ANALISIS PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ESAI PADA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33011Keywords:
Cooperative Integrated Reading And Composition, Kemampuan Menulis SiswaAbstract
Tujuan pembelajaran menulis esai agar siswa mampu menggembangkan tulisan yang berkualitas, pembelajaran menulis esai dipelajari pada kelas XII adapun yang menjadi standar kompetensi dan kompetesi dasar dalam pembelajaran keterampilan menulis esai yang menjadi tujuan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperiment. Hasil penelitian dan pembahasan maka dapat dijawab rumusan masalah bahwa pelaksanaan pengaruh penerapan model cooperative integrated reading and composition terhadap kemampuan menulis esai terdapat ada pengaruh. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model cooperative integrated reading and composition berpengaruh terhadap hasil pembelajaran menulis esai siswa kelas XII IPA SMA N 8 Kota Jambi tahun pelajaran 2023/2024References
Astuti, Indi. 2017. Jurnal Pendidikan Empirisme:Edisi Desember 20117. Jawa Tengah:Sang Surya Media
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers
Desriani, dkk.2020. Metamorfosis Teks Eksplanasi dalam Kehidupan. Bogor: Guepedia
Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK: Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah- langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya
Munirah. 2015. Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Depublish. Priyatni, ET. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum
Jakarta: Bumi Aksara
Ramdhan, Muhammad. 2021. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN)
Simarmata, Janner. 2019. Kita Menulis Semua Bisa Menulis Buku. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemdikbud
Tarigan. 2018. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wati, Eti. 2019. Bahasa Indonesia. Cirebon: Louvrinz Publishing
Alijanian, E. (2012). The effect of student teams achievement division technique on english achievement of Iranian EFL learners. Theory and Practice in Language Studies, 2 (9), 191-197.
Amornsinlaphachai, P. (2014). Designing a learning model using the STAD technique with a suggestion system to decrease learners' weakness. Procedia - Social and Behavioral Sciences 116 (2014), 431 – 435.
Ermayanti. (2009). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP negeri 19 duri kecamatan mandau. Tesis. Tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP.
Huda, M. (2011). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Pnerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paragdimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibraheem, T.L. (2011). Effects of two modes of student teams-achievement division strategies on senior secondary school students’ learning outcomes in chemical kinetics. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 12 (7), 1—20.
Ibrahim, and Sudjana, N. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Iru, L. dan Arihi, L. O. S. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Isjoni. (2009). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Joyce, B., Weil, M. And Calhounn E. (2011). Models of Teaching (terjemahan). Edisi delapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Gerakan Literasi Bangsa untuk Membentuk Budaya Literasi (Online), (http://badanbahasa.kemdikbud.go.id, diakses 2 Agustus 2017).
Khan, G. N. (2011). Effect of student’s team achievement division (STAD) on academic achievement of students”. Asian Social Science, 7 (12), 211—215.
Kusumaningrat, H. dan Kusumaningrat, P. (2012). Jurnalistik: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kusumawardani, D. (2012). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA negeri 1 bangko kabupaten rokan ilir. Tesis. Tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP.
Nurgiyantoro, B. (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Semi, M.A. (2007). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Slavin, R. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudijono, A. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. and Ibrahim. (2009). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhandang, K. (2016). Pengantar Jurnalistik: Organisasi, Produk dan Kode Etik. Edisi Revisi. Bandung:Nuansa Cendekia.
Sumadiria, A. S. H. (2011). Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogakarta: Ar-ruzz Media.
Suwanda. (2011). Desain Eksperimen untuk Penelitian Ilmiah. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Edisi Revisi. Bandung: Angkasa.
Tatalia, R. G. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan pemetaan pikiran (mind mapping) dengan mempertimbangkan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP negeri 1 panti. Tesis. Tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP.
Taufik, T. and Muhammadi. (2012). Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.
Tran, V. D. (2013). Effect of student team achievement division (STAD) on academic, and attitudes of grade 9th secondary scholl students towards mathematics. International Journal of Sciences, 2 (4), 5—15.
Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Uno, H. B. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Usman, H., and Akbar, R. P. S. (2006). Pengantar Statistika. Edisi Kedua.Jakarta: Bumi Aksara.
Wang, T. P. (2009). Applying Slavin’s cooperative learning techniques to a college EFL Conversation Class. The Journal of Human Resource and Adult Learning 5 (1), 112—120.
Yeung, H. C. H. (2015). Literature review of the cooperative learning strategy – student team achievement division (STAD). International Journal of Education, 7 (1), 28—43.
Agustina, R., & Hutabarat, Z. S. (2023). Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping): Motivasi Belajar Melalui Keterampilan Menulis. Eureka Media Aksara, 1–21. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Annisa Sepriani, Z. S. H. (2015). PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS DAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.
Hutabarat, Z. S. (2022). The Effect of Motivation and Learning Effectiveness and the Quality of Economic Education Study Program Graduates. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 4003–4010. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1670
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Firman Tara, Erlina Zahar, Harbeng Masni, Zuhri Saputra Hutabarat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.