LINGKUNGAN SEKOLAH PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40292Keywords:
Lingkungan Sekolah, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dilakukan peneltian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa. Pendidikan juga berfungsi mengantar manusia menguak tabir kehidupan sekaligus menempatkan dirinya sebagai pelaku dalam setiap perubahan. Penelitian ini dilakukan pada dasarnya untuk melihat pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi secara parsial. Kesimpulan penelitian ini memiliki hubungan linier antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar siswa. Semakin baik lingkungan sekolah akan meningkatkan hasil belajar, sebaliknya semakin buruk lingkungan sekolah yang ada, maka akan berdampak semakin menurunya hasil belajar. Penelitian ini disimpulkan bahwa Lingkungan sekolah secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar.References
Agustina, L., Rustivarso., dan Okiana. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 5, No. 6.
Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta.
Anni, C.T. (2008). Psikologi Belajar. Semarang: Unnes Press.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
Astuti, A.A. (2012). Hubungan Kemampuan Berkomunikasi Guru Dengan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Sokonandi, Umbulharjo, Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Tesis Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/7665/
Azwar, S. (2007). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Balai Pustaka. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Darmastuti, R. (2009). Etika PR dan E-PR. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Djamarah, S.B. (2011). Prestasi Belajar dan Kompetensi Mengajar. Surabaya : Usaha Nasional.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Cetakan Pertama. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gronlund, N.E. (1985). Measurement and Evaluation in Teaching. New York: MacMillan Publishing Company.
Hamalik, O. (2008). Pendidikan Guru Berdasarkan Kompetensi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamdu, G dan Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 12 No. 1.
Hapsari, D.W., dan Prasetio, A.P. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 2 Bawang. e-Proceeding of Management, Vol. 4, No. 1.
Hasbullah. (2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Indriantoro, N. & Supomo, B. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Indeks.
Latief, A. (2014). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Peserta Didik Di SMK Negeri Paku Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Pepatuzda, Vol. 7, No. 1.
Meier, D. (2007). The Accelerated Learning. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Menrisal, dan Etrilia, U. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa (Studi Kasus X Jurusan Akuntansi SMK Nusatama Padang). Jurnal Pendidikan an Teknologi Informasi, Vol. 4, No. 1.
Muflichah, I. (2016). Hubungan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih di MIN Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 1, Nomor 1.
Muhammad, A. (2010). Komunikasi Organisasi. 7th ed. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Novauli, F. (2012). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri di Kota Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, Volume 6, Nomor 1.
Purwanto, M. N. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Renol, S. (2015). Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dan Bisnis.
Riduwan dan Kuncoro E.A. (2013). Cara menggunakan dan memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.
Robbins, S.P. (2012). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Rukmana, A., dan Suryana, A. (2010). Pengelolaan Kelas. Bandung. UPI PRESS.
Sabdulloh, U. (2010). Pedagogik Ilmu Mendidik. Bandung: Alfabeta.
Sabri, M.A. (2010). Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: UIN Jakarta Press.
Sahabuddin, C. (2015). Hubungan Komunikasi Belajar Mengajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Kabupaten Majene. Jurnal Pepatuzda, Vol. 10, No. 1.
Santrock, J.W. (2010). Psikologi Pendidikan. Edisi 5 Buku 2. Terjemahan: Harya Bhimasena. Jakarta: Salemba Humanika
Sardiman, A.M. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sarwono, J. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha ilmu
Singarimbun, M & Effendi, S. (2007). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.
Singgih, D.G. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : Gunung Mulia.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Stevani. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negerri 5 Padang. Journal of Economic Education. Vol. 4, No. 2.
Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suhardiansyah. (2013). Pengaruh Lingkungan Belajar di Sekolah, Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu.
Sukmadinata, N. S. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdayakarya.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2008). Landasa Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Tu’u, Tulus. (2009). Peran dan Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Uchjana, E.O. (2009). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti
Umar, H. (2012). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo.
Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
Wijaya, C. (2007). Kemampuan Guru Dalam Proses Belajar-Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Zamsir., Masi, L., dan Fajrin, P. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 6, Nomor 2.
Zulfiansyah, M.I., Parijo, dan Achmadi. (2017). Pengaruh Sumber Belajar di Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa MA Khulafaur Rasyidin.
Almaududi, S., Sembiring, B., & Hutabarat, Z. S. (2024). Analisis Kinerja Pengurus Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Anggota Koperasi. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1861–1864.
Anggraini, N., & Hutabarat, Z. S. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 8 Kota Jambi ". Scientific Journals of Economic Education, 6(1), 15–26.
Dacholfany, M. I., Ikhwan, A., Budiman, A., Hutabarat, Z. S., Riady, Y., Hutabarat, Z. S., Yusdi Andra, Denny Denmar, Z. S. H., Rosmiati, Z. S. H., Keguruan, F., Jambi, U. B., Kagermann, H., Annisa Sepriani, Z. S. H., Harbeng Masni, Zuhri Saputra Hutabarat, Lili Andriani, D. A., Suratno, M., Saputra Hutabarat, Z., Sari, N., Suratno, S., Hutabarat, Z. S., Denmar, D., … Unbari, F. (2023). Teachers’ Constraints in Organizing Learning Process for High School Students in Jambi. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–23. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1667
Harbeng Masni, Zuhri Saputra Hutabarat, Lili Andriani, D. A. (2010). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Motivasi Berprestasi. 8(1), 33–50.
Hutabarat, Z. S. (2021). INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE , INNOVATION AND EDUCATIONAL TECHNOLOGIES ( ONLINE ) - ISSN : 2717-7130 Follow-up Analysis of Student Soft Skill Evaluation. October, 235–245.
Hutabarat, Z. S., & Rosmiati, R. (2022). Analysis of Marketing Effect and Individual Modernity Its Influence on Consumption Behavior. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1972. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2854
Masni, H., & Hutabarat, Z. S. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Lash Animation With Swish Max Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(2), 257. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i2.147
Riady, Y., & Hutabarat, Z. S. (2023). How is Economic Literacy and Consumptive Behavior? Through the Role of Student Learning Outcomes in Economic Education in Jambi Province (Issue Osc). Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-290-3_18
Rosmiati, R., & Hutabarat, Z. S. (2019). Peningkatan Mutu Ipteks Kewirausahaan (IbK) Pada Siswa Kelas XII SMAN 2 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 98. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.139
Rosmiati, R., & Hutabarat, Z. S. (2023). Economics Learning Outcomes of Jambi University Students Given Financial Literacy Analysis and Consumptive Behavior. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2084–2096. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.1707
Rosmiati, R., Sembiring, B., Rahim, A., Pudjaningsih, W., & Hutabarat, Z. S. (2022). How is the Readiness of Students to Become Teachers in the Industrial Revolution Era 4.0? Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(4), 831. https://doi.org/10.33394/jk.v8i4.6248
Rosmiati, Z. S. H. (2016). HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING SISWA SMA KOTA JAMBI. 9(2), 1–23.
Suratno, M., Saputra Hutabarat, Z., & Sari, N. (2018). The Development of Instructional Medium Based on E-learning in Taxation Subject at Economic Education Department, Jambi University. 147(Icsse 2017), 299–304. https://doi.org/10.2991/icsse-17.2018.67
Suratno, S., & Hutabarat, Z. S. (2023). Assessment of Soft Skill Learning Model Instruments in Interpersonal Relations of Economic Education Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 3639–3645. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.1678
Syuhada, S., Masni, H., Rahima, A., Zahar, E., Pudjaningsih, W., Budiyono, H., Wennyta, W., Syahputra, M. H. I., Harman, H., & Hutabarat, Z. S. (2023). The Perceptions of Jambi Province Students on the Teaching Profession. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2507–2517. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2944
Yati, Siswanto, R., Sumiyati, S., Munir, S., Kadarisma, Sucipto, Jaya, F., Saputra, Z., & Hutabarat. (2024). Dinamika Pencegahan Dan Resolusi Kekerasan Di Ruang Kelas: Menggagas Paradigma Baru Dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1389–1396.
Zuhri Saputra Hutabarat, Y. A. (2018). the Effect of Motivation and Learning Effectiveness on Quality of Graduate Study Program Primary Teacher Education Fkip University of Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 222. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v8i1.104
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lili Andriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.