IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH BERBASIS COACHING DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU SERTIFIKASI DI SDN 2 MATANGKULI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41994Keywords:
Supervisi Akademik, CoachingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan supervisi akademik berbasis coaching dalam peningkatan kinerja guru di SD Negeri 2 Matangkuli, (2) mengetahui tindak lanjut supervisi akademik berbasis coaching dalam memperbaiki kinerja guru, dan (3) mengetahui refleksi supervisi akademik berbasis coaching dalam mengembangkan strategi peningkatan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek kepala sekolah dan 14 guru bersertifikasi di SD Negeri 2 Matangkuli, Aceh Utara. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik berbasis coaching membantu guru dengan menekankan kolaborasi, memungkinkan eksplorasi strategi pengajaran, memberikan umpan balik spesifik, meningkatkan kepercayaan diri, dan menekankan pembelajaran berpusat pada siswa. Tindak lanjut supervisi melibatkan penyusunan rencana tindakan spesifik dan terukur, serta refleksi membantu mengembangkan strategi peningkatan kinerja guru.References
Baga, Sisean, Taufiqurrahman Taufiqurrahman, Fuat Alfauzi, and A. Winda. 2024. “Implementasi Supervisi Akademik Dengan Teknik Coaching Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Universitas Negeri Jakarta , Indonesia SMA Sinar Dharma Jakarta , Indonesia.” 1(3).
Chaidir, Chaidir. 2021. “Penerapan Supervisi Akademik Berbasis Coaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru MAN 2 Ketapang Semester Ganjil Tahun Pembelajaran 2018/2019.” Ability: Journal of Education and Social Analysis 2(3):70–82. doi: 10.51178/jesa.v2i3.220.
Grant, A. M. (2017). The third wave of coaching. In The Oxford handbook of leadership and organizations. Oxford University Press.
Hattie, J. (2003). Teachers make a difference: What is the research evidence? . Melbourne: Australian Council for Educational Research. Retrieved from https://research.acer.edu.au/cgi/viewcontent.cgi?article=1003&context=research_conference
Ingersoll, R. M. (2001). Teacher turnover and teacher shortages: An organizational analysis. American Educational Research Journal, 38(3), 499-534. doi:10.3102/00028312038003499
Kilburg, R. R. (1996). Toward a conceptual understanding and definition of executive coaching. Consulting Psychology Journal: Practice and Research, 48(2).
Levenson, A. (2016). Coaching for Organizational Change. In Professional Coaching: Principles and Practice. Springer.
Nawas, Abu. 2023. “Coaching-Based Academic Supervision to Improve Teacher Performance in Implementing Differentiation Learning at SDN 014 Kempas Jaya.” Perspektif Pendidikan Dan Keguruan 14(1):1–9. doi: 10.25299/perspektif.2023.vol14(1).10606.
Pasaribu, Nani Herlina. 2021. “Penerapan Coaching Dalam Program Perkembangan Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2(11):1928–39. doi: 10.36418/japendi.v2i11.343.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1):1–8.
Setianingsih, Emy, And Muh. Hanif. 2024. “Supervisi Akademik Dengan Coaching Model Tirta Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sekolah.” EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran 4(2):60–70. doi: 10.51878/educational.v4i2.2891.
Ulfah, Maria, and Ahmad Noviansah. 2020. “Supervisi Coaching: Peningkatan Kinerja Mengajar Guru.” Al-Azkiya: Jurnal Pendidikan MI/SD 2(2):119–28.
Sweeney, D. (2010). Reflection in higher education service-learning. In Learning through serving: A student guidebook for service-learning across the disciplines. Stylus Publishing
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yusnidar Yusnidar, Suparta Rasyid, Iis Marsithah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.