PENERAPAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH 9 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46748Keywords:
Metode diskusi, minat belajar, Sosiologi, partisipasi siswa, Penelitian Tindakan Kelas.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi melalui penerapan metode diskusi di kelas X SMA Muhammadiyah 9 Makassar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran Sosiologi yang selama ini masih didominasi oleh metode ceramah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas X yang menjadi peserta selama dua siklus pembelajaran, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan meliputi angket minat belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Pada siklus I, hanya 56% siswa yang menunjukkan peningkatan minat belajar, namun pada siklus II meningkat menjadi 78%. Rata-rata skor angket minat belajar siswa meningkat dari 62,7 (pra-siklus) menjadi 82,3 (siklus II). Peningkatan ini juga diperkuat oleh hasil observasi yang menunjukkan peningkatan keterlibatan siswa dalam diskusi kelompok. Temuan ini menegaskan bahwa metode diskusi mampu menciptakan suasana belajar yang partisipatif, komunikatif, dan kontekstual, serta mendorong keterampilan berpikir kritis dan kerja sama. Dengan dukungan peran guru yang aktif sebagai fasilitator serta desain pembelajaran yang sistematis, metode diskusi dapat menjadi alternatif efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Sosiologi dan membentuk karakter sosial siswa di era pendidikan abad ke-21.References
Abroriah, M. (2022). Penerapan Metode Diskusi Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Siswa Pada Pembelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah Ichyaul Islam Pajarakan Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022. 9. http://digilib.uinkhas.ac.id/17822/1/hard.pdf
Dalman, R. P., & Junaidi, J. (2022). Penyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 103–112. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.12
Maulidah, N. A., & Yunus, M. (2023). Penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pembelajaran Sosiologi. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(2), 234–240. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v2i2.2612
Ulfah, M., & Salim, I. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI TERHADAP AKTIVITAS Keywords : Discussion Methods , and Learning Activities.
Yulianita, V., Kamal, M., Zakir, S., & Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, P. (2023). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XII di SMAN 3 Lubuk Basung. Bahasa Dan Pendidikan, 3(4), 155–168. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i4.2007
Abroriah, M. (2022). Penerapan Metode Diskusi Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Siswa Pada Pembelajaran Fikih Di Madrasah Tsanawiyah Ichyaul Islam Pajarakan Probolinggo Tahun Ajaran 2021/2022. 9. http://digilib.uinkhas.ac.id/17822/1/hard.pdf
Dalman, R. P., & Junaidi, J. (2022). Penyebab Sulitnya Siswa Menjawab Soal HOTS dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS SMAN 1 Batang Kapas Pesisir Selatan. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1), 103–112. https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.12
Maulidah, N. A., & Yunus, M. (2023). Penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pembelajaran Sosiologi. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(2), 234–240. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v2i2.2612
Ulfah, M., & Salim, I. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI TERHADAP AKTIVITAS Keywords : Discussion Methods , and Learning Activities.
Yulianita, V., Kamal, M., Zakir, S., & Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, P. (2023). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas XII di SMAN 3 Lubuk Basung. Bahasa Dan Pendidikan, 3(4), 155–168. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i4.2007
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lukman Ismail, Putri Emalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




