UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MI NASHRUL FAJAR SEMARANG

Authors

  • Ellya Novia Fitriana Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Arsan Shanie Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Nabila Mey Nur H Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Amilyasa A Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Siti Ifroh Al Wildah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Natasya Fadilla A Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30025

Keywords:

Upaya guru, Kesulitan Belajar, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar anak berkebutuhan khusus (ABK) yang berada di kelas IV A MI Nashrul Fajar Semarang serta tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menghadapi kesulitan belajar anak berkebutuhan khusus. Menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nashrul Fajar Semarang dengan subjek penelitian guru kelas IV A dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas IV A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengatasi anak berkebutuhan khusus di kelas IV A MI Nashrul Fajar cukup baik dengan memberikan motivasi belajar, metode pembelajaran yang bervariasi dan memberikan latihan atau tugas. Anak berkebutuhan khusus ini mengalami kesulitan belajar berhitung, kesulitan dalam bahasa lisan dan kesulitan dalam memahami materi. Terdapat tantangan dalam mengatasi kesulitan belajar anak berkebutuhan khusus yaitu tantangan dari ABKnya sendiri yang tidak bisa fokus atau konsentrasi terhadap kegiatan pembelajaran serta kesulitan dalam berkomunikasi, kemampuan guru bahwa guru belum diberikan pelatihan atau bekal untuk proses pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus, guru mengajar sesuai dengan kondisinya atau apa adanya. Selain itu, temuan dari penelitian ini yaitu tidak adanya guru pendamping khusus untuk anak berkebutuhan khusus serta materi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus yang disamakan dengan peserta didik lainnya.

References

Basri, M., & Lestari, N. I. (2019). Strategi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Cahyani, I., & Rima. (2022). Kendala yang dihadapi dalam Pembelajaran Peseta Didik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN Ulu Benteng 4 Marabahan. Statistika; Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya.

Fadhilaturrahmi. (2018). Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 2 Nomor 2, 62.

Fatah, M., Suud, F. M., & Chaer, M. T. (2021). Jenis - jenis Kesulitan Belajar dan Faktor Penyebabnya (Sebuah Kajian Komprehensif pada Siswa SMK Muhammadiyah Tegal). Psyco Idea: Jurnal Nasional.

Feby, S., & Naimah. (2020). Mengenal Konsep - Konsep Anak Berkebutuhan Khusus dalam PAUD. Jurnal Program Studi PGRA.

Kisti, M. O., & Dafit, F. (2023). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Autis. Murhum; Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 458 - 460.

Kristiana, I. F., & Widayanti, C. G. (2016). Buku Ajar Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Semarang: UNDIP Press.

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Mulyani, D. W., & Abidinsyah. (2021). Strategi Pembelajaran Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN Antar Baru 1 Marabahan. Jurnal Pendidikan Hayati, 214 - 215.

Pitaloka, A. A., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. MASALIQ : Jurnal Pendidikan dan Sains Volume 2, Nomor 1, 28-40.

Putra, P. H., Herningrum, I., & Alfian, M. (2021). Pendidikan Islam untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian tentang Konsep, Tanggung Jawab dan Strategi Impelentasinya). Fitrah: Journal of Islamic Education, 82.

Ratnawati, S. (2017). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar (Studi Kasus pada SDN Unggulan Kuningan). Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan.

Rezieka, D. G., Putro, K. Z., & Fitri, M. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus dan Klasifikasi ABK. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak , 42-43.

Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Purwanto, H., & Purwanto, E. (2007). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Fitriana, E. N. ., Shanie, A. ., H, N. M. N., A, A. ., Wildah, S. I. A. ., & A, N. F. . (2024). UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MI NASHRUL FAJAR SEMARANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 8467–8477. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30025

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.