PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2020 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35846Keywords:
Media Sosial, Lingkungan Keluarga, Minat Berwirausaha dan Efikasi DiriAbstract
Dengan efikasi diri sebagai variabel intervening, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ex post facto yang dikombinasikan dengan teknik sampling komprehensif. Responden dalam penelitian ini berjumlah delapan puluh tiga orang. Penelitian ini menggunakan uji Sobel, uji validitas dan reliabilitas, serta pengujian asumsi tradisional heteroskedastisitas, multikolinearitas, dan kenormalan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh positif terhadap efikasi diri, lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap efikasi diri, media sosial berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha, lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha, efikasi diri berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha, dan media sosial berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha melalui efikasi diri pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2020, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan.References
Abdullah, Dudung & Fiska Rahmah Septiany. (2019). Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa FEB Universitas Majalengka). Co-Management. 1(3). 316-331
Agusmiati, D., & Wahyudin, A. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating. Economic Education Analysis Journal. 7(3). 881
Ajzen, Icek. (2005). Attitude, Personality and BeHaviour, (2nd), Berkshine. UK: Open University Press-McGraw Hill Education.
Ajzen, I. (1991). Attitudes, Personality, and Behaviour (Second Edition). Library of Congres Cataloging-in-Publication Data: New York.
Ambarriyah, S. B., & Fachrurrozie. (2019). Efek Efikasi Diri Pada Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kecerdasan terhadap intensi Berwirausaha Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal. 8(3). 1045-1060
Anggraeni, Harnanik. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. JPE DP. 10(1)
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Negeri Diponegoro
Hisrich, M.Peter., & A.Shepherd. (2015). Enterpreneurship. McGraw-Hill Education. New York
Jailani, M., Rusdarti, & Sudarma, K. (2017). Pengaruh Kewirausahaan, Motivasi Belajar, Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausa Siswa. Journal of Economic Education, 6(1), 52-59
Kirana, D. G. C., Harini, H., & Nugroho. J. A. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Self Efficacy terhadap Minat Berwirausaha (Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Tahun Angkatan 2014-2016. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4.
Kurniawan, A., & dkk. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi dan Kepribadian Terhadap Minat Wirausaha Melalui Self Efficacy. Journal of Economic Education. 5(1), 100-109
Latifah, N. (2017). Pengaruh Self Efficacy, Pendidikan Kewirausahaan, Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unnes. Disertasi Universitas Negeri Semarang.
Lukmayanti. A. (2012). Hubungan Efikasi Diri dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII Program Keahlian Jasa Boga di SMK Negeri 6 Yogyakarta. (Laporan Penelitian). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
Maharani, A., & Khalikussabir. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Berprestasi dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Berwirausaha dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen
Marini, C. K., & Hamidah, S. (2014). Pengaruh Self-Efficacy, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadao Minat Berwirausaha Siswa SMK Jasa Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 195-207.
Pamungkas, A. P., & Indah, M. (2017). Pengaruh Self Efficacy, Pendidikan Kewirausahaan Dan Ekspetasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Akuntansi the Influence of Self Efficacy, Enterpreneurship Education, and Earning Expectation Towards the Studentsinterest of. Jurnal Fakultas Ekonomi, 1, 1-13.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke- 26. Bandung: Alfabeta, CV
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, S. Christian. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausaan, dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(3). 277-286
Trihatmoko, A., & Harsono, M. (2017). Kewirausahaan Membentuk dan Mengembangkan Unit Bisnis Handal dan Mapan (1 st ed). Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Yunia, P, L., & Sukirman. (2020). Pengaruh Self Efficacy sebagai Mediasi dari Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal. 9(2). 615- 633.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rut Marina Pasaribu, Putri Kemala Dewi Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.