EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MOVING CLASS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI SURVEY DI SMK NEGERI 26 JAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49507Keywords:
Moving Class, Hasil Belajar, Efektivitas, Model Pembelajaran.Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil observasi yang peneliti lakukan terhadap peserta didik di SMK Negeri 26 Jakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran moving class berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 26 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran moving class terhadap hasil belajar peserta didik. Pembelajaran moving class merupakan sistem pembelajaran di mana siswa berpindah kelas sesuai dengan mata pelajaran, dengan harapan dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan meningkatkan konsentrasi siswa yang dianggap memiliki dampak positif terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey yang melibatkan siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa kelas X untuk mengukur persepsi mereka terhadap efektivitas moving class dan kaitannya dengan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran moving class memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dilihat dari uji koefisien Product Moment menghasilkan “rxy” atau “ro” sebesar 0,715, sedangkan “rt” pada tabel signifikan 5% = 0,312 dan taraf signifikan 1% = 0,403. Dengan demikian dapat diketahui bahwa “ro” > “rt” baik pada signifikan 5% maupun 1%. Maka berdasarkan hasil tersebut Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak atau tidak disetujui. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh efektivitas pembelajaran moving class terhadap hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 26 Jakarta.References
Adolph, R. (2016). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. 1, 1–23.
Afiyati, R. (2013). Efektivitas Sistem Moving Class Dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kepanjen.
Ambia, N. (2018). Pengaruh Efektivitas Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Sidorame Barat I Kecamatan Medan Perjuangan. Publik Reform, 1–8. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/article/view/339%0Ahttp://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/jupublik/article/viewFile/339/332
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematik. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186.
Arif, M. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Man Semarang 1 Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Pokok Hukum Newton Tentang Gerak Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi, 8–36.
Aulia, A., & Marlina, Y. (2023). Implementasi Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Aktivitas Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 7(1), 36–45. https://doi.org/10.37012/jipmht.v7i1.1568
Azhar, A. A., Prabowo, B., Nasir, M., Anisyah Hasibuan, Y., & Taufiq Azhari, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 2(2), 127–132. https://doi.org/10.58432/algebra.v2i2.397
Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), h. 33.
Fahrudin, F., Ansari, A., & Ichsan, A. S. (2021). Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Hikmah, 18(1), 64–80. https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101
Farhaferiza, R. (2015). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Pasundan 4 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia, 28–37.
Fitria, A., & Iskandar. (2018). Pelaksanaan Sistem Moving Class Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Smp 1 Kuala Bireuen. Jurnal Sains Ekonomi Dan Edukasi (JSEE), 6(1), 5–13.
Gilang, Z. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR ’ AN MENGGUNAKAN METODE YANBU ’ A PADA SISWA KELAS IV-VI DI MI MA ’ ARIF NU 02 KALIWEDI PEMBELAJARAN AL-QUR ’ AN MENGGUNAKAN METODE YANBU ’ A PADA SISWA KELAS IV-VI DI MI MA ’ ARIF NU 02.
Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. E-Journal.Unipma, 7(1), 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE
Hasibuan, D. (2022). Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Proses Pembelajaran. Hibrul Ulama, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i1.166
Hilmi, R. Z., Hurriyati, R., & Lisnawati. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 3(2), 91–102.
Imanda, R. C., Ekonomi, F., & Surabaya, K. K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Moving Class Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Sma Negeri 1 Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 1(3), 1–15.
Inayatullah, P. A., Suprapto, & Nadiah. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Wawasan Dan Aksara, 4(1), 140–149.
Junaedi Ifan. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Jisamar, VOL. 3 NO.(2), 19–25.
Khofifah, S. N., & Ulfah, M. (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Studi Survey di SMK Bina Pangudi Luhur Jakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1928–1941. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5763
Lefudin. (2014). Belajar & Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Deepublish.
Lestari, V. D., Manajemen, J., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Negara, K. (2023). Implementasi Efektivitas Pengendalian Intern Pada Sistem Informasi Akuntansi Penggajian. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 5(1), 49–61.
Nilawati. (2019). Jurnal Edukatif. Jurnal Edukatif, V(1), 58–65.
Oktaviani, M., Peo, M., Jhon, D., Lalang, D., & Tameno, N. (2019). Efektivitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Penerimaan Retribusi Air Minum Pada Pdam Tirta Komodo Kabupaten Manggarai. Agustus, 4(2), 2338–4905.
Pandiangan, W. M., Siagian, S., & Sitompul, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199
Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar PAI Di SMPN 2 Ulaweng Kabupaten Bone. Jurnal Al-Qayyimah, 2(2), 40–55. https://doi.org/10.30863/aqym.v2i2.650
Putri, M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen Kesiswaan terhadap Hasil Belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 119. https://doi.org/10.29210/3003907000
Rachman. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Pemerolehan Konsep Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Pelajaran. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 9–26.
Ramdhani, M. T. (2019). Sistem Moving Class Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar (F. Najah (ed.)). K-Media.
Raya, S.-M. P., Dlpv, V., Ghwhuplqh, W. R., Orz, W. K. H., Vwxghqwv, R. I., Delolw, U., Wkh, R. Q., Judgh, V., & Ri, V. (2016). Anterior Jurnal,. 16, 40–46.
Rosdiana, E. (2018). Langkah Tepat Penguatan Pendidikan Karakter dengan Moving Class dan Tri Pusat Pendidikan (Istiqomah (ed.)). Pustaka MediaGuru.
Ruslandi, U., Qomariyah, S., & Sumitra, M. (2025). Peran Metode Pembelajaran Diskusi dalam Menciptakan Keaktifan Belajar Siswa di MAS Tarbiyatul Islamiyah. 2.
Sadarita, A., & Ginting, B. (2019). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAK Melalui Moving class. ILLUMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(1), 53–64. https://doi.org/10.54024/illuminate.v2i1.176
Saepulloh, A., Yuniar, D., & Holik, A. (2024). Strategi Pengelolaan Kelas Sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Aktif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 2024(3), 119–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.10637591
Salam, A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal on Education, 04(04), 1381–1391. http://jonedu.org/index.php/joe
Sitohang Justi. (2017). Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 681–687.
Sunarti, N. (2019). Efektivitas Pemberdayaan dalam Pengembangan Kelompok Tani di Pedesaan. 5.
Tenda, H. (2023). Moving Class Terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 115–124.
Trinova, Z., Nini, N., Lius Zen, W., & Yuniendel, R. K. (2021). Learning motivation through the moving class system in islamic religious learning. Social Sciences, Education and Humanities (GCSSSEH), 11(2), 2021.
Widayat, E. (2021). Menyiapkan Moving Class Fun (D. Kusumaningsih & Supriatnoko (eds.)). Bildung.
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Zohriah, A. (2017). Efektivitas pelayanan perpustakaan sekolah. Jurnal Manajemen, 3(01), 102–110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Levina Nur Fadilla, Nadiah Nadiah, Kunaenih Kunaenih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




