ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA: PENGARUHNYA TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KOMUNIKASI GURU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.29277Keywords:
Lingkungan Sekolah, Komunikasi Guru, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah, dan komunikasi guru terhadap prestasi belajar siswa secara simultan. Penelitian ini termasuk dalam golongan asosiatif kausalitas. Digolongkan asosiatif karena penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antar variable yang di teliti. Dikategorikan kausalitas, karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variable-variabel yang di amati mempunyai hubungan sebab akibat tertentu seperti yang diduga secara teoritis. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Lingkungan sekolah memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara parsial; 2) Komunikasi guru memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara parsial; 3) Lingkungan sekolah dan komunikasi guru siswa memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara simultan.References
Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta.
Anni, C.T. (2008). Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
Azwar, S. (2007). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Balai Pustaka. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Darmastuti, R. (2009). Etika PR dan E-PR. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Djamarah, S.B. (2011). Prestasi Belajar dan Kompetensi Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Cetakan Pertama. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gronlund, N.E. (1985). Measurement and Evaluation in Teaching. New York: MacMillan Publishing Company.
Hamalik, O. (2008). Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hapsari, D.W., dan Prasetio, A.P. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Bawang. e-Proceeding of Management, Vol. 4, No. 1.
Hasbullah. (2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Indriantoro, N. & Supomo, B. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Indeks.
Latief, A. (2014). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Peserta Didik Di SMK Negeri Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Pepatuzda, Vol. 7, No. 1.
Meier, D. (2007). The Accelerated Learning. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Muflichah, I. (2016). Hubungan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MIN Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 1, Nomor 1.
Muhammad, A. (2010). Komunikasi Organisasi. 7th ed. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Novauli, F. (2012). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri di Kota Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, Volume 6, Nomor 1.
Purwanto, M. N. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan dan Kuncoro E.A. (2013). Cara menggunakan dan memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.
Robbins, S.P. (2012). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Rukmana, A., dan Suryana, A. (2010). Pengelolaan Kelas. Bandung. UPI PRESS.
Sabdulloh, U. (2010). Pedagogik Ilmu Mendidik. Bandung: Alfabeta.
Sabri, M.A. (2010). Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: UIN Jakarta Press.
Sahabuddin, C. (2015). Hubungan Komunikasi Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kabupaten Majene. Jurnal Pepatuzda, Vol. 10, No. 1.
Santrock, J.W. (2010). Psikologi Pendidikan. Edisi 5 Buku 2. Terjemahan: Harya Bhimasena. Jakarta: Salemba Humanika
Sarwono, J. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha ilmu
Singarimbun, M & Effendi, S. (2007). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.
Singgih, D.G. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Gunung Mulia.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sukmadinata, N. S. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdayakarya.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2008). Landasa Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Tu’u, Tulus. (2009). Peran dan Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Uchjana, E.O. (2009). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti
Umar, H. (2012). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo.
Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
Wijaya, C. (2007). Kemampuan Guru Dalam Proses Belajar-Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Zulfiansyah, M.I., Parijo, dan Achmadi. (2017). Pengaruh Sumber Belajar di Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa MA Khulafaur Rasyidin.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zuhri Saputra Hutabarat, Benar Sembiring, Harbeng Masni, Arif Rahim, Erlina Zahar, Heni Pratiwi, Firman Tara, Sujoko Sujoko, Lili Andriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.