PENGEMBANGAN APLIKASI ”MENDELIK” (MENJADI DETEKTIF CILIK) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KERAJAAN-KERAJAAN DI INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Evi Adriani Universitas Batanghari Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41089

Keywords:

Aplikasi MENDELIK, Kerajaan, Pengembangan, Standar ISO 9126

Abstract

Penelitian ini didasari oleh keterbatasan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi khususnya di mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) materi kerajaan di kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Research and Develpoment (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, development, implementation, dan evaluation. Adapun perolehan dari kelengkapan bahan desain dalam merancang aplikasi ini sebesar 100%. Kemudian pada tahapan pengembangan menggunakan standar ISO 9126 guna mengetahui kelayakan aplikasi sebagai bagian dari perangkat lunak, diambil beberapa kriteria diantaranya, (1) suitability, mendapatkan kelayakan materi sebesar 96,92%, kelayakan media mendapatkan sebesar 96%, kelayakan bahasa mendapatkan sebesar 98,33% (2 &3) instability dan adaptability mendapatkan 100% dari keseluruhan 21 smartphone yang digunakan; dan (4) time behavior mendapatkan durasi tercepat pada 0.9 detik. Dilanjutkan implementasi dengan pengujian terbatas yang memperoleh beberapa hasil respon pengguna atau siswa diantaranya: (1) uji peorangan sebesar 80%; (2) uji kelompok kecil sebesar 84,71%; dan (3) uji kelompok besar sebesar 94,01%. Selain itu respon pengguna lainnya yaitu guru didapatkan respon sebesar  95,71%. Dan pada tahap akhir kesesuaian evaluasi antara perbaikan akhir yang dilakukan dengan saran dan masukan pengguna didapatkan sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut, Aplikasi MENDELIK (Menjadi Detektif Cilik) yang telah dikembangkan layak dan mendapatkan respon sangat baik dari pengguna sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

References

Abdi, G. P. (2020). Peranan Pembelajaran Sejarah Untuk Pembentukan Karakter Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 209–215.

Abidin, Y., Mulyati, T., Yuniarti, Y., & Nurhuda, T. F. (2021). Revitalisasi Cerita Rakyat Berbasis Teknologi Mixed Reality di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 215–225. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3335

Adhari, P. A., Permana, B. S., Aditia, I. M., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2022). Penerapan Metode Enjoyable Learning pada Pembelajaran IPS di SD Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4321–4325.

Ciptaningtyas, W., Mukmin, B. A., & Putri, K. E. (2022). E-Book Interaktif Berbasis Canva Sebagai Inovasi Sumber Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(2), 160–174. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i2.21788

Dianto, D. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Minat Belajar IPS Melalui Media Visual Pada Siswa SD. Jurnal Insan Cendekia, 3(2), 49–59. https://doi.org/10.54012/jurnalinsancendekia.v3i2.80

Heryani, A., Pebriyanti, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 17. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.1977

Ibrahim, M. A., Fauzan, M. lufti Y., Raihan, P., Nurhadi, S. N., Setiawan, U., & Destiyani, Y. N. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran. AL-MIRAH: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 4(2), 106–113.

Khaira Ummah, K., & Mustika, D. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Muatan IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(2), 1573–1582. https://jurnaldidaktika.org

Lulu Lathipah, ll (2023) Pengembangan Aplikasi “GEBBI” Sebagai Media Eksplorasi Bahan Ajar Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Narmi, Y., Montessori, M., Fitria, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pemanfaatan Sarana dan Sumber Belajar pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6144–6149. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1774

Nazar, M., Zulfadli, Z., Oktarina, A., & Puspita, K. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Membantu Mahasiswa dalam Mempelajari Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 39–54. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16047

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Rahma, A. R., Maria, S., Supriatna, S., & Wahyuningtyas, T. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Digital Pada Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 6 Nagrikaler. Jurnal Sinektik, 6(1), 10–17. https://doi.org/10.33061/js.v6i1.8205

Rozali, A., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2022). Kajian problematika teacher centered learning dalam pembelajaran siswa studi kasus: SDN Dukuh, Sukabumi. Journal of Elementary Education, 5(1), 78–80. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/9996

Sahara, A., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Sebagai Media Pembelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Di Sumatera Utara Siswa Kelas IV SD. Ability: Journal of Education and …, 3(1), 30–36. https://www.pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/385

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (M. S. Dr. Ir. Try Koryati (ed.)). Penerbit KBM Indonesia.

Saleh, M. (2021). Semangat Kebangsaan Berbasis Peristiwa Sejarah Lokal untuk Membangun Kesadaran Sejarah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3579–3585. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1306

Sintiya Safitri, I., Noviyanti, S., Chan, F., Malika Nurluthvia, K., & Patoman Simatupang, A. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran IPS Muatan IPAS di Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(1), 77–81. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i1.331

Siti Nurhasanah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sd Negeri Rejosari. LJSE: Linggau Journal Science Education, 2(3), 75–84. https://doi.org/10.55526/ljse.v2i3.333

Yani, A. (2023). Transformasi Teknologi Dalam Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. PenKoMi: Kajian Pendidikan & Ekonomi, 68–75.

Yuliani, W., & Banjarnahor, N. (2021). METODE PENELITIAN PENGEMBANGAN (RND) DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 5(3), 111–118. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Downloads

Published

2025-01-03

How to Cite

Adriani, E. (2025). PENGEMBANGAN APLIKASI ”MENDELIK” (MENJADI DETEKTIF CILIK) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KERAJAAN-KERAJAAN DI INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 88–100. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41089

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.