PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 064983 MEDAN HELVETIA

Authors

  • Sri Ayu Wahyuni Situmorang Universitas Katolik Santo Thomas
  • Fiber Yun Almanda Ginting Universitas Katolik Santo Thomas
  • Nova Florentina Ambarwati Universitas Katolik Santo Thomas
  • Darinda Sofia Tanjung Universitas Katolik Santo Thomas
  • Patri Janson Silaban Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36854

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, IPAS, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses siswa pada mata pelajaran IPAS SD Negeri 064983 Medan Helvetia tahun pembelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purpose sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 siswa. Tahapan pelaksanaan penelitian dimulai dari pemberian pre-test dengan nilai rata-rata 57,86. Selanjutnya peneliti melakukan kegiatan pembelajaran IPAS dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan akhir memberikan pos-test untuk mengukur tingkat ketercapaian keterampilan proses sains dengan memperoleh nilai rata-rata 78. Dengan itu tingkat keberhasilan keterampian proses sains siswa meningkat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji koefisien korelasi hasil rhitung ? rtabel dengan hasil 0,737 ? 0,361. Selanjutnya pengujian hipotesis yaitu membandingkan nilai thitung  ? ttabel dengan hasil 5,766 ? 2,048 artinya model inkuiri terbimbing memiliki pengaruh posistif terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Dengan demikian Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa.

References

Angelia, D. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Basicedu, 6(5), 8296–8303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3692

Arikunto, S. (2022). Prosedur Peneilitian. PT Rineka Cipta.

Fadhilaturrahmi, M. soni dan. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Ipa Dengan Menggunakan Metode Eksperimen Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 161–167. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.1129

Fajriah, D. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing di Kelas XI MIA 2 SMA Negeri Colomadu Karanganyar. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 63–67. http://dx.doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v10i2.12566

Gunardi. (2020). Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. SHEs: Conference Series 3, 4(1), 2288–2294.

Haidar, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri dengan Scaffolding terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Cahaya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(12), 1800. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14342

Handayani, H. dan S. (2018). Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Guided-Inquiry Learning dan Motivasi Belajar. 8(2), 41–55.

Indawati, D. (2021). Studi Literatur Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Smp. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 98. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57269

Istarani. (2017). 50 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.

Metaputri, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 89. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9013

Mudjiono, D. dan. (2019). Belajar & Pembelajaran. Rineka Cipta.

Muliani, N. dan I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA Terbimbing. 3(1), 107–114.

Nuraini, A. dan H. (2016). Penggunaan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 8(2), 16–31. https://doi.org/10.30596/intiqad.v8i2.724

Nurfillah, D. (2017). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV pada Materi Energi Panas. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1701–1710.

Nurhabibah, D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Muatan IPA di Kelas IV. 4, 1286–1293.

Prasetiyo, M. B. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120

Rahayu, D. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. Pesona Dasar (Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora), 5(2), 22–33. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14753

Rahmi, D. (2017). Validitas Bahan Ajar Pengelolaan dan Teknik Laboratorium Berbasis Inkuiri Terbimbing. Bioeducation Journal, 1, 10–17. https://www.researchgate.net/publication/322819383

Ratnawati, S. (2020). Panduan Model Inquiry Learning. Cv Budi Utama.

Sartika, A. A. dan D. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Praktikum Fisika Dasar. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(1), 69–74. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i1.1012

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2022). Prosedur Penelitian Satuan Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Sukerti, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Ni Made Bali Sukerti , I Wayan Santyasa , I Made Kirna Pendidikan merupakan salah kebutuhan manusia yang menerapkan materi pelajaran yang kegiatan inovasi dalam. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 7(1), 24–32. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/1984/1521

Supriyani, S. E. (2023). Pembelajaran Inkuiri Berbasis Multimedia. UMSUPress.

Tabun, Y. F. (2021). Model Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Pada Mata Pelajaran IPA. CV. Amerta Media.

Wayan, D. dan. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI di SD N 1 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(2), 119–127. https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.52638

Widodo, D. (2024). JDPP. 12(1).

Yudhanegara, D. (2019). Media Publikasi pada Bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7.

Yusup, D. (2017). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Pengalaman Menggunakan Percobaan Secara Inkuiri Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Ipa. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(2), 211. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5144.

Downloads

Published

2024-10-29

How to Cite

Situmorang , S. A. W. ., Ginting, F. Y. A. ., Ambarwati, N. F. ., Tanjung, D. S. ., & Silaban, P. J. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 064983 MEDAN HELVETIA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15837–15846. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36854