PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKAMENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PAPAN PINTAR KELAS III SDN 064/II PERUMNAS I

Authors

  • Adinda Prasetya Trisniawati Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Nurlev Avana Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Elvima Nofrianni Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50533

Keywords:

Proses dan Hasil; PBL; Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi observasi awal yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata ujian semester ganjil pada mata pelajaran Matematika yaitu 47,5. Rata-rata nilai tersebut masih dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Oleh karena itu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran PBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa lembar observasi keterlaksanaan model PBL. Sedangkan data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari 1) Presentase keterlaksanaan model PBL yang diperoleh dari  jumlah jawaban Ya dan Tidak pada lembar observasi, 2) peningkatana hasil belajar yang diperoleh dari hasil proses belajar pendidik, proses belajar peserta didik dan hasil bealajar siswa dengan menggunakan model PBL. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: 1) keterlaksanaan model PBL pada mata pelajaran matematika berkatagori sangat baik, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika setiap siklus mengalami peningkatatan di atas nilai KKTP yaitu 85%, setelah diterapkan model PBL. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 33,33%, dan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 91,97%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Penerapan model PBL dapat meningkatkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, dan dapat membantu siswa agar tetap fokus dalam berbagai situasi pembelajaran yang sedang terjadi sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar.

References

Abdillah, R., Kurniasih, & Saripah Ningsih, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learing (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belaar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sdn 195 Isola. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2003–2021. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.919

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773

Arikunto, S., Suhardjo, & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Arrosyad, M. I., Wahyuni, E., Kirana, D., & Sartika, M. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 222–228.

Asmara, A., & Septiana, A. (2023). Model Pembelajaran Berkonteks Masalah (M. Suardi (ed.)). Azka Pustaka.

Aulia, A., Puspita, D., Fedicha, W., & Sofyan, S. (2023). Pendidikan Pengaruh Media Papan Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Darawolong IV. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 7(1), 281–289. https://doi.org/10.52802/pancar.v7i1.608

Avana, N., Agrita, T., & Putri, R. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas IV SD. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 10(3), 995–1004. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v10i3.33923

Avana, N., Megawati, & Fitriyani. (2021). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Number Head Together (Nht) Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 74–83. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.629

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Darmadi, Rifai, M., Rositasari, F., & Haryati, N. (2024). Analisis Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Sekolah. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(1), 261–266. https://doi.org/10.60126/maras.v2i1.161

Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

G.S. Artajaya, K. Yarsama, N. Astawan, & Jayadi. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Bantuan Media Video Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1), 44–56. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v12i1.1963

Hasibuan, F. H. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Papan Pintar Di Desa Bah Jambi Application of Multiplication Smart Board Learning Media in Mathematics Lessons. 5, 48–52.

Herawati. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 4(1), 27–48. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/4515

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical connection of elementary school students to solve mathematical problems. Journal on Mathematics Education, 10(1), 69–79. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5416.69-80

Kristina Pane, C. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Melalui Metode Demonstrasi Di Sd Negeri 173425 Simanullang Toba. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(06), 38–44. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i06.323

Kurniawati, I., & Masniladevi, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 4606–4611. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6440

Miatun, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus dan Balok dengan Metode PBL (Problem Based Learning) pada Siswa Kelas VI SDN 2 Kepatihan Kecamatan Tulungagung Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 3(2), 170–176. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v3i2.897

Mulyani, E., & Yatri, I. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Papan Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Mengenal Bilangan Pecahan Kelas II SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2191–2201. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1513%0Ahttps://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/download/1513/695

Oktarina, K., Ariani, N., & Riwayati, S. (2024). Penggunaan Papan Pintar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Kelas 4 Di SD 65 Kota Bengkulu. 5(3), 5503–5508.

Permatasari, A., Sukma, H. H., & Hartanto, R. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Kelas 2 Tabligh SD Muhammadiyah Pakel. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i3.348

Rahmi, H., Syafweny, E., Susilawaty, S., & Fatmawati, F. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Nabla Dewantara, 5(2), 47–60. https://doi.org/10.51517/nd.v5i2.183

Ramadhanti, D. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses dan Hasil Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. August. https://doi.org/10.24036/komposisi.v25i1.127975

Rohman, Syaifudin, N. A. (2021). =2,196 Dan T. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5, 165–173.

Sakbana, L. W. ; R. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Papan Pintar Pembagian Terhadap Kemandirian Siswa Kelas 3 Di UPTD SDN Karang Asem. 09.

Saputra, H. (2020). Pembellajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ). Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, April, 262. http://repository.uin-malang.ac.id/4643/

Sari, M., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat Ilmu Matematika Bagi Peserta Didik Dalam Kehidupan Sehari-hari. Prosiding Seminar Nasional Daring, 1906–1912.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 (R. KR (ed.)). Ar-Ruzz Media.

Sukiyati, N., Yudiana, K., & Ujianti, P. R. (2023). Media Papan Pintar berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk Siswa Kelas II SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 129–136. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.64312

Sundahry, Yogi, & Opi. (2023). Metode, Model dan Media Pembelajaran.

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). Buku, 1–92.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Wijayanti, A., & Yanto, A. (2023). Pembelajaran Matematika Menyenangkan di SD Melalui Permainan. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 18–23. https://doi.org/10.56916/jp.v2i1.316

Windi Anisa, F., Ainun Fusilat, L., & Tiara Anggraini, I. (2020). Proses Pembelajaran Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 158–163. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Yohana, C. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 89. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.89-102.2021

Downloads

Published

2025-09-13

How to Cite

Trisniawati , A. P., Avana, N., & Nofrianni, E. (2025). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKAMENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PAPAN PINTAR KELAS III SDN 064/II PERUMNAS I. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7604–7611. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50533

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.