ANALISIS KEMAMPUAN CALON GURU BAHASA INGGRIS DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Maulana Arie Saputra UIN Walisongo Semarang
  • Arsan Shanie UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38729

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Calon Guru Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini mengkaji kemampuan calon guru Bahasa Inggris dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar calon guru memahami konsep ini, namun masih menghadapi kendala dalam penerapannya. Faktor-faktor seperti pemahaman konsep, keterampilan mengajar, dan dukungan lingkungan sekolah mempengaruhi keberhasilan penerapan. Siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran berdiferensiasi, namun calon guru masih perlu meningkatkan kemampuan dalam membagi kelompok, mengatur waktu, dan menyesuaikan dengan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris, namun perlu didukung oleh berbagai pihak

References

DAFTAR PUSTAKA

Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.

Insani, A. H., & Munandar, K. (2023). Studi Literatur: Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 6. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39645

John W. Crewelll. (2003). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. In Sage Puble Aiations, Ine: Vol. Second Add (second edi). Sage Puble Aiations, Ine.

Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M. P. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=ec_hEAAAQBAJ&dq=kurikulum+merdeka&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s

Saifuddin Azwar. (2004). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Tohir, M., & Wardani, A. (2017). Analisis Kemampuan Calon Guru Matematika dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Berdasarkan Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2, 431–446. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12666.85444

Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms (second edi). Association for Supervision and Curriculum Development. https://rutamaestra.santillana.com.co/wp-content/uploads/2020/01/Classrooms-2nd-Edition-By-Carol-Ann-Tomlinson.pdf

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Saputra, M. A., & Shanie, A. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN CALON GURU BAHASA INGGRIS DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 18735–18741. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38729

Most read articles by the same author(s)