ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KEGIATAN COOKING CLASS DI PAUD PUTRI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.43459Keywords:
Cooking Class, Keterampilan Proses SainsAbstract
Pelaksanaan penelitian bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains pada kegiatan cooking class anak usia 5-6 tahun di PAUD Putri Medan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berupa anak PAUD yang berjumlah 15 orang dan 1 guru/pendidik. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menekankan pada keterampilan proses sains melalui kegiatan cooking class, khususnya pada pembuatan salad buah dan jus buah. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap siswa mengalami perkembangan yang sangat baik, terutama keterampilan memahami, mengamati, membandingkan, mengelompokkan dan melakukan kegiatan secara prosedural. Adapun dua keterampilan yang kurang baik terlihat pada keterampilan penggunaan alat dan bahan, serta keterampilan mengomunikasikan. Dimana, anak-anak tidak mampu menggunakan alat dan bahan tanpa pengawasan dan bimbingan dari guru. Selain itu, anak-anak terlihat malu dalam mengemukakan pendapat dan pertanyaan terkait kegiatan tersebut.References
Alifiya, S (2022). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Sains Rambatan Warna. Jurnal PAUD AGapedia, Vol. 6 (1), hlm. 59-70
Damayanti, Mawaddah (2020). Meningkatkan Keterampila Prosee Sains Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Eksperimen Pencampuran Warna di PAUD Permata Hati Desa Jampang. Jurnal Dunia Anak Usia Dini, Vol 2 (2), hlm. 89-94
Diana., & Zulminiati. (2022). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking dalam Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Telkom Schools Padang. Jurnal Pendidikan AURA, Vol. 3, No. 10, hlm. 44-66
Eza, G, N. (2020). Analisis Kemampuan Dasar Mahasiswa menggunakan Metode Demonstrasi pada Mata Kuliah Metodologi Pembelajaran Matematika untuk Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, Vol. 6, No. 1, hlm. 20-28
Fatimah, Afifah. (2023). Alat Permainan Edukatif Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol. 7, No. 1, hlm. 45-56
Fatminastiti. (2021). Cara Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, hlm. 129–138
Firmawati N. S, Amini. S., & Khotimah, N. (2023). Penerapan Kegiatan Cooking Class terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Journal of Education Research,Vol. 4, No. 2, hlm. 785-792
Izzuddin, A. (2019). Sains dan Pembelajaran pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Sains, Vol. 1, No. 3, hlm. 356
Kamtini & Mesra Khairani. (2018). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Salsa Percut Sei Tuan T.A. 2014/2015. Jurnal Usia Dini, Vo. 4, No. 2, hlm. 31-38
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang. Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 4, No. 2, hlm. 102-119
Khopipah A. J. (2023). Pengembangan Estetika Cooking Class di PAUD. Indonesia Journal of Islamic Early Childhood Indonesia Journal, Vol. 8, No. 1, hlm. 2541-2434
Khotimah, I. A. (2019). Disiplin pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol.1, No. 1, hlm. 94-108
Kurnia, S. D. (2021). Urgensi Pembelajaran Sains dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini. EDUCHILD: Journal Of Early Childhood Education), Vol. 1, No. 1, hlm. 46-57
Lieshout, M., Egyedi, T., & Bijker, W. (2018). Social Learning Technologies: The Introduction of Multimedia in Education. Routledge
Lubis, R, S., & Anita Yus. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dahlia Indah. Jurnal Usia Dini, Vo. 5, No. 1, hlm. 39-47
Maviyah, A. (2021). Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini (Experimental Methods In Science Learning For Early Childhood). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islami Dan Sains, Vol.3, No.3, hlm. 97-101
Martha D., & Farida, M. (2023). Video Cooking Class Berbasis Daun Kelor untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 7, No. 6, hlm. 7953-7964
Maya, L. S. (2021). Implementasi Metode Eksperimen untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 8, No. 1, hlm. 88-98
Miles, Matthew., & Huberman. (2005). Qualitative Data Analysis. (Terjemahan). Jakarta: UI Press
Mirawati, M., & Nugraha, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 13–27
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyasa. (2015). Menjadi Guru Profersional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Munastiwi E. (2015). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 1, No. 2, hlm. 43-50
Nainggolan et al. (2022). Analisis Metode Eksperimen Sains melalui Kegiatan Pencampuran Warna pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Taruna Andalan Kecamatan Kerinci T.A 2020/2021. Jurnal Usia Dini, Vol. 8, No. 1, hlm. 1-8
Nufus, Hayatun. (2022). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia 4-5 Tahun melalui Permainan Sains Rambatan Warna. Jurnal PAUD Agapedia, Vol. 6, No. 1, hlm. 59-70
Nugraha, Ali. (2005). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta: Dapartemen Pendidikan Nasional
Putri, U. (2018). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Sumedang: UPI Press Sumedang
Rahmi, P. (2019). Pengenalan Sains Anak Melalui Permainan Berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar. Jurnal Pendidikan, Vol. 5, No. 2, hlm. 43-55
Rasid J, R. (2020). Kajian Tentang Kegiatan Cooking Class dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 1, hlm. 83-91
Ridwan, I. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, Vol. 1, No. 1, hlm. 21-27
Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.
Safitri, U, P., & Sariana Marbun. (2019). Pengaruh Kegiatan Bermain Pasir Berwarna terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kartika 1-17 Kec. Biru-Biru. Jurnal Usia Dini, Vo. 5, No. 1, hlm. 48-57
Sofianti D, A. (2020). Analisis Terhadap Kegiatan Cooking Class dalam Peningkatan Pengenalan Makanan Sehat pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Yayasan Beribu Kota Bandung. Prosiding Pendidikan Guru Paud, hlm. 45-49
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Wanli, L., & Zulminiati. (2023). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Membuat Onde-onde terhadap Keterampilan Proses Sains Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7, No. 2, hlm. 5713-5720.
Yus, Anita. (2011). Model Pedidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bulan Heriyani Hutagalung, Gita Noveri Eza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.