MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTS AN-NUR DESA SUKA MANDI HILIR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.42619Keywords:
Motivasi Belajar, Problem Solving, Pendidikan, Siswa MTsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs An-Nur Desa Suka Mandi Hilir melalui pendekatan problem solving. Dalam konteks pendidikan, motivasi belajar merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan problem solving, diharapkan siswa dapat lebih aktif, kreatif, dan termotivasi untuk mengatasi masalah secara mandiri, sehingga meningkatkan hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes untuk mengukur peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang signifikan setelah penerapan pendekatan problem solving.References
Anita Bella, R., Supriyono, S., & Khaq, M. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil BelajarIPA menggunakan Metode Problem Solving. Journal on Teacher Education, 4(2), 397–404.
Arief, H. S., & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 141–150.
Eftafiyana, S., Nurjanah, S. A., Armania, M., Sugandi, A. I., & Fitriani, N. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Smp Yang Menggunakan Pendekatan Creative Problem Solving. Teorema, 2(2), 85. https://doi.org/10.25157/.v2i2.1070
Herman, H., Wati, M., & Suyidno, S. (2014). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pengajaran Langsung Dengan Metode Problem Solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 141. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i2.893
Idayanti, N. L., Nurlela, N., Ferdiansyah, M., & Arizona, A. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving dimasa Pandemi Covid-19. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 421–427. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.276
Putra, Y. P. (2018). Penggunaan model pembelajaran creative problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 73–80.
Silayusa, N. P., Dantes, N., & Suarni, N. K. (2015). Pengaruh metode pembelajaran problem solving berbantuan media audio terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar ips siswa SMALB DI SLB A Negeri Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1–11.
Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90–96. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novia Wulandari Damanik, Selly Pratiwi, Ananda Rika Azhari, Henvy Yulifasari Lingga, Pipit Sundari, Ahmad Laut Hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.