LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32461Keywords:
Layanan Penguasaan Konten, Kesulitan Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk membantu mengatasi kesulitan belajar siswa, dan untuk mengetahui pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan layanan. Subjek dalam kegiatan ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 32 orang di SMAN 10 Kota Jambi. Sumber data dalam penelitian ini berupa data yang diperoleh dari responden melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menemukan bahwa 1) Penerapan Layanan Penguasaan Konten untuk mengatasi kesulitan belajar dan meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 1 di SMAN 10 Kota Jambi. hal ini dapat dilihat pada hasil kegiatan pengabdian pada lembar observasi, hasil wawancara dan kegiatan pembelajaran pada materi bimbingan konseling. Pada hasil Siklus I, siswa sudah memahami pentingnya memiliki keterampilan belajar yang efektif dan efisien serta penguasaan teknik 3M. Sementara itu, pada hasil siklus II, siswa sudah memahami dan mampu menunjukkan perilaku belajar yang baik, yang ditunjukkan dalam bentuk kedisiplinan, kerjasama dan tanggung jawab. Hal ini dapat dilihat dari hasil kerja siswa yang didasarkan atas kesepakatan bersama, dan telah menunjukkan bahwa mereka mampu saling bertukar pendapat, bekerja sama dalam menyelesaikan setiap permasalahan, dan mampu bertanggung jawab terhadap setiap keputusan yang telah disepakati bersama.Downloads
Published
2024-07-29
How to Cite
Masni, H. ., Zahar, E. ., & Hutabat, Z. S. . (2024). LAYANAN PENGUASAAN KONTEN UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR DAN MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 11290–11299. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.32461
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Harbeng Masni, Erlina Zahar, Zuhri Saputra Hutabat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.