PENGARUH TEKNIK BINTANG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41361Keywords:
Teknik Bintang, hasil belajar, motivasi belajarAbstract
Pada penelitian ini meiliki tujuan menyelidiki pengaruh teknik bintang terhadap hasil dan motivasi belajar Peserta didikpada pembelajaran IPAS di kelas 5 di sekolah dasar. Populasi penelitian adalah Peserta didik di SD Negeri Cinangka 2, Kota Depok. Pretest-posttest dan angket adalah alat yang digunakan pada peelitian . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) teknik bintang memiliki dampak pada pemahaman mengenai materi pada pembelajaran IPAS kelas V di SD Negeri Cinangka 2 tahun ajaran 2024/2025, dengan rata-rata nilai uji N-Gain 0,74, yang merupakan kategori tinggi; (2) teknik bintang memiliki dampak pada pemahaman meganai materi pada pembelajaran IPAS kelas V di SD Negeri Cinangka 2 tahun ajaran 2024/2025. (2) Penemuan ini menunjukkan bahwa teknik bintang merupakan strategi belajar yang inovatif dalam meningkatkan pemahaman dan keinginan Peserta didikuntuk belajar tentang IPAS di sekolah dasar, dengan nilai uji N-Gain sebesar 0,40, yang tergolong ke dalam kategori sedang. Hasil ini menunjukkan bahwa teknik bintang dapat diterapkan pada kegiatan belajar, khususnya pada materi geografi pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).References
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Lisa Agustina, G. H. (2011). Dosen Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 83.
Saptono, Yohanes, J. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama …, I, 189–212. Retrieved from http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/9
Henniwati, H. (2021). Efektifitas Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Determinan Dan Invers Matriks Pada Siswa Kelas X Mm1 Smk Negeri 1 Kabanjahe Di Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 83–88. https://doi.org/10.37755/sjip.v7i1.424
Ajeng Retno Utami, Suhendri, P. D. (2019). Hubungan Kreativitas Guru dengan Hasil Belajar Siswa. Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 04(2), 56–62.
Nirmala, M., Mega, A., & Timoteus, T. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang Siswa Kelas VIII SMPK St. Theresia Kupang. Journal on Education, 06(02), 12296–12301.
Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242
Ekawati, M., & Yarni, N. (2019). Teori Belajar Berdasarkan Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasi Pada Proses Belajar Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 266–269. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.482
Nursalma, A., & Pujiastuti, H. (2023). Pengaruh Waktu Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan MaNursalma, A., & Pujiastuti, H. (2023). Pengaruh Waktu Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 135–141. Https://Doi.Org/10.47662/Jkpm.V2i3.479te, 2(3), 135–141. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.479
Wijayanti, N., & Widodo, S. A. (2021). Studi Korelasi Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Selama Daring. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.849
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhona Nurpratiwi Rafik Ahmad, Rana Gustian Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.