmadin Ahmadin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.