PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI SMA NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Rikki Johannes Hutabalian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Daulat Nathanael Banjarnahor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rina Devi Romauli Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI SMA Negeri 5 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2025/2026. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan populasi 355 siswa dan sampel sebanyak 89 orang yang ditentukan melalui teknik sampling. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur disiplin belajar serta perhatian orang tua, dan data hasil belajar diperoleh dari nilai Ujian Tengah Semester ganjil. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana dan berganda, serta uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa dengan tingkat pengaruh yang sangat kuat (r = 1,65); (2) terdapat pengaruh signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa dengan pengaruh yang sangat kuat (r = 2,24); dan (3) secara simultan, disiplin belajar dan perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan pengaruh kuat (r = 1,14) dan Fhitung (2,43) > Ftabel (2,22). Dengan demikian, semakin baik disiplin belajar siswa dan perhatian orang tua, semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai.

References

Ainingrum, I. L. (2019). Korelasi Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas XI di MA Al-Khidmah Ngronggot Kab. Nganjuk Tahun 2018/2019. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri.

https://etheses.iainkediri.ac.id/1436/

Azizah. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV di SD Islam Maarif Sukorejo. Skripsi. IAKN Kediri.

https://etheses.iainkediri.ac.id/5924/

Hellida. (2018). Hubungan Antara Kewibawaan Guru dengan Kedisiplinan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

https://repository.uin-suska.ac.id/12505/

Khadafi, H. M. (2020). Peranan Faktor-Faktor Penghambat dalam Pelaksanaan Akuntabilitas dan Transparansi Sesuai dengan ISAK 35 (Studi Kasus pada Masjid Jami Al Jihad Kec. Cakung). Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

http://repository.stei.ac.id/9203/

Melati, dkk. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5).

file:///C:/Users/ASUS/Downloads/1229-4493-1-PB.pdf

Nurfebrianti. (2022). Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Jepang. Skripsi. Universitas Muria Kudus.

https://eprints.umk.ac.id/17151/

Putriana. (2023). Hubungan Kemandirian Belajar dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Metro Selatan. Skripsi. Universitas Lampung.

https://digilib.unila.ac.id/73837/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

Putri Sijabat, D. P. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Djuanda Bogor.

https://repository.unida.ac.id/2201/

Risnandar. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Skripsi. Universitas Riau.

https://repository.uinsuska.ac.id/84496/2/GABUNGAN%20KECUALI%20BAB%20IV.pdf

Rofiuddin & Darmawan. (2024). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Menengah Atas Setingkat. Jurnal STAI Muafi Sampang, 3(1).

https://journal.stai-muafi.ac.id/index.php/JOECIE/article/view/119/61

Rusidi. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV pada Tema Daerah Tempat Tinggalku. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2).

file:///C:/Users/ASUS/Downloads/Hasil%20belajar%202.pdf

Saputri. (2021). Hubungan antara Kesadaran Diri (Self Awareness) dengan Disiplin Belajar pada Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 2 Kota Jambi. Skripsi. Universitas Jambi.

https://repository.unja.ac.id/28827/

Sarliyana Sinaga. (2023). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4).

file:///C:/Users/Personal/Downloads/mrizal1,+119.+Sarliyana+Sinaga%20(1).pdf

Setia Sembiring. (2022). Hubungan Gaya Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 040508 Sarinembah Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Universitas Quality Berastagi.

http://portaluqb.ac.id:808/146/

Shafira Adha, dkk. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Pendidikan Budi Pekerti). Jawa Tengah: CV. Elaku Sukses Berkemajuan.

Utami & Azmi. (2022). Penguatan Disiplin dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Rules and Procedures pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4).

https://media.neliti.com/media/publications/448043-none-249f3e25.pdf

Wati & Candra Purnama. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Riau.

https://repository.uir.ac.id/2973/

Wirzan. (2019). Studi Identifikasi Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas II IPS di SMA Harapan 1 Medan. Skripsi. Universitas Medan Area.

file:///C:/Users/ASUS/Downloads/ciri%20disiplin%20belajar.pdf

Yana. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X MA Hasanah Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Universitas Islam Riau.

https://repository.uir.ac.id/4630/

Downloads

Published

2025-09-12

How to Cite

Hutabalian , R. J., Banjarnahor, D. N., & Siahaan, R. D. R. (2025). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI SMA NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7571–7577. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50502