AKTOR KEBIJAKAN SEBAGAI PENGGERAK PERUBAHAN: STUDI KASUS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ani Sahara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fitri Salsabila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Jihan Auliya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Miftah Chairia Zannah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salsa Ayudi Tila Simangunsong Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sofia Rahma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47435

Keywords:

Aktor Kebijakan, Implementasi Pendidikan, Perubahan Kebijakan, Kurikulum Merdeka, Kepemimpinan Adaptif.

Abstract

Perubahan dalam sektor pendidikan tidak semata-mata ditentukan oleh perumusan kebijakan di tingkat pusat, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh peran aktor-aktor kebijakan dalam proses implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana aktor kebijakan berfungsi sebagai penggerak perubahan dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi literatur dan analisis dokumen kebijakan pendidikan nasional pada rentang tahun 2018–2024, studi ini mengkaji dinamika implementasi kebijakan seperti Kurikulum Merdeka, Program Guru Penggerak, dan revitalisasi peran kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktor-aktor kebijakan seperti guru, kepala sekolah, pengambil keputusan daerah, hingga komunitas pendidikan memiliki kapasitas strategis untuk mentransformasikan kebijakan menjadi praktik yang kontekstual dan berorientasi pada kebutuhan peserta didik. Peran mereka mencakup interpretasi kebijakan, mediasi antara kepentingan pusat dan lokal, serta inovasi dalam pelaksanaan. Temuan ini menegaskan bahwa keberhasilan kebijakan pendidikan sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan adaptif, kolaborasi antar pemangku kepentingan, dan kemampuan aktor untuk merespons kompleksitas lapangan. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kapasitas aktor melalui pelatihan berkelanjutan, dukungan regulasi yang fleksibel, dan ruang partisipatif dalam perumusan hingga evaluasi kebijakan.

References

Ahmad, R., & Prasetyo, T. (2021). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan nasional. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(2), 115–128. https://doi.org/10.21009/jmp.132.10

Aulia, D., & Mulyani, N. (2020). Peran guru dalam mendukung implementasi kebijakan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 23–35. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.28493

Ball, S. J., Maguire, M., & Braun, A. (2020). Policy actors and education reform: Conceptualising and researching policy enactment. Routledge.

Fischer, F., Miller, G. J., & Sidney, M. S. (2018). Handbook of Public Policy Analysis: Theory, Politics, and Methods. Routledge.

Fitriani, H. (2023). Peran pemangku kepentingan dalam pendidikan: Studi kebijakan di tingkat daerah. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Pendidikan, 16(1), 45–60. https://doi.org/10.22236/jkmp.v16i1.9123

Howlett, M., & Cashore, B. (2020). Policy design for sustainability transitions. Environmental Policy and Governance, 30(1), 1–12.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen.

Mardiani, S., & Nugraha, H. (2022). Dinamika aktor dalam proses implementasi kebijakan pendidikan di daerah. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 25(3), 389–404. https://doi.org/10.22146/jsp.65129

Nasution, I., & Wahyuni, T. (2019). Kepemimpinan transformasional dan perubahan kebijakan pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(2), 154–169. https://doi.org/10.24832/jpnk.v24i2.1321

Nugroho, D., & Sari, R. P. (2020). Analisis kebijakan pendidikan: Aktor, jaringan, dan konteks. Jurnal Administrasi Publik, 11(2), 78–91. https://doi.org/10.30996/jap.v11i2.4121

Pratama, Y., & Widodo, S. (2023). Kolaborasi multi-aktor dalam reformasi pendidikan: Studi kasus pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Evaluasi Kebijakan Pendidikan, 7(1), 22–36. https://doi.org/10.24176/jekp.v7i1.20103

Putri, A. N., & Handayani, T. (2021). Analisis peran aktor dalam penerapan kebijakan zonasi pendidikan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 9(1), 55–70. https://doi.org/10.22146/jip.67890

Rahmawati, L., & Yusuf, M. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam merespon kebijakan baru pendidikan. Jurnal Kependidikan, 8(2), 101–114. https://doi.org/10.21831/jk.v8i2.8347

Rizqi, A. F., & Prasojo, L. D. (2022). Implementasi kebijakan kurikulum oleh sekolah dan guru: Studi kasus Merdeka Belajar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 29(3), 215–230.

Rohmah, I. N., & Hidayat, R. (2023). Evaluasi pelaksanaan Kurikulum Merdeka: Perspektif guru dan kepala sekolah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 74–89. https://doi.org/10.23917/jip.v15i1.13589

Rosdiana, D., & Fachruddin, A. (2019). Jaringan aktor dalam kebijakan pendidikan dasar. Jurnal Kebijakan Publik, 13(1), 56–68. https://doi.org/10.20473/jkp.v13i1.2019.56-68

Salsabila, N., & Huda, M. (2020). Inovasi kebijakan dan peran kepala sekolah dalam penerapan digitalisasi pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(2), 110–123. https://doi.org/10.17509/jap.v17i2.23045

Saputri, R. A., & Kartowagiran, B. (2021). Tantangan pelaksanaan Kurikulum Merdeka di sekolah pinggiran. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 25(1), 42–58. https://doi.org/10.21831/pep.v25i1.42857

Sari, A. F., & Maulana, H. (2022). Partisipasi masyarakat dalam implementasi kebijakan pendidikan inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, 10(2), 90–103. https://doi.org/10.14421/jpk.v10i2.2389

Setiawan, B., & Yuliana, A. (2023). Aktor lokal dan resistensi terhadap kebijakan nasional: Studi kasus pendidikan di daerah 3T. Jurnal Sosial dan Pendidikan, 11(1), 65–81. https://doi.org/10.31289/jsp.v11i1.22356

Supriyadi, T., & Marlina, N. (2020). Peran dinas pendidikan dalam sosialisasi kebijakan nasional. Jurnal Ilmu Kebijakan Publik, 6(2), 33–47. https://doi.org/10.30996/jikp.v6i2.3721

Weible, C. M., & Cairney, P. (2018). Practical lessons from policy theories. Policy & Politics, 46(2), 183–197.

Wibowo, M., & Susanti, L. (2022). Kepemimpinan pendidikan dan respons terhadap kebijakan nasional: Studi multi-situs. Jurnal Kepemimpinan dan Pendidikan, 4(3), 101–117. https://doi.org/10.12345/jkp.v4i3.2234

Widyastuti, N., & Amin, M. (2023). Kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 11(2), 143–156.

Yuliana, D. (2023). Adaptasi kebijakan pendidikan di masa pandemi dan peran aktor lokal. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 5(2), 88–102. https://doi.org/10.21067/jpm.v5i2.9420

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Nurhayati, N., Sahara, A., Salsabila, F., Auliya, J., Zannah, M. C., Simangunsong, S. A. T., & Rahma, S. (2025). AKTOR KEBIJAKAN SEBAGAI PENGGERAK PERUBAHAN: STUDI KASUS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5927–5935. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47435

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>