PENERAPAN METODE PRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DEMOKRASI KELAS X SMA SWASTA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45233Keywords:
Metode Presentasi, Pembelajaran PPKn, Meningkatkan Pemahaman DemokrasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode presentasi dalam pembelajaran PPKn untuk meningkatkan pemahaman demokrasi kelas X SMA Swasta RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan pos-test. Populasi siswa kelas X SMA Swasta RK Serdang Murni Lubuk Pakam.T.A 2024/2025. Sampel penelitian dilakukan dengan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test post-test control group design, di mana siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu : kelompok eksperimen yang menggunakan metode presentasi dalam pembelajaran dan kelompok control menggunakan metode pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian kuantitatif ini adalah untuk mengukur variabel-variabel yang ada, menganalisis hubungan antar variabel dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode presentasi berkontribusi positif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa dimana kemampuan awal siswa sebelum penggunaan metode presentasi menunjukkan bahwa 9 siswa (28,13 %), sedangkan hasil belajar PPKn siswa setelah diterapkan penggunaan metode presentasi menunjukkan bahwa 29 siswa (90,62%). Respon siswa terhadap pembelajaran setelah menggunakan metode presentasi dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan menyampaikan pendapatnya. Hal ini dibuktikkan dengan meningkatkan jumlah siswa yang aktif bertanya, menjawab pertanyaan guru dan berani menyampaikan pendapat dibandingkan kelas kontrol. Data kuantitatif yang diperoleh mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas, di mana siswa yang belajar dengan metode presentasi menunjukkan tingkat pemahaman dan keberanian yang lebih tinggi dalam berdiskusi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode presentasi merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman demokrasi siwaReferences
Arikunto, Suharsimi, et al. Prosedur penelitian kuantitatif eksperimen post-test dan pre-test. Bumi aksara, 2006, 136.2: 2-3.
Creswell. "Memahami desain metode penelitian kualitatif." Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21.1 (2021): 33-54.
Dedeng, D. (2022). Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Kuluk Leleng Kecamatan Marikit Kabupaten Katingan Dalam Pelajaran Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Melalui Penggunaan Metode Eksperimen Tahun Pelajaran 2021/2022. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 9-20.
Depdiknas"Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Ternate." Jambura Journal Civic Education 2.1 (2022): 90-101.
Diarsih. "Peran pembelajaran PPKn dalam membentuk sikap demokratis untuk meningkatkan civic disposition siswa." Jurnal Kultur Demokrasi (JKD) 5.2 (2020).
Ewin Soetomo. Penggunaan Media Powerpoint Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, 2022.
Gagne. (2020). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Disertasi Doktor, FKIP UNPAS).
Goldman (2021). Kemampuan Siswa Berdemokrasi Melalui Strategi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Smp Negeri 3 Lolofitu Moi Tahun Pelajaran 2020/2021. DIDAKTIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Humaniora, Sains dan Pembelajarannya, 15(1), 2519-2525.
Harefa (2013). "Makalah teknik penulisan tugas akhir ( Metode Dan Persiapan Presentasi)."
Harefa, Darmawan. "Teori Ilmu Kealaman Dasar Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru dan Akademis." (2020)
Jean Piaget. "Teori belajar dan pembelajaran." Makassar: CV. Berkah Utami (2021).
Kamus Besar Bahasa Indonesia. "Demokrasi Indonesia." (2021).
Pardede, L., Simanjuntak, H., Siahaan, M, M, Lumbangaol, S. U., Siringo-ringo, P. G., & Yana, A. P. R. (2022). Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PKn dengan Sikap Demokratis Peserta Didik di Kelas XI Semester Ganjil SMK Farmasi YPFSU Medan. Journal on Teacher Education, 4(2), 222-230.
Pardede, Lukman, et al. "Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PKn dengan Sikap Demokratis Peserta Didik di Kelas XI Semester Ganjil SMK Farmasi YPFSU Medan." Journal on Teacher Education 4.2 (2022): 222-230.
Pasaribu, Kondios Meidarlin, dkk. "Pemanfaatan Aplikasi Pengelolah Presentase Dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Di SMK Swasta Satria Nusantara Binjai." SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia 3.1 (2024): 09-22.
Purwanto. Analisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah fisika menurut polya. In: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Ke-2 2020. Sebelas Maret University, 2020.
Somantri. "Buku ajar statistik dasar." (2014).
Sugiyono. Strategi Pemasaran Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Lampung Timur. Diss. Universitas Muhammadiyah Metro, 2020.
Sutikno, M. Sobry. Strategi pembelajaran. Penerbit Adab, 2021.
Sutomo(2023). Implementasi metode mind mapping dalam pembelajaran nahwu pada bab fail menggunakan powerpoint di kelas III Ibtida Madrasah Diniyyah Al-Hikmah Kesilir Wuluhan Jember. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1-18.
Triwidodo, Kristanto (2004:157) "Implementasi Metode Presentasi dalam Pembelajaran Filsafat Islam di Perguruan Tinggi Islam Swasta." Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Education (IPACIE). Vol. 2. 2023.
Zamroni, Muhammad Afif. "Penerapan sistem informasi manajemen pendidikan dalam proses pembelajaran di smp negeri 1 dlanggu." Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1.1 (2020): 11-21.
Zitouni. "Analisis Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Presentasi Dengan Memanfaatkan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vi Sdn 1 Wajakkidul." Jurnal Jotika dalam Pendidikan 3.1 (2023): 32-35.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mika Angelia Sinaga, Hotmaida Simanjuntak, Kondios Mei Darlin Pasaribu, Monalisa Marta Siahaan, Rince Marpaung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.