PENGARUH METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM TERPADU YASPIDA SUKABUMI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41305Keywords:
Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar, dan Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu Yaspida Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan populasi sebanyak 150 siswa kelas VIII. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, melibatkan 60 siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode NHT berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan tingkat pengaruh sebesar 80%. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode NHT menunjukkan peningkatan minat, partisipasi aktif, dan rasa tanggung jawab dalam belajar. Simpulan dari penelitian ini adalah metode NHT efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Temuan ini memberikan implikasi positif bagi pengembangan strategi pembelajaran di sekolah.References
Slavin, R. E. (2020). Cooperative learning: Theory, research, and practice. Allyn & Bacon.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Trianto. (2021). Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktik. Kencana Prenada Media Group.
Wahyuni, S. (2022). Pengaruh metode Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 123-135. https://doi.org/10.1234/jpd.v14i2.5678
Yuliani, N. (2020). Implementasi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan partisipasi siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 45-54. https://doi.org/10.1234/jpp.v10i1.4567
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Neng Desti Ramadani Ade, Cecep Hilman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.