PENGARUH MODEL PAKEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 060893 MEDAN

Authors

  • Ester Helena Sibagariang Universitas Katolik Santo Thomas
  • Nova Florentina Ambarwati Universitas Katolik Santo Thomas
  • Bogor Lumbanraja Universitas Katolik Santo Thomas
  • Antonius Remigius Abi Universitas Katolik Santo Thomas
  • Irmina Pinem Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36786

Keywords:

PAKEM, Kemampuan Berpikir Kritis,Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 060893 Medan Tahun Pembelajaran 2024/ 2025. (2) mengetahui proses pelaksanaan model PAKEM pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 060893 Medan Tahun Pembelaran 2024/ 2025. (3) Pengaruh model PAKEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 060893 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket dan instrumen tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 060893 Jl. Darussalam yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kemampuan berpikir kritis siswa yang tergolong baik dengan rata-rata 77 dengan hasil korelasi sebesar 0,712 yang artinya rhitung (0,712) ? rtabel (0,396) maka Ha diterima, Sehingga terdapat pengaruh antara model pembelajaran PAKEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 060893. Hasil penelitian uji-T dimana thitung ? ttabel yaitu sebesar 4,859. Jika thitung ? ttabel atau 4,859 ? 2,069 maka dapat dikatakan ada pengaruh model pembelajaran PAKEM terhadap kemampuan kritis siswa dan menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan, dengan demikian Ha diterima yaitu ada pengaruh anatar model pembelajaran PAKEM dengan kemampuan kritis siswa

References

Afrizon, R., Ratnawulan, R., & Fauzi, A. (2012). Peningkatan perilaku berkarakter dan keterampilan berpikir kritis siswa Kelas IX MTsN Model Padang pada mata pelajaran IPA-fisika menggunakan model problem-based instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1).

Aldilah, T. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Di SMA Negeri 11 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Batanghari Jambi).

Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 5(1), 22-30.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Budimansyah, D., & Meirawan, D. (2017a). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: Ganeshindo.

Ermaniatu. (2021). Metode Pembelajaran Dalam Berpikir Kritis dan Komunikatif Bagi Siswa. Penerbit Adab.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334.

Harjono, N. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar tematik muatan ipa melalui model problem-based learning kelas 5 sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 16–20.

Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2023). Pengaruh pendekatan realistic mathematic education (RME) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13-20.

Huda, G. M., Kurniawan, C. (2020). Pengaruh Model –Model Pembelajaran. Jurnal Literasi Olahrag, 1, 60-65.

Istarani, P. (2015). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: Media Persada.

Jainuddin, J., Mubarik, M., & Bahri, S. (2021). Pengaruh Metode PAKEM dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 124 Batuasang. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 21(1), 186–193.

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574

Kosilah, K., & Septian, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139–1148.

Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. https://www.researchgate.net/publication/335320458

Linda, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Penerbit Erzatama Karya Abadi.

Mailina, M. (2020). Upaya Peningkatan Keterampilan Guru dalam Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) Bidang Studi Matematika melalui Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Mini di SD NEGERI136537 Kota Tanjungbalai. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 121–136.

Memenuhi, U., Persyaratan, S., Mencapai, G., Jurusan, D. S.-1, & Matematika, P. (2007). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Belajar Matematika Melalui Pendekatan Belajar Kelompok Dengan Pola Pakem (Ptk Pembelajaran Matematika Di Smp Negeri 2 Polanharjo) Skripsi.

Mudiawati, R. C., Hudiyono, Y., & Suhatmady, B. (2020). Analisis wacana kritis Norman Fairclough terhadap bahasa slogan aksi demonstrasi guru di Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(3), 739-762.

Mularsih, H. (2017). Karwono. Belajar Dan Pembelajaran: Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Press.

Neliwati. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (O. K. Banurea, Ed.; (ke-1)). CV. Widya Puspita.

Novianti, A. (2014). Pengaruh model pembelajaran learning cycle terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Edusains, 6(1), 109–116.

Nurhalimah, N., Panjaitan, M., & Sitio, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 di Kelas III SD Negeri 124394 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2527–2535.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran: inovatif, kreatif, dan prestatif dalam memahami peserta didik.

Saraswati, N. M. D., Marhaeni, D. R. A. A. I. N. G. R., & Natajaya, D. R. I. N. (2015). Pengaruh Model Pakem Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas Vi Sd 4 Tonja Dengan Kovariabel Motivasi Belajar. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1).

Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono, N. (2021). Metodologi Penelitian. Alfabeta, cv.

Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017, February). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA.

In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 605-612).

Walfajri, R. U. (2019). Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Muatan IPA Tema 4 Subtema 1 Melalui Model problem Based Learning pada Siswa Kelas 5 SD N Mangunsari 02 Salatiga Semester 1 Tahun 2018/2019 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).

Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir kritis dalam konteks pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi, 4.

Downloads

Published

2024-10-28

How to Cite

Sibagariang , E. H. ., Ambarwati, N. F. ., Lumbanraja, B. ., Abi, A. R. ., & Pinem, I. . (2024). PENGARUH MODEL PAKEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI 060893 MEDAN . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15615–15623. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.36786