PENGEMBANGAN E-BOOK DAN PRAKTIKUM BERBASIS ANALISIS DNA LALAT BUAH ISOLAT LOKAL PADA MATERI GENETIKA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41423Keywords:
e-book, Praktikum Analisis, DNA Lalat Buah Isolat Lokal, GenetikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran e-book dan praktikum berbasis analisis DNA lalat buah isolat lokal pada materi genetika di SMA yang layak digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen tes pada penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Lembar angket penilaian diberikan kepada subjek penelitian yaitu ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran biologi dan siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Pagimana. Hasil penelitian ahli materi dengan persentase 93% kriteria sangat valid, ahli media dengan persentase 96% kriteria sangat valid, guru biologi dengan persentase 97% kriteria sangat valid dan respons siswa dengan persentase 88% kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media e-book dan praktikum berbasis analisis DNA lalat buah isolat lokal pada materi genetika di SMA produk yang dihasilkan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.References
Alwan, M. (2018). Pengembangan Multimedia E-book 3D Berbasis Mobile Learning untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang kerang. 1(2), 26–40
Ansiga, S. E., Sumampouw, H. M., & Mokosuli, Y. S. (2024). Penerapan Pembelajaran Praktikum Genetika Menggunakan Lalat Buah (Drosophila melanogaster) Isolat Lokal Berbasis Whatsapp di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T) SMA NI Kabaruan. JSPB BIOEDUSAINS, 5(1), 22-32.
Arianti, (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Dasar Untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Islam Negeri (Uin) Alauddin Makassar" http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7184/1/winda %20. Arianti.pdf.
Arifin. (2010). Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Lilin Persada press.
Canva Pro. Diakses pada 24 Maret 2024, dari https://www.canva.com/id_id/
Emawati, D., & Haka, N. B. (2022). Analisis kemampuan habits of mind kelas x melalui pengembangan kartu pintar biologi dengan teknologi augmented reality. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(1), 76-89.
Febriarti, F. D., & Rahayu, Y. S. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 775-784.
Fitri, S. N. (2020). Modul pembelajaran SMA biologi Kelas XII: materi genetik.
Haryanto. (2022). Perangkat Pembelajaran Tahun Pelajaran 2022/2023. Tanjung Pandan: Dinas Pendidikan Prov. Kap. Bangka Belitung, 2-6. Diakses dari https://online.flipbuilder.com/fnmyd/ydep/index.html#p=1
Hayati, D. P. K. D., & Jamsari, Prof. Dr.sc.agr. (2018). Penuntun praktikum dasar-dasar genetika. Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK), Universitas Andalas.
Heyzine Flipbook. Diakses pada 30 Mei 2024, dari https://www.heyzine.com
Kamelia, N., Yeni, L. F., & Candramila, W. (2022). Pengembangan Flash Flipbook sebagai Media Pembelajaran pada Submateri Peranan Jamur di Kelas X SMA. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 10(1), 252-265.
Madukubah, F., Taiyeb, M., & Hartati.(2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Substansi Genetik dengan Menggunakan Three Tier Test di Kelas XII Sekolah Menengah Atas Identificationo fStudents’ Misconception in Concept of Genetic Substance by Using Three Tier Test atGrate XII Senior High. Proceeding Biology Education Conference, 15(1),236–242.
Maghfiroh, K., & Susantini, E. (2023). Pengembangan E-Book Berorientasi Strategi Know-Want-Learned (KWL) untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif pada Materi Genetika Peserta Didik SMA Kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(3), 595-607.
Mangelep, N. O. (2015). Pengembangan Soal Pemecahan Masalah Dengan Strategi Finding a Pattern. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI,(KNPM6, Prosiding), 104-112.
Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika pada pokok bahasan lingkaran menggunakan pendekatan PMRI dan aplikasi geogebra. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 193-200.
Mangelep, N. O. (2017). Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.
Mangelep, N., Sulistyaningsih, M., & Sambuaga, T. (2020). Perancangan Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 8(2), 127-132.
Mangelep, N. O., Tarusu, D. T., Ester, K., & Ngadiorejo, H. (2023). Local Instructional Theory: Social Arithmetic Learning Using The Context Of The Monopoly Game. Journal of Education Research, 4(4), 1666-1677.
Mangelep, N. O., Pinontoan, K. F., Runtu, P. V., Kumesan, S., & Tiwow, D. N. (2023). Development of Numeracy Questions Based on Local Wisdom of South Minahasa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 80-88.
Mangelep, N. O., Tiwow, D. N., Sulistyaningsih, M., Manurung, O., & Pinontoan, K. F. (2023). The Relationship Between Concept Understanding Ability And Problem-Solving Ability With Learning Outcomes In Algebraic Form. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4322-4333.
Mangelep, N. O., Tarusu, D. T., Ngadiorejo, H., Jafar, G. F., & Mandolang, E. (2023). Optimization Of Visual-Spatial Abilities For Primary School Teachers Through Indonesian Realistic Mathematics Education Workshop. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 7289-7297.
Mangelep, N. O., Pongoh, F. M., Sulistyaningsih, M., Mandolang, E., & Mahniar, A. (2024). Social Arithmetic Learning Design Using the Sociodrama Method with the PMRI Approach. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 5(2).
Mangelep, N. O., Mahniar, A., Amu, I., & Rumintjap, F. O. (2024). Fuzzy simple additive weighting method in determining single tuition fees for prospective new students at Manado State University. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 5700-5713.
Mangelep, N. O., Mahniar, A., Nurwijayanti, K., Yullah, A. S., & Lahunduitan, L. O. (2024). Pendekatan analisis terhadap kesulitan siswa dalam menghadapi soal matematika dengan pemahaman koneksi materi trigonometri. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4358-4366.
Octary, A. P., Ridhwan, M., & Armi, A. (2015). Ekstrak daun kirinyuh (Eupatorium odoratum) dan lalat buah (Drosophila melanogaster). Jurnal Serambi Akademica, 3(2).
Prasetyo, A. W. (2017). Pengembangan Buku Elektronik (E-Book) Untuk Pembelajaran Ekstrakurikuler Wajib Pramuka Di Smk Negeri 11 Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Putri, A. S., & Jumadi, J. (2021). Media Ipa Interaktif Berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Keterampilan Analisis. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 93. https://doi.org/10.26418/jippf.v2i2.47774
Semuel, M. Y., Wuarah, M., & Sumampouw, H. M. (2021). Pembelajaran Biologi Berbasis Eksperimen Menggunakan Lalat Buah Isolat Lokal: Bintang Pustaka. Bintang Pustaka Madani.
Solihin, & Dedah. (2022). Analisis Intention to actdan Motivasi Belajar Siswa PascaPraktikum Isolasi DNA Sederhana Menggunakan Alat dan Bahan Dapur. BIOSFER, J.Bio. & Pend.Bio. 7(2), 96-103
Solikah, A. N. M., & Susantini, E. (2022). Pengembangan E-book Interaktif Materi Pewarisan Sifat untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 374-383.
Sulistyowati, E. (2016). Buku Siswa Biologi untuk SMA/MA Kelas XII. Klaten: PT Intan Pariwara.
Sumakno, A. G., Palapa, T., & Rengkuan, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Digital E-book Pada Materi Hewan Invertebrata SMA. JSPB BIOEDUSAINS, 3(1), 104-115.
Sumampouw, H. M., & Mokosuli, Y. S. (2023). Perspektif Genetika Penggunaan Lalat Buah Lokal dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Metakognitif. CV. Bintang Semesta Media.
Sumampouw, H. M., Mokosuli, Y. S., & Oka, D. N. (2017). Analysis of cythochrome oxidase sub unit 1 Gene (CO1) of fruit fly (Droshophila sp.) from pineapples and aplication in teaching DNA in Senior high school.
Sumampouw, H. M., Semuel, M. Y., Oka, D. N., Naharia, O., & Wurarah, M. (2021). Media Pembelajaran Konsep Genetika Menggunakan Drosophila melanogaster Isolat Lokal Dengan Aplikasi Whatsapp Berbasis Kearifan Lokal Budaya Mapalus. Jurnal Pendidikan Biologi undiksha, 8(3), 145-160.
Susanti, S. (2018). Pengembangan penuntun praktikum berbasis pendekatan saintifik pada materi struktur tumbuhan untuk memberdayakan keterampilan proses sains peserta didik kelas XI MAN 2 bandar lampung. In Skripsi. UIN Raden Intan.
Umar, M. F., Paat, M., & Kamagi, D. W. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Biologi berbasis PBL (Problem Based Learning) di SMA Negeri 1 Kotamobagu. JSPB BIOEDUSAINS, 3(1), 92-103.
Wakhidya, S. A. (2021). Pengaruh Berbagai Konsentrasi Allium Sativum Sebagai Repellent Terhadap Drosophila Melanogaster Pada Buah Musa Paradisiaca L. Sebagai Sumber Belajar Biologi. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.
Wurarah, M., Katuuk, D. A., Semuel, M. Y., & Sumampouw, H. M. (2022). Hybridization of Local fruit flies in experimental-based genetic learning. Journal of Positive Psychology and Wellbeing, 6(3), 35-42.
Wurarah, M., & Semuel, M. Y. (2019). Development of audio visual learning media of biology on the concept of DNA, based on the results of molecular identification of Payangka Fish from Lake Tondano. European Journal of Health and Biology Education, 8(1), 1-17.
Yulianti, R. N. E., Permanasari, A., & Heliawati, L. (2019). Pemanfaatan E-book Konsep Asam Basa Dalam Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Literasi Kimia Siswa Sma Kelas Xi. Journal of Science Education and Practice, 3(1), 33–41. https://doi.org/10.33751/jsep.v3i1.1378
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Friscila Avianti Djaila, Mokosuli Yermia Semuel, Masje Wurarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.