FAKTOR PENUNJANG KEBERHASILAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41516Keywords:
Motivasi Belajar, Metode Pembelajaran Interaktif, dan Lingkungan Belajar Kondusif.Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran siswa di sekolah dasar dipengaruhi oleh berbagai faktor, terutama motivasi, metode pembelajaran, dan lingkungan belajar. Motivasi belajar, baik intrinsik maupun ekstrinsik, memberikan dorongan utama bagi siswa untuk aktif dalam proses belajar. Metode pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan relevan mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkuat pemahaman konsep. Selain itu, lingkungan belajar yang kondusif, baik fisik maupun sosial, mendukung kenyamanan dan konsentrasi siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut dan menyusun rekomendasi untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa interaksi antara ketiga faktor tersebut sangat penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan.References
Amahoru, A., & Ahyani, E. (2023). Psikologi pendidikan inklusif: menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2368-2377.
Ayunda, V., Jannah, A. M., & Gusmaneli, G. (2024). Metode Pembelajaran yang Efektif dalam Pendidikan Dasar. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(3), 259-273.
Azmi, B., Fatmasari, R., & Jacobs, H. (2024). Motivasi, disiplin, lingkungan sekolah: Kunci prestasi belajar. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 323-333.
Damanik, S. W., & Seleky, J. S. (2022). Penerapan Metode Interaktif Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Online. UNEJ e-Proceeding, 282-292.
Firdaus, F. (2020). Implementasi Dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 220-225.
Hasanah, N., Darwisa, D., & Zuhriyah, I. A. (2023). Analisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Ranah Afektif Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Academy of Education Journal, 14(2), 635-648.
Hazmi, N. (2019). Tugas guru dalam proses pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56-65.
Jannah, M. (2020). Faktor penghambat guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran Sosiologi di SMAN 2 Batusangkar (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial).
Khikmah, N. (2020). Manajemen sarana dan prasarana untuk mengembangkan mutu pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 123-130.
Latief, A. (2023). Peranan pentingnya lingkungan belajar bagi anak. Jurnal Kependidikan, 7(2), 61-66.
Lestari, E. T. (2020). Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Deepublish.
Nurishlah, L., Nurlaila, A., & Rusnaya, M. (2023). Strategi Pengembangan Motivasi Instrinsik Di Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. MURABBI, 2(2), 60-71.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 4(1), 49-54.
Sirait, J. E. (2021). Analisis pengaruh kompetensi guru terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara. Diegesis: Jurnal Teologi, 6(1), 49-69.
Supriani, Y., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1-10.
Utari, D., & Putra, E. D. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 491-502.
Wasono, B. S. B. (2021). Strategi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. guepedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Uswatun Hasanah, Siti Masitoh, Zahra Khairul Dealova, Muhammad Yunus, Gilang Restu Frimananda, Prihantini Prihantini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.