PENERAPAN MEDIA AUDIOBOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS II SD NEGERI 024 RAMBAH SAMO

Authors

  • Irna Amaliana Universitas Rokania
  • Rinja Efendi Universitas Rokania

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43026

Keywords:

Media Audiobook, Keterampilan Menyimak, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, terkait rendahnya keterampilan menyimak siswa kelas II SD Negeri 024 Rambah Samo, karena dari jumlah 16 siswa hanya 3 siswa yang dapat menyimak dengan baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan media audiobook dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas II SD Negeri 024 Rambah Samo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus 1 pertemuan pertama siswa yang aktif menyimak 37,5% dengan skor 3,4 kemudian pada pertemuan kedua siswa yang aktif menyimak 62,5% dengan skor 4,1 dan pada Siklus 2 pertemuan pertama siswa yang aktif menyimak 81,25% dengan skor 4,6 dan pada pertemuan kedua seluruh siswa sudah aktif dalam menyimak 100% dengan mendapatkan skor 5 dan masuk dalam kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media audiobook efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas II SD Negeri 024 Rambah Samo.

References

Amelia, D., & Maulidah, N. (2022). Pengembangan Instrumen Rubrik Penskoran untuk Menilai Kemampuan Menyimak Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7005–7011. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3990

Ariffah, Y. N., Novitasari, M., & Surakarta, U. M. (2024). Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Sikap Percaya Diri. 5(1), 1–13.

Aryani, S. (2021). Media Audio Visual untuk Keterampilan Menyimak Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021, Vol. 3, 266–270. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/605

Endah1, N., Muharam2, A., & Hidayat3, E. (2021). Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD Kampus UPI di Purwakarta 2021 Tersedia daring pada: http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk Analisis Penerapan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menyimak Siswa dalam . 922–929. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk

Fathonah, A. M. (2021). Audiobook Menjadi Media Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Inggris. Prosiding Pekan Ilmiah Mahasiswa Unis. http://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1956%0Ahttp://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/download/1956/1225

Ifrocha, T., Istiyati, S., & Yulisetiani, S. (2024). Pengaruh media audiobook cerita keberagaman sosial budaya di indonesia terhadap keterampilan menyimak peserta didik kelas V SD se-kecamatan banjarsari. Didaktika Dwija Indria, 12(1), 8–13. https://doi.org/10.20961/ddi.v12i1.82150

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Mahardika, M. P. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audiobook Cerita Rakyat Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 196 Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(10), 2095–2104. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54707

Metalin, A., Puspita, I., Puspitaningsih, F., & Cahyono, Y. N. (2022). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Audiobook Terhadap Hasil Di Sekolah Dasar. 5(1), 1–11.

Mulyati, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 652–656. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478

Purwanti, S., & Anggraini Putri, R. Z. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Hots Pada Tema 6 Materi Membandingkan Siklus Makhluk Hidup Kelas Iv Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 155–160. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1080

Ratumangsa, D. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Binjeita Skripsi.

Saniyah, T. A., & Umam, N. K. (2024). Pengaruh Audiobook terhadap Keterampilan Menulis Materi Cerita Rakyat pada Siswa Kelas V di MIM 05 Warulor. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1554–1559. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1086

Sastabila, N., & Dwija Iswara, P. (2024). Pengembangan Media Audiobook untuk Pembelajaran Membaca dan Memirsa pada Siswa Fase B. 10(1), 312–323. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6705

Shelemo, A. A. (2023). Pembuatan Audiobook Cerita Anak Sebagai Media Literasi Anak Di Perpustakaan Umum Kota Padang. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2021). Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktik.

Yuliastrin, A., Fazila, A., Damanik, S., & Vebrianto, R. (2023). Pengembangan Instrumen Berpikir Kritis : Tutor Identifikasi Berpikir Kritis Development of Critical Thinking Instruments: Critical Thinking Identification Tutor. Jurnal Sainsmart, XII(1), 1–12. http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat

Downloads

Published

2025-02-23

How to Cite

Amaliana, I., & Efendi, R. (2025). PENERAPAN MEDIA AUDIOBOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS II SD NEGERI 024 RAMBAH SAMO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2853–2860. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43026

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.