ANALISIS KEMAMPUAN CALON GURU BAHASA INGGRIS DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38729Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Calon Guru Bahasa InggrisAbstract
Penelitian ini mengkaji kemampuan calon guru Bahasa Inggris dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar calon guru memahami konsep ini, namun masih menghadapi kendala dalam penerapannya. Faktor-faktor seperti pemahaman konsep, keterampilan mengajar, dan dukungan lingkungan sekolah mempengaruhi keberhasilan penerapan. Siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran berdiferensiasi, namun calon guru masih perlu meningkatkan kemampuan dalam membagi kelompok, mengatur waktu, dan menyesuaikan dengan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris, namun perlu didukung oleh berbagai pihakReferences
DAFTAR PUSTAKA
Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2.
Insani, A. H., & Munandar, K. (2023). Studi Literatur: Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 6. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39645
John W. Crewelll. (2003). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. In Sage Puble Aiations, Ine: Vol. Second Add (second edi). Sage Puble Aiations, Ine.
Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M. P. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=ec_hEAAAQBAJ&dq=kurikulum+merdeka&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s
Saifuddin Azwar. (2004). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Tohir, M., & Wardani, A. (2017). Analisis Kemampuan Calon Guru Matematika dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Berdasarkan Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2, 431–446. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12666.85444
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms (second edi). Association for Supervision and Curriculum Development. https://rutamaestra.santillana.com.co/wp-content/uploads/2020/01/Classrooms-2nd-Edition-By-Carol-Ann-Tomlinson.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maulana Arie Saputra, Arsan Shanie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.