THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN VOCABULARY AND READING COMPREHENSION AT THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP SWASTA SANTO YOSEPH MEDAN

Authors

  • Lisna Naibaho Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Viator Lumban Raja Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Fiber Yun Almanda Ginting Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37503

Keywords:

Korelasi, Kosakata, Pemahaman Membaca

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan kosakata siswa dengan pencapaian pemahaman membaca mereka di kelas VIII SMP Swasta Santo Yoseph Medan pada tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri dari empat kelas. Penulis mengambil 40 siswa sebagai sampel penelitian ini secara acak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Tes tersebut digunakan untuk mengumpulkan data pencapaian siswa dalam kosakata dan pemahaman membaca. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas, analisis statistik Regresi Linear, dan Pearson Product Moment dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa koefisien korelasi adalah 0,668 pada tingkat signifikansi 5%. Karena r hitung lebih besar dari r tabel (0,668>0,312) maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pencapaian siswa dalam kosakata dengan pemahaman membaca pada siswa kelas VIII SMP Swasta Santo Yoseph Medan pada tahun ajaran 2024/2025. Ini menyiratkan bahwa ketika siswa mendapatkan nilai tinggi dalam kosakata, mereka cenderung mendapatkan nilai tinggi dalam pemahaman membaca juga.

References

Adora, R. M., Aguilar, J. P., Arsua, E., Asis, M. A. S., Pereja, M. I. E., Reyes, J. M., & Tolentino, J. C. P. (2024). Reading comprehension and students’ academic performance in English. International Journal of Science and Research Archive, 11(02), 1240–1247.

Agistiawati, E., & Asbari, M. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa atas Lingkungan Belajar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Atas Swasta Balaraja. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 513-523.

Ismayanti, U., & Susilowati, R. (2021). The correlation between vocabulary mastery and students’ achievement in writing descriptive text at the eighth graders of SMP Negeri 3 Kotabumi in the academic year 2020/2021. Jurnal Elsa, 19(2).

Larasaty, G., & Nurwalis, E. (2019). Korelasi Antara Penguasaan Kosakata Siswa Dengan dan Pencapaiannya Dalam Pemahaman Membaca. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(1), 13-22.

Resta, I. A., Amalia, S., & Amrina, R. D. (2023). Students’ Reading Habit and Their Reading Comprehension Achievement. Academic Journal of English Language and Education.

Sedita, S., & Furqon, F. (2017). The Correlations between Students' Vocabulary Mastery and their English Reading Comprehension. Journal of English and Education, 1(1), 68-80.

Valentia, M. (2017). The Correlation Between Students’ Vocabulary Achievement and Reading Comprehension. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(9), 2-9.

Downloads

Published

2024-11-13

How to Cite

Naibaho, L. ., Raja, V. L. ., & Ginting, F. Y. A. . (2024). THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN VOCABULARY AND READING COMPREHENSION AT THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP SWASTA SANTO YOSEPH MEDAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 16306–16310. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.37503