PENANAMAN NILAI-NILAI DISIPLIN TERHADAP SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21311Keywords:
Penanaman nilai, disiplin dalam Pendidikan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai disiplin di SDN 01 PAJO Aspek yang diteliti yaitu upaya sekolah dalam menanamkan nilai disiplin kepada siswa di SDN 01 Pajo. Dimana Pendidikan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari karena apa yang dipelajari di dalam dunia pendidikan sesuai dengan kehidupan nyata yang dialami oleh peserta didik. Setiap peserta didik menempuh pendidikan sebagai bekal kehidupan, baik bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa maupun negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi teknik untuk memperolah keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru sudah menanamkan nilai disiplin di SDN 01 Pajo. Penanaman tersebut meliputi : unsur-unsur disiplin, guru mengkombinasikan antara pendekatan otoriter dan demokratis, sekolah melibatkan komite sekolah dan orang tua dalam menanamkan disiplin, langkah-langkah dalam menanamkan disiplin belum diterapkan oleh semua guru, dan Guru melakukan pencegahan dan penanggulangan terhadap perilaku siswa yang kurang disiplin, dengan memberi nasehat, memberi peringatan dan meminta orang tua untuk mengikutkan putra- putrinya ke TPA (Taman Pendidikan Anak).References
Arif Rochman. (2019). Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan.
Yogyakarta: LaksBang.
Dwi Siswoyo, dkk. (2017). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Uny Press.
Kabul Budiono. (2017). Nilai-Nilai Kepribadian dan Kejuangan Bangsa Indonesia. Bandung: PT. Alfabeta.
Larry J. Koening. (2013). Menanamkan Disiplin dan Menumbuhkan Percaya Diri Pada Anak. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Maria J. Wantah. (2017). Pengajaran Disiplin dan Pembentukan Moral. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Kebudayaan Perguruan Tinggi.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidika. Bandung. Alfabeta.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hen Ardiaansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.