EFEKTIVITAS PENDEKATAN MEDIASI DALAM MANAJEMEN KONFLIK GURU DAN SISWA: SEBUAH STUDI LITERATUR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41437Keywords:
Pendekatan Mediasi, Menajemen Konflik, Konflik Guru-SiswaAbstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas layanan mediasi dalam mengelola konflik antara guru dan siswa di lingkungan pendidikan. Konflik guru-siswa sering muncul akibat perbedaan pendekatan pembelajaran, komunikasi tidak efektif, dan ketidakpuasan dalam penilaian. Menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui studi literatur, penelitian ini menganalisis dinamika konflik guru-siswa dan peran mediasi sebagai strategi resolusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik guru-siswa memiliki dimensi ganda: dapat berfungsi sebagai katalisator perubahan positif yang mendorong inovasi pembelajaran dan peningkatan komunikasi, namun juga berpotensi menciptakan dampak destruktif jika tidak dikelola dengan baik. Layanan mediasi terbukti efektif dalam memfasilitasi dialog konstruktif dan menciptakan solusi win-win, meski efektivitasnya dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti ketimpangan kekuasaan, kompetensi mediator, dan dukungan institusional. Kesimpulannya, keberhasilan mediasi dalam konflik guru-siswa membutuhkan pendekatan holistik yang tidak hanya berfokus pada resolusi jangka pendek, tetapi juga pada pembentukan ekosistem pendidikan yang lebih inklusif dan berketahananReferences
Afzalur Rahim. (1986). Managing Conflict in Organization. Praeger.
Alo Liliweri. (2018). Prasangka, Konflik, Dan Komunikasi Antarbudaya,. Prenada Media.
Annisa Oktiviani. (2019). Efektivitas Layanan Mediasi Untuk Menyelesaikan Interpersonal Conflict Siswa Melalui Teknik Relaksasi di MAN 1 Medan. UIN Sumatera Utara.
Az-Zahra, R. (2019). Efektifitas Layanan Mediasi Dalam Mengatasi Konflik Antar Siswa Di Sman 1 Dengan Smkn 2 Langsa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, Vol.4.
Brinkert, T. S. J. dan R. (2008). Conflict Coaching: Conflict Management Strategies and Skills for the Individual. Sage Publications.
Christopher W. Moore. (2003). The Mediation Process: Practical Strategies for Resolving Conflict.
Della Asmarani dkk. (2022). Implementasi Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah Di Mas Masyithah Jember. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, Vol.1.
Eka Wahyuni Rahmawat. (2013). Penerapan Layanan Mediasi untuk Membantu Menyelesaikan Konflik Interpersonal Siswa Kelas VIII-2 Smp Negeri 1 Larangan Pamekasan. Jurnal BK Unesa, Vol.3.
Elis Agustin. (2023). Efektivitas Mediasi sebagai Upaya Menyelesaikan Interpersonal Conflict Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap 1 Langkaplancar. Jurnal Literasi Unggulan, Vol.1.
Geert Hofstede. (2011). Dimensionalizing Cultures: The Hofstede Model in Context. Online Readings in Psychology and Culture, Vol.2.
Harry C Triandis. (1995). Individualism And Collectivism. Routledge.
Howard Zehr. (2015). The Little Book of Restorative Justice. Simon and Schuster.
Johan Galtung. (1996). Peace by Peaceful Means. Sage Publications.
John W Creswell. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches,. Sage Publications.
Kathy Bickmore. (2001). Student Conflict Resolution, Power “Sharing” in Schools, and Citizenship Education. Curriculum Inquiry, Vol.31.
Kholifah, Y. B. (2019). Menajemen Konflik Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.2.
Margaret Thorsborne dan Peta Blood. (2013). Implementing Restorative Practices in Schools: A Practical Guide to Transforming School Communities. Jessica Kingsley Publishers.
Morton Deutsch. (2014). The Handbook of Conflict Resolution: Theory and Practice. Jossey-Bass.
Murni. (2016). Manajemen Konflik dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Ar-Raniry.
Prayino. (2004). Layanan Mediasi. Universitas Negeri Padang.
Ridwan Fauzi. (2022). Manajemen Konflik Dan Cara Penanganan Konflik Dalam Organisasi Sekolah Madrasah Aliyah Miftahul Ulum. Tarbiya Islamica, Vol.10.
Rini Werdiningsih dkk. (2003). Konsep Dasar Teori Organisasi. Cendikia Mulia Mandiri.
Robbins. (1979). Organizational Behaviour. Pearson Prentice Hall.
Robert A. Baruch Bush. (2004). The Promise of Mediation: The Transformative Approach to Conflict. John Wiley & Sons.
Robert G. Owens. (1991). Organizational Behavior in Education,. Prentice Hall.
Robert K. Yin. (2016). Qualitative Research from Start to Finish. The Guilford Press.
Sulistyorini dan Fathurrohman Muhammad. (2014). Esensi Manajemen Pendidikan Islam Pengelolaan Lembaga untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam. Teras.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Raja Grafindo Persada.
Wardati dan M Juhar. (2011). Implementasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Prestasi Pustaka Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nazli Ahkami, Hasyim Asy'ari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.