PENERAPAN MEDIA AUDIOBOOK DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS II SD NEGERI 024 RAMBAH SAMO
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43026Keywords:
Media Audiobook, Keterampilan Menyimak, Sekolah DasarAbstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, terkait rendahnya keterampilan menyimak siswa kelas II SD Negeri 024 Rambah Samo, karena dari jumlah 16 siswa hanya 3 siswa yang dapat menyimak dengan baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan media audiobook dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas II SD Negeri 024 Rambah Samo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus 1 pertemuan pertama siswa yang aktif menyimak 37,5% dengan skor 3,4 kemudian pada pertemuan kedua siswa yang aktif menyimak 62,5% dengan skor 4,1 dan pada Siklus 2 pertemuan pertama siswa yang aktif menyimak 81,25% dengan skor 4,6 dan pada pertemuan kedua seluruh siswa sudah aktif dalam menyimak 100% dengan mendapatkan skor 5 dan masuk dalam kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media audiobook efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas II SD Negeri 024 Rambah Samo.References
Amelia, D., & Maulidah, N. (2022). Pengembangan Instrumen Rubrik Penskoran untuk Menilai Kemampuan Menyimak Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7005–7011. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3990
Ariffah, Y. N., Novitasari, M., & Surakarta, U. M. (2024). Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Articulate Storyline untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Sikap Percaya Diri. 5(1), 1–13.
Aryani, S. (2021). Media Audio Visual untuk Keterampilan Menyimak Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2021, Vol. 3, 266–270. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/605
Endah1, N., Muharam2, A., & Hidayat3, E. (2021). Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD Kampus UPI di Purwakarta 2021 Tersedia daring pada: http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk Analisis Penerapan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menyimak Siswa dalam . 922–929. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspgsdpwk
Fathonah, A. M. (2021). Audiobook Menjadi Media Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Inggris. Prosiding Pekan Ilmiah Mahasiswa Unis. http://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/view/1956%0Ahttp://ejournal.unis.ac.id/index.php/PKIM/article/download/1956/1225
Ifrocha, T., Istiyati, S., & Yulisetiani, S. (2024). Pengaruh media audiobook cerita keberagaman sosial budaya di indonesia terhadap keterampilan menyimak peserta didik kelas V SD se-kecamatan banjarsari. Didaktika Dwija Indria, 12(1), 8–13. https://doi.org/10.20961/ddi.v12i1.82150
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Mahardika, M. P. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audiobook Cerita Rakyat Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas IV UPT SD Negeri 196 Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(10), 2095–2104. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/54707
Metalin, A., Puspita, I., Puspitaningsih, F., & Cahyono, Y. N. (2022). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Audiobook Terhadap Hasil Di Sekolah Dasar. 5(1), 1–11.
Mulyati, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 652–656. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478
Purwanti, S., & Anggraini Putri, R. Z. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Hots Pada Tema 6 Materi Membandingkan Siklus Makhluk Hidup Kelas Iv Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 155–160. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1080
Ratumangsa, D. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Binjeita Skripsi.
Saniyah, T. A., & Umam, N. K. (2024). Pengaruh Audiobook terhadap Keterampilan Menulis Materi Cerita Rakyat pada Siswa Kelas V di MIM 05 Warulor. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1554–1559. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1086
Sastabila, N., & Dwija Iswara, P. (2024). Pengembangan Media Audiobook untuk Pembelajaran Membaca dan Memirsa pada Siswa Fase B. 10(1), 312–323. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6705
Shelemo, A. A. (2023). Pembuatan Audiobook Cerita Anak Sebagai Media Literasi Anak Di Perpustakaan Umum Kota Padang. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (2021). Keterampilan Menyimak dan Berbicara: Teori dan Praktik.
Yuliastrin, A., Fazila, A., Damanik, S., & Vebrianto, R. (2023). Pengembangan Instrumen Berpikir Kritis : Tutor Identifikasi Berpikir Kritis Development of Critical Thinking Instruments: Critical Thinking Identification Tutor. Jurnal Sainsmart, XII(1), 1–12. http://ojs.unm.ac.id/index.php/sainsmat
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irna Amaliana, Rinja Efendi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.