PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PART BAHAN ALAM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KASIH BUNDA

Authors

  • Evi Lyenta Kanani br Tarigan Universitas Negeri Medan
  • Gita Noveri Eza Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.44001

Keywords:

Media Loose Part, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses Sains anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media loose part di TK Kasih Bunda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Pre-Eksperimental dengan One Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek dalam penelitian ini berupa kelompok B yang terdiri dari 13 anak. Data penelitian menggunakan tes bertanda wilcoxon dan dilengkapi dengan deskripsi data menggunakan perhitungan persentase. Dari analisis data diperoleh  = 88 dengan α = 0,05 dan  = 17. Dimana,  >  (88 > 17). Artinya, hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media loose part bahan alam terhadap keterampilan proses Sains anak usia 5-6 Tahun di TK Kasih Bunda T.A 2024/2025.

References

Abdjul, T. 2019. Buku model pembelajaran. Gorontalo: Politeknik Gorontalo

Amala, N. 2022. Pengelolaan lingkungan belajar di Lembaga PAUD. In Madza Media (Vol. 1, Issue 1). https://books.google.co.id/books?id=BEpTEAAAQBAJ

Badan Standar, Kurikulum & Asesmen Pendidikan. 2022. Capaian Pembelajaran Untuk Satuan Paud (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA). Kemendibudristek, hlm. 1–16

Eliza et al. 2022. Pengembangan teknologi digital cerita sains terintegrasi kearifan lokal untuk anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6, No. 6, hlm. 7069–7077 https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3640

Handayani, P.H & Srinahyanti. 2018. Literasi sains ramah anak usia dini. IJECES: Early Childhood Education Journal of Indonesia, Vol. 1, No. 2

Jurfri, A. W. 2017. Belajar dan pembelajaran sains modal dasar menjadi guru propesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta

Lismayani et al. 2023. CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education Pengaruh media loose part terhadap kreativitas anak usia dini. https://e-journal.my.id/cjpe

Mirawati & Nugraha, R. 2017. Meningkatkan keterampilan proses sains anak usia dini melalui aktivitas berkebun. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Najamuddin et al. 2022. Pengembangan bahan ajar Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEM) berbasis loose part untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini. Jurnal basicedu: Research & Learning in Elementary Education, Vol. 6, No. 1 https://jbasic.org/index.php/basicedu

Nugraha, A & Yuliantina, I. 2020. Panduan pengelolaan loose parts. Bandung: Kemendikbud, hlm. 1–21

Nuryadi et al. 2017. Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian. Yogyakarta: In Sibuku Media

Samatowa, U & Sani, R. A 2019. Metode pembelajaran sains untuk pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Tira Smart

Sari, I. T. M., Kusbiantsri, D & Wirahno, D. N. 2023. Systematic Literature Review: Pembelajaran sains menggunakan media loose part di taman kanak-kanak. Jurnal: Sentra cendekia, Vol. 4, No. 2, hlm. 92-99 http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sc

Siantajani, Y., M. 2020. Loose parts material lepasan otentik stimulasi PAUD. Semarang: PT Sarang Seratus Aksara

Srinahyanti. 2022. Pemanfaatan loose parts pada pendidikan anak usia dini. Jurnal guru kita, Vol.6, No.3

Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarlih et al. 2020. Meningkatkan kemampuan proses sains anak usia melalui pembelajaran lingkungan alam sekitar. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), Vol. 3, No.6

Sumarseh & Yaswinda 2023. Pengaruh kegiatan sains dan media loose parts terhadap keterampilan berpikir kritis anak. Aulad: Journal on Early Childhood, Vol. 6, No. 2, hlm. 79-87 https://aulad.org/index.php/aulad

Syahrul, F.S et al. 2023. Pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, Vol. 1, No. 3, hlm. 123-141

Wardhani, W. D. L., Misyana, M., Atniati, I & Septiani, N. 2021. Stimulasi perilaku sosial anak usia dini melalui media loose parts (bahan lepasan). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 2, hlm. 1894–1904 https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.694

Yafei & Sutama. 2019. Pengembangan kognitif (sains pada anak usia dini). Semarang: Universitas Negeri Malang

Downloads

Published

2025-03-20

How to Cite

Tarigan, E. L. K. br, & Eza, G. N. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PART BAHAN ALAM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KASIH BUNDA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3563–3574. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.44001

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.