STRATEGI GURU FIKIH DALAM PERENCANAAN BAHAN PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS VII MTs NEGERI 4 LANGKAT
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45668Keywords:
Strategi, guru fikih, perencanaan bahan pembelajaranAbstract
Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 4 Langkat untuk mengetahui strategi guru fikih dalam perencanaan bahan pembelajaran untuk siswa kelas VII MTs Negeri 4 Langkat. berdasarkan observasi yang dilakukan di MTs Negeri 4 Langkat peneliti menemukan bahwa guru fikih untuk siswa kelas VII MTs Negeri 4 Langkat menyusun perencanaan bahan pembelajaran yang dinilai kurang efektif, sehingga dalam proses pembelajaran tidak maksimal terhadap siswa kelas VII MTs Negeri 4 Langkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi-strategi yang disusun oleh guru mata pelajaran Fikih dalam perencanaan bahan pembelajaran unruk siswa kelas VII MTs Negeri 4 Langkat. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di MTs Negeri 4 Langkat. Penelitian ini menggunakan beberapan teknik pengumpulan data di antaranya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru fikih dalam perencanaan bahan pembelajaran untuk siswa kelas VII MTs Negeri 4 Langkat dalam menyusun perencanaan bahan pembelajaran sudah sesuai dengan pedoman yang diterapkan oleh sekolah yang mana sudah ditetapkan oleh kemenag, guru fikih mengambil langkah strategi dengan menyusun perencanaan bahan pembelajaran untuk (1 semester) dengan mengikuti kurikulum merdeka. Strategi yang efektif yang diterapkan guru fikih harus memahami secara mendalam tentang kurikulum, kompetensi, merencanakan tujuan, memilih strategi, dan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, guru fikih memahami perencanaan untuk menciptakan proses pembelajaran yang baik, dengan adanya ketersediaan buku teks pembelajaran yang sudah sesuai kurikulum merdeka selain itu fasilitas teknologi juga sudah memadai. namun terdapat hambatan mulai dari keterbatasan waktu dalam proses menyusun perencanaan bahan pembelajaran dan keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran.References
Anggraeni, Syahyuni Anggun, and Siti Nurazizah. 2014. “Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran Matematika.” 3(5).
Apriyanti, Helly. 2023. “Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka.” Education Journal : Journal Educational Research and Development 7(1):. doi:10.31537/ej.v7i1.970.
Batubara, Fitri Amaliyah, Nurhalima Tambunan, and Nanda Agustia Rahayu. 2023. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Pada Mata Pelajaran PAI Di MAS Amaliyah Sunggal.” Journal Of Social Science Research 3(2).
Dewi Safitri, S.S.I.M.P.I., and M P I Sudirman Anwar. 2019. Menjadi Guru Profesional. PT. INDRAGIRI DOT COM. https://books.google.co.id/books?id=glDGDwAAQBAJ.
Dra. Siti Muhayati, M A. 2021. STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID 19. CV. AE MEDIA GRAFIKA. https://books.google.co.id/books?id=HF5VEAAAQBAJ.
Hermanto, Agus. 2023. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology. Fikih Moderasi.
Kurniawati, Weni. 2021. “Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman Vol. 7, No. 1
Januari-Juni 2021.” Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini 7(1).
Mani, Cahaya, and Charles Rangkuti. 2023. “Implementasi Kompetensi Guru Pai Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Deli Serdang.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3(4).
Metadata, Jurnal Ilmiah. 2021. “Jurnal Ilmiah METADATA, Volume 3 Nomor 1 Januari 2021 Page | 331.” 3.
Mubarok, Ramdanil. 2022. “Perencanaan Pembelajaran Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Madrasah Ibtidaiyah.” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4(1). doi:10.36835/au.v4i01.
Munfarzan, Faiz. 2021. “Strategi Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MAN 2 Banda Aceh.”
Musa, M Y, T P Al-Kautsar, and P Al-Kautsar. 2014. Pengantar Studi Fikih Islam. Pustaka Al Kautsar. https://books.google.co.id/books?id=_voxDQAAQBAJ.
Noor, M. 2020. Guru Profesional Dan Berkualitas. Alprin. https://books.google.co.id/books?id=6frYDwAAQBAJ.
Nuraeni, Annisa Nabilla, Galis Talia Alfania, Indra Kurniawan, Ripa Ripatul Mursidah, and Rival Maulana Ajid. 2023. “Strategi Perencanaan Dalam Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1(2): 3.
Ramdani, Nanang Gustri, Nisa Fauziyyah, Riqotul Fuadah, Soleh Rudiyono, Yayang Alistin Septiyaningrum, Nur Salamatussa’adah, and Aida Hayani. 2023. “Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran.” Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation 2(1): 20. doi:10.21927/ijeeti.2023.2(1).
Rostriana, Cici, and Abdi Syahrial Harahap. 2023. “Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Eksistensial Anak Usia Dini Di Paud Ismailiyah Mandailing Natal.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(21).
Saitya, Imaduddin. 2022. “Pentingnya Perencanaan Pembelajaran Pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.” Jurnal pendidikan olahraga 1(1). https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pior.
Salisah, Siti Khopipatu, Astuti Darmiyanti, and Yadi Fahmi Arifudin. 2024. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Era Digital: Tinjauan Literatur.” Jurnal Pendidikan Islam 10(1). http://jurnal.tarbiyah.stainsorong.ac.id/index.php/al-fikr.
Tarumasely, Yowelna. 2020. “Perbedaan Hasil Belajar Pemahaman Konsep Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Self Regulated Learning.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 8(1):. doi:10.47668/pkwu.v8i1.67.
Uliyanda, Dewi, Laila Syabrina, Shofi Khairani, Maysa Az-zahra, and Putri Ani Dalimunthe. 2024. “Analisis Pembelajaran Psikologi Pendidikan 2024 Madani : Jurnal Ilmiah Multidisipline.” Jurnal Ilmiah Multidisipline 1(12).
Yestiani, Dea Kiki, and Nabila Zahwa. 2020. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Fondatia 4(1). doi:10.36088/fondatia.v4i1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Zafira, Nanda Rahayu Agustia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.