INTEGRASI AGAMA DAN SAINS DALAM PERSPEKTIF M. AMIN ABDULLAH

Authors

  • Ilham Muhammad UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Amril M UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Eva Dewi UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Wil Qadri UIN Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.39335

Keywords:

Integrasi Agama dan Sains, Perspektif M. Amin Abdullah

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar para pembaca terutama para Umat Islam mendapatkan bahan bacaan dan referensi sehingga timbul motivasi untuk membahas dan meneliti serta memperdalam kembali tentang Integrasi Agama dan Sains dalam Perspektif M. Amin Abdullah. Agar dengan demikian muncullah sebuah gambaran tentang bagaimana pendidikan Islam dan sains dapat saling melengkapi dan memperkaya satu sama lain, sehingga dapat menciptakan pendidikan yang lebih holistik dan seimbang antara agama dan sains. Jenis penelitian menggunakan Library Research yang berarti riset kepustakaan, yang mana teknik yang digunakan dalam mengumpulkan datanya berdasarkan dokumentasi melalui bukti-bukti peninggalan yang tertulis seperti tulisan yang bersumber dari buku, jurnal, dan lainnya yang mendukung penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa M. Amin Abdullah menawarkan pandangan yang memperkuat integrasi antara agama dan sains, menekankan bahwa keduanya dapat saling melengkapi. M. Amin Abdullah menekankan pentingnya interpretasi teks agama yang kontekstual dan dinamis. Ia percaya bahwa pemahaman yang berkembang tentang sains dapat mendorong reinterpretasi ajaran agama, sehingga tidak terjebak dalam dogma. Ini memberikan ruang bagi dialog yang konstruktif antara keduanya. Kesimpulannya, Amin Abdullah mendukung pendekatan holistik yang melihat agama dan sains sebagai dua jalan yang dapat saling mendukung dalam pencarian kebenaran, mendorong umat untuk beradaptasi dan berpikir kritis dalam memahami dunia.

References

Abdullah, Amin. 2007. Islamic Studies: Paradigma Integrasi-Interkoneksi Sebuah Antologi, Yogyakarta: SUKA Press.

Hasan, Farid & Siti Robikah, 2020. Model Pembacaan Kontekstual Nasr Hamid Abu Zayd Terhadap Teks Suci Keagamaan (Al-Qur’an), Citra Ilmu, Edisi 31 Vol. XVI.

Holilulloh, Andi. 2020. ‘The Islamization of Knowledge: Telaah Pemikiran Nidhal Guessoum Dan Ismail Al-Faruqi’, Alfikr, XVII.Masyitoh, Dewi, 2020 ‘AMIN ABDULLAH Dan PARADIGMA INTEGRASI-INTERKONEKSI’, JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 4.1.

Ismail, Roni. dkk, 2013. Integrasi-Interkoneksi Keilmuan UIN Sunan Kalijaga: Sebuah Interpretasi dan Aplikasi, Yogyakarta: Bagian Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Riyanto, Waryani Fajar. 2013. Integrasi-Interkoneksi Keilmuan: Biografi Intelektual M. Amin Abdullah, Yogyakarta: SUKA Press.

Rushd, Ibn. 1978. Fasl al-Maqâl wa Taqrîr Mâ Bayn al-Sharî‘ah wa al-H{ikmah Min al-Ittis}âl. Beirût: Dâr al-Âfâq.

Sangkot dkk, 2019. Sosialisasi Pembelajaran UIN Sunan Kalijaga 2019, Yogyakarta: Bagian Akademik UIN Sunan Kalijaga,

Yulanda, Atika, 2020. ‘Epistemologi Keilmuan Integratif-Interkonektif M. Amin Abdullah Dan Implementasinya Dalam Keilmuan Islam’, TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 18.1.

Zulfis, 2019. ‘Sains Dan Agama Dialog Epistemologi Nidhal Guessoum Dan Ken Wilber’, 53.9.

Downloads

Published

2025-01-19

How to Cite

Muhammad, I., M, A., Dewi, E., & Qadri, W. (2025). INTEGRASI AGAMA DAN SAINS DALAM PERSPEKTIF M. AMIN ABDULLAH . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 1410–1415. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.39335

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.