ANALISIS KINERJA PENGURUS DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25446Keywords:
Kinerja Pengurus, Kualitas Layanan, Partisipasi AnggotaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kinerja pengurus terhadap partisipasi anggota, mengetahui adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota dan pengaruh kinerja pengurus dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota pada Koperasi Flamboyan di Kota jambi. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh antara kinerja pengurus dan kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota koperasi pada koperasi flamboyan di kota jambi sebesar 0,763 (76,3%). Terdapat pengaruh antara kinerja pengurus dan partisipasi anggota dengan koefesien sebesar = 0,0,602. Dan terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dan partisipasi anggota dengan koefesien sebesar = 0,511 dengan persamaan regresi sebesar Y= 0,602+ 0,511. Adapun sebesar 26,341 > 3,18. Dengan demikian ditolak dan diterima atau ada pengaruh antar variabel.References
Afdal, 2012. Hubungan Kinerja Pengurus dengan Partisipasi Anggota Di Koperasi Pegawai Negeri Wajar Dinas P dan K Kota Jambi.
Anonim, 1992. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.
Arikunto, S, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S, 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Gramedia Press.
Kartasapoetra, dkk. 1992. Koperasi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Lijan, Poltak S, 2012. Kinerja Pegawai (Teori Pengukuran dan Implikasi). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Muthis, Thoby, 1992. Pengembangan Koperasi. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Idiasarana Indonesia.
Ninik Widiyanti, 1991. Manajemen Koperasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sari (2013), Hubungan Pelayanan Koperasi Sekolah dengan Partisippasi Siswa dalam Berkoperasi di SMP Negeri 1 Tungkal Jaya Kabupaten Musi Bayu Asin (SUMSEL). Universitas Jambi, Jambi.
Ropke, Jochen, 2003. Ekonomi Koperasi : Teori dan Manajemen. Bandung : Salemba Empat.
Sugiyono, 2005. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pndekatan Kuantutatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto, Johanes, 2012. Kualitas Pelayanan Publik (konsep, dimensi, indikator dan implementasinya). Jakarta:Rineka Cipta.
Suryabrata, 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Suwandi, 1982. Seluk Liku Koperasi Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Said Almaududi, Benar Sembiring, Zuhri Saputra Hutabarat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.