PENGARUH METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM TERPADU YASPIDA SUKABUMI

Authors

  • Neng Desti Ramadani Ade Institut Agama Islam Sukabumi
  • Cecep Hilman Institut Madani Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41305

Keywords:

Numbered Heads Together (NHT), Motivasi Belajar, dan Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu Yaspida Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode Numbered Heads Together (NHT) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan populasi sebanyak 150 siswa kelas VIII. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, melibatkan 60 siswa. Data dikumpulkan melalui angket dan observasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode NHT berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan tingkat pengaruh sebesar 80%. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode NHT menunjukkan peningkatan minat, partisipasi aktif, dan rasa tanggung jawab dalam belajar. Simpulan dari penelitian ini adalah metode NHT efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Temuan ini memberikan implikasi positif bagi pengembangan strategi pembelajaran di sekolah.

References

Slavin, R. E. (2020). Cooperative learning: Theory, research, and practice. Allyn & Bacon.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Trianto. (2021). Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktik. Kencana Prenada Media Group.

Wahyuni, S. (2022). Pengaruh metode Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 123-135. https://doi.org/10.1234/jpd.v14i2.5678

Yuliani, N. (2020). Implementasi pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan partisipasi siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 45-54. https://doi.org/10.1234/jpp.v10i1.4567

Downloads

Published

2025-02-05

How to Cite

Ade, N. D. R., & Hilman, C. (2025). PENGARUH METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM TERPADU YASPIDA SUKABUMI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2282–2285. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41305

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.