PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PART BAHAN ALAM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KASIH BUNDA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.44001Keywords:
Media Loose Part, Keterampilan Proses SainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses Sains anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media loose part di TK Kasih Bunda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Pre-Eksperimental dengan One Group Pre-Test Post-Test Design. Subjek dalam penelitian ini berupa kelompok B yang terdiri dari 13 anak. Data penelitian menggunakan tes bertanda wilcoxon dan dilengkapi dengan deskripsi data menggunakan perhitungan persentase. Dari analisis data diperoleh = 88 dengan α = 0,05 dan = 17. Dimana, > (88 > 17). Artinya, hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media loose part bahan alam terhadap keterampilan proses Sains anak usia 5-6 Tahun di TK Kasih Bunda T.A 2024/2025.References
Abdjul, T. 2019. Buku model pembelajaran. Gorontalo: Politeknik Gorontalo
Amala, N. 2022. Pengelolaan lingkungan belajar di Lembaga PAUD. In Madza Media (Vol. 1, Issue 1). https://books.google.co.id/books?id=BEpTEAAAQBAJ
Badan Standar, Kurikulum & Asesmen Pendidikan. 2022. Capaian Pembelajaran Untuk Satuan Paud (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA). Kemendibudristek, hlm. 1–16
Eliza et al. 2022. Pengembangan teknologi digital cerita sains terintegrasi kearifan lokal untuk anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6, No. 6, hlm. 7069–7077 https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3640
Handayani, P.H & Srinahyanti. 2018. Literasi sains ramah anak usia dini. IJECES: Early Childhood Education Journal of Indonesia, Vol. 1, No. 2
Jurfri, A. W. 2017. Belajar dan pembelajaran sains modal dasar menjadi guru propesional. Bandung: Pustaka Reka Cipta
Lismayani et al. 2023. CJPE: Cokroaminoto Journal of Primary Education Pengaruh media loose part terhadap kreativitas anak usia dini. https://e-journal.my.id/cjpe
Mirawati & Nugraha, R. 2017. Meningkatkan keterampilan proses sains anak usia dini melalui aktivitas berkebun. Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Najamuddin et al. 2022. Pengembangan bahan ajar Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEM) berbasis loose part untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak usia dini. Jurnal basicedu: Research & Learning in Elementary Education, Vol. 6, No. 1 https://jbasic.org/index.php/basicedu
Nugraha, A & Yuliantina, I. 2020. Panduan pengelolaan loose parts. Bandung: Kemendikbud, hlm. 1–21
Nuryadi et al. 2017. Buku ajar dasar-dasar statistik penelitian. Yogyakarta: In Sibuku Media
Samatowa, U & Sani, R. A 2019. Metode pembelajaran sains untuk pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Tira Smart
Sari, I. T. M., Kusbiantsri, D & Wirahno, D. N. 2023. Systematic Literature Review: Pembelajaran sains menggunakan media loose part di taman kanak-kanak. Jurnal: Sentra cendekia, Vol. 4, No. 2, hlm. 92-99 http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sc
Siantajani, Y., M. 2020. Loose parts material lepasan otentik stimulasi PAUD. Semarang: PT Sarang Seratus Aksara
Srinahyanti. 2022. Pemanfaatan loose parts pada pendidikan anak usia dini. Jurnal guru kita, Vol.6, No.3
Sugiyono. 2019. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarlih et al. 2020. Meningkatkan kemampuan proses sains anak usia melalui pembelajaran lingkungan alam sekitar. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), Vol. 3, No.6
Sumarseh & Yaswinda 2023. Pengaruh kegiatan sains dan media loose parts terhadap keterampilan berpikir kritis anak. Aulad: Journal on Early Childhood, Vol. 6, No. 2, hlm. 79-87 https://aulad.org/index.php/aulad
Syahrul, F.S et al. 2023. Pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun. Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal, Vol. 1, No. 3, hlm. 123-141
Wardhani, W. D. L., Misyana, M., Atniati, I & Septiani, N. 2021. Stimulasi perilaku sosial anak usia dini melalui media loose parts (bahan lepasan). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 5, No. 2, hlm. 1894–1904 https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.694
Yafei & Sutama. 2019. Pengembangan kognitif (sains pada anak usia dini). Semarang: Universitas Negeri Malang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Evi Lyenta Kanani br Tarigan, Gita Noveri Eza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.