U UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KETERAMPILAN SENI ANYAM PADA SISWA KELAS V SD GMIM 27 MANADO

Authors

  • Jane Sembajang Universitas Trinita
  • Angelina Helda Semuruk Universitas Trinita
  • Gabriela Kaunang Universitas Trinita

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38885

Keywords:

Kreativitas Anak, Seni Anyam, Keterampilan

Abstract

Anak-anak pada dasarnya ingin mempelajari sesuatu hal yang baru dan menarik untuk meningkatkan potensi belajar mereka. Untuk meningkatkan keterampilan anak tidak dapat dipaksa namun dapat dilatih dan dikembangkan oleh guru atau orang tua. Salah satunya dalam mata pelajaran seni budaya dan prakarya, unsur kreativitas menjadi bagian penting dalamnya. Kreativitas adalah suatu aktivitas yang imajinatif yang memanifestasikan (perwujudan) kecerdikan dari pikiran yang berdaya guna menghasilkan suatu produk atau menyelesaikan suatu persoalan dengan cara tersendiri. Terdapat indikator seseorang berpikir kreatif sehingga bisa disebut aktivitas kreativitas yaitu proses kreatif hanya akan terjadi jika dibangkitkan melalui masalah yang memacu perilaku kreatif siswa.Seni Anyaman menjadi solusi yang baik untuk meningkatkan kreativitas anak. Anyaman adalah teknik membuat karya seni rupa yang dilakukan dengan cara menumpang tindihkan (menyilangkan) bahan anyam yang berupa lungsi dan pakan. Tujuan Penelitian ini dilaksanakan yaitu untuk mengetahui peningakatan kreativitas anak melalui keterampilan seni anyam. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi tindakan dan refleksi. Dalam mengumpulkan data menggunakan observasi pada hasil anyaman anak dan wawancara pada guru dan siswa. Mengumpulkan data untuk dianalisis, pedoman skor dokumentasi dan menyiapkan video recorder untuk siswa, pedoman observasi dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD GMIM 27 Manado. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh hasil penelitian menunjukkan keterampilan seni menganyam meningkat dari tahap prasiklus sebesar 57,35%, naik pada Siklus I sebesar 65,70%, dan meningkat lagi pada Siklus II menjadi 91,04%. Dengan indikator keterampilan seni anyam yaitu menggaris,menggunting, tumpang tindih, kecepatan, dan kerapihan.

References

Aksanul, Andi, dkk. 2020. Proses Berkarya Anyaman Peserta Didik Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Attaufiq Pekka. Pendidikan Seni Rupa. Jurusan Seni Rupa dan Desain. Fakultas Seni dan Desain. Universitas Negeri Makasar. Kabupaten Barru. Makasar

Creswell, John. 2012. Research Design. Pendekatan kualitatif, Kuantitaif, dan mixed. Edisi ketiga. Pustaka Pelajar.Yogyakarta.

Erwin Crisminato, 2023. Tinjauan terhadap proses pembuauatan kerajinan anyam rotan berdasarkan bentuk desain di kota Medan. Jurnal. Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan Diakses Juni 2023.

Fidiatmoko, Arif, 2017. Menganyam Rupa. Penciptaan Seni. Publikasi Ilmiah. Jurusan Seni Murni. Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia. Yogyakarta

Fitriany, dkk. 2013. Desain Kursi Berbahan Baku Rotan dari Masa Ke Masa. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional Bandung : Vol. 01 (01) 1-13, Bandung.

Heni Meila Sari. 2020. Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Anak Dini,volume 4 Nomor 1. Diakses Juli 2023.

Ira. 2020. Kegiatan menganyam kertas dalam meningkatkan kemampuan motoric halus anak usia 5-6 tahun. Skripsi publlikasi, Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Parnawi. 2020. Penelitian Tindakan Kelas. Batam. Deepbulish.

Resti Septikasari, dkk. Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. (107) STKIP Nurul Huda OKU, Sumatera Selatan. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume VIII Edisi 02 2018, hlm 112-122

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 20016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Bandung: Penanda Media Grup.

Semuruk, Angelina Helda (2014). Peningkatan kompetensi sosioemosional anak melalui metode permainan sosiodrama pada kelompok B TK Samuphahita Malang.

Yeyen Febrianti, dkk. 2016. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik denan memanfaatkan Lingkungan pada matapelajaran ekonomi di SMA N 6 Palembang. Uinversitas Sriwijaya. Diakses Juli 2023.

Yunita Dewanti Munica. (2013). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak Kelompok B di TK PKK Sindumartani Ngemplak Sleman. Skripsi publikasi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Sembajang, J., Semuruk, A. H., & Kaunang, G. (2024). U UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KETERAMPILAN SENI ANYAM PADA SISWA KELAS V SD GMIM 27 MANADO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 18742–18752. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38885