PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS VII MTS YAPIT TARETTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41710Keywords:
Problem Solving, Pembelajaran, Berbasis, ProyekAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan problem solving pada mata pelajaran TIK Siswa Kelas VII MTs Yapit Taretta. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen melalui pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MTs Yapit Taretta. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII MTs Yapit Taretta tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 39 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 39 orang dengan klasifikasi kelas VII A 19 orang sebagai kelompok ekperimen dan Kelas VII B 20 siswa sebagai kelompok kontrol. Intrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes kepada siswa secara langsung sebelum dan setelah perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah analisis paired sampel t-tes dengan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian bahwa keterampilan keterampilan problem solving kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis proyek menunjukkan rata-rata pretest sebesar 36.70, nilai std. deviation 5.921, skor minimun 20 dan skor maksimun 53, sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 37.10, nilai std. deviation 5.129, skor minimun 30 dan skor maksimun 48. Di sisi lain, pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 37.05, nilai std. deviation 5.472, skor minimun 28 dan skor maksimun 48, serta nilai rata-rata post-test sebesar 84.32, nilai std. deviation 9.147, skor minimun 66 dan skor maksimun 96. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji paired sample t-test) diperoleh nilai t-hitung 19.344 > t-tabel 1,729 dengan p-value sebesar 0,000<0,05, yang berarti H0 di tolak dan H1 diterima, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan problem solving siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran TIK yang artinya H0 di tolak dan Ha diterima. Maka dapat dipahami bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif meningkatkan keterampilan problem solving pada mata pelajaran TIK Siswa Kelas VII MTs Yapit Taretta.References
Abu Tholib, U., & Rugaiyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Problem Solving Skills Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Desember, 2022(23), 702–711.
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70.
Ayu Gito Fahreza, I Wayan Redhana, & I Nyoman Tika. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Strategi Berdiferensiasi terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 274–283.
Azhariadi, Desmaniar, I., & Geni, Z. L. (2019). Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) di daerah terpencil. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 121, 78–88. https://jurnal.univpgri- palembang.ac.id
Burhan Bungin. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2020). Pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 19(1), 1008–1018.
Ediana, D., Andriani, N., Ilmi, A. R. M., & Zulfikhar, R. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Aplikasi Dan Platform Web: Kajian Literatur Terhadap Pengembangan Keterampilan Holistik Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 860–866.
Hidayatulloh, R., Suyono, S., & Azizah, U. (2020). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sma Pada Topik Laju Reaksi. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1899.
Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5982–5995.
Nurdin, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah Dan Karakter Kerja Keras Siswa MTsN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 25–29.
Oktaviani, D. A., Matematika, P., & Keguruan, F. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di Sekolah Menengah. 2(3), 19–22.
Roza, W., Yesi Guspita Sari, Bera Eka Putra, & Desi Armi Eka Putri. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Pembelajaran Di Dunia Pendidikan. Jurnal Binagogik, 10(2), 89–98.
Santoso, B. P., & Wulandari, F. E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dipadu Dengan Metode Pemecahan Masalah Pada Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Journal of Banua Science Education, 1(1), 1–6.
Sulasmono, B. S. (2022). Problem Solving: Signifikansi, Pengertian, Dan Ragamnya. Satya Widya, 28(2), 155.
Yuli Wahyuningsih. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 145–152.
Cahyono, H. S. (1). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gito Fahreza, Syarif Nur, Jusman Jusman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.