ANALISIS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI MAN 1 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47458Keywords:
Metode Diskusi, Berpikir Kritis, Pembelajaran SejarahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui proses perencanaan pembelajaran menggunakan metode diskusi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di MAN 1 Medan, (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode diskusi pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di MAN 1 Medan, (3) Mengetahui hasil pencapaian siswa setelah diterapkannya metode diskusi pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di MAN 1 Medan.Metode yang digunakan pada penelitian ini pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data dan sumber data terdiri dari guru sejarah dan siswa, proses pembelajaran, dokumentasi seperti RPP atau Modul pembelajaran, dan media pembelajaran serta fasilitas lainnya yang mendukung penelitian. Mengelola data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan model analisis trigulasi yang dilaksanakan melalui tiga tahapan, yakni : reduksi data, penyajian data, dan menarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses perencanaan pembelajaran yang matang dan sistematis memudahkan pelaksanaan metode diskusi secara efektif, sehingga aktivitas belajar siswa MAN 1 Medan menjadi lebih interaktif dan produktif. (2) Dukungan faktor internal dan eksternal seperti antusiasme siswa, kesiapan guru, serta fasilitas mendukung proses belajar diskusi berjalan baik, meskipun beberapa hambatan seperti kurang disiplin dan keterbatasan media pembelajaran. (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses diskusi dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa, memperdalam pemahaman mereka terhadap materi sejarah, dan mendorong kolaborasi antar siswa dalam memahami materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.References
Arliani, Y. (2021). Korelasi Antara Sikap Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika. Schrödinger: Journal Of Physics Education. Https://Doi.Org/10.37251/Sjpe.V2i3.471
Aswan, M., Azis, E., & Sahiruddin. (2024). Pengaruh Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas Xi Ips Upt Sma Negeri 18 Bone. Begibung: Jurnal Penelitian Multidisiplin. Https://Doi.Org/10.62667/Begibung.V2i3.102
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran. Https://Doi.Org/10.58812/Spp.V1i02.110
Kuntari, S. (2023). Pemanfaatan Media Digital Dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iaim Sinjai, 2, 90–94.
Moma, L., & Moma, L. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Https://Doi.Org/10.21831/Cp.V36i1.10402
Nugraha, M. A. (2024). Pemanfaatan Media Digital Untuk Pembelajaran Kreatif. Karimah Tauhid, 3(11), 12420–12427.
Wulandari, D. (2022). Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Aksioma Ad-Diniyah. Https://Doi.Org/10.55171/Jad.V10i1.690
Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., & Putri, S. (2023). Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran. Jutech: Journal Education And Technology, 4(2), 84–95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vira Yunita, Hadiani Fitri , Pulung Sumantri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




