IMPLEMENTASI METODE NAZAM ACEH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA SMK NEGERI 1 DEWANTARA DALAM PEMBELAJARAN PAI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31501Keywords:
Aktivitas Siswa, Metode Pembelajaran, Nazam Aceh.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran PAI melalui metode Nazam Aceh untuk siswa SMK Negeri 1 Dewantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes, dokumentasi dan data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus yaitu prasiklus, siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah 15 orang siswa kelas XII MP SMKN 1 Dewantara tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Nazam Aceh ternyata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Ini dapat peneliti lihat dari beberapa hal sebagai berikut; Siswa dapat mengikuti proses pembelajaran lebih bergairah dan bersemangat, Timbulnya keberanian siswa dalam menyampaikan ide atau pikiran, Tumbuhnya rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapatnya, Meningkatnya rasa tanggungjawab siswa dalam mengikuti pembelajaran, Sangat kurang sekali siswa yang berkeliaran dan maupun mengganggu teman. Jika di kalkulasikan keaktifan siswa pada siklus I hanya 53,3 % saja yang aktif, pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 93,3 %. Berarti terjadi peningkatan 40 %. Dengan demikian berarti pembelajaran menggunakan metode Nazam Aceh sangat cocok diterapkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Dewantara Kabupaten Aceh UtaraReferences
Abdullah Idi. (2016). Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Amirul Hadi, Sejarah Aceh, Budaya dan Tradisi, (Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2010), h. 124.)
Echol, John M dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,1995).h.379)
Jihad, Asep. Haris, 2012.Abdul Evaluasi Pembelajaran;--cet. 1- Yogyakarta : Multi Prassindo
Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2)
Moh. Suardi. 2018. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia,2010).h.3)
Sawaludin, S., Haslan, M. M., & Basariah, B. (2023). Civic Culture dalam Kearifan Lokal Masyarakat Sade Rambitan Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 93–100. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1164. Diakses pada tanggal 30 September 2023 jam 22.00 WIB.)
Siagian, Roida. (2012). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(2)
Sugihartono, dkk, (2012). Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.
Wfiqni, N. Model Pembelajaran Tematik berbasis kearifan lokal. AL-BIDAYAH Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2018.10(02). Diakses pada tanggal 21 September 2023 jam 22.00 WIB.)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Said Marzuki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.