DINAMIKA PENCEGAHAN DAN RESOLUSI KEKERASAN DI RUANG KELAS: MENGGAGAS PARADIGMA BARU DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24855Keywords:
Deteksi Dini, Kebijakan Pendidikan, Pencegahan Kekerasan, Pendidikan Dan Pelatihan, Peran PendidikAbstract
Penelitian ini mengkaji strategi pencegahan dan pengelolaan kekerasan di lingkungan pendidikan. Berfokus pada pendekatan multidisiplin, penelitian ini menyelidiki implementasi program pencegahan kekerasan, peran pendidik dan administrasi sekolah, dan dampak kebijakan pendidikan terhadap insiden kekerasan. Metodologinya mencakup analisis literatur yang komprehensif, mencakup studi kasus dan evaluasi kebijakan. Temuan menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan yang efektif bagi para pendidik, seperti program "Jari Peri", berkontribusi signifikan terhadap pencegahan kekerasan. Selain itu, penerapan model deteksi dini kekerasan remaja telah terbukti efektif dalam mengidentifikasi dan mengatasi perilaku kekerasan pada tahap awal. Kajian ini juga menekankan pentingnya kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang aman. Rekomendasinya mencakup pengembangan lebih lanjut program pelatihan pendidik, kebijakan sekolah yang jelas, dan peningkatan kesadaran masyarakat. Kesimpulan penelitian ini adalah diperlukan upaya kolaboratif dan pendekatan holistik untuk mencegah dan menangani kekerasan di lingkungan pendidikan.References
Agustin, M., Saripah, I., & Gustiana, A. D. (2018). Analisis Tipikal Kekerasan Pada Anak Dan Faktor Yang Melatarbelakanginya. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.21009/jiv.1301.1.
Anggraeni, R. (2018). Pendidikan Kesehatan Tentang Perkembangan Psikososial Sebagai Upaya Pencegahan Kerasan Fisik Dan Verbal Pada Anak Usia Sekolah Di Kota Kendal (Health Education O Psychososial Development As An Effort Of To Prevent Physical And Verbal Violence Of School A. Jurnal Ners Dan Kebidanan, 5(2), 97–104. https://doi.org/10.26699/jnk.v5i2.ART.p097.
Gultom, R., & Muis, T. (2021). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas X Ips 2 Di Sma Hang Tuah 4 Surabaya Tahun Ajaran 2020/2021. HELPER?: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 38(2), 79–87. https://doi.org/10.36456/helper.vol38.no2.a3943.
Indriani, I., Darmawani, E., & Arizona, A. (2022). Pemahaman Siswa Terhadap Kekerasan Seksual Pada Anak Usia Sekolah Melalui Media Sosial. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 6(2), 95–100. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v6n2.p95-100
Mardiyati, I. (2015). Dampak Trauma Kekerasan dalam Rumah Tangga Terhadap Perkembangan Psikis Anak. Raheema, 2(1), 29–38. https://doi.org/10.24260/raheema.v2i1.166.
Nafilatul Ain, Anna Fadilatul Mahmudah, Susanto, A. M. P., & Imron Fauzi. (2022). Analisis Diagnostik Fenomena Kekerasan Seksual Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 7(2), 49–58. https://doi.org/10.47435/jpdk.v7i2.1318.
Nafisah, L., Aryani, A. A., & Rizqi, Y. N. K. (2021). Pelatihan Keterampilan Hidup untuk Melindungi Remaja dari Kekerasan. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 456–465. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.6572.
Noer, K. U., Hanafi, A., Khairunnisa, D. A., & Putri, F. D. (2021). Sekolah Ramah Anak, Disiplin, Dan Budaya Kekerasan Di Sekolah Di Indonesia. Kafa`ah: Journal of Gender Studies, 11(1), 55. https://doi.org/10.15548/jk.v11i1.393.
NURWANTO, N., Marsudi, M., Ismail, G., & Azhar, M. (2015). Nilai-Nilai Perdamaian dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam (Akhlak) di Sekolah Muhammadiyah. Afkaruna, 11(1), 41–65. https://doi.org/10.18196/aiijis.2015.0043.41-65.
Panis, M. P., Lerik, M. C. D., Damayanti, Y., & Ratu, F. (2022). Efektifitas Psikoedukasi Pencegahan Kekerasan terhadap Anak Pada Pasangan Orang Tua Muda di Kota Kupang. Indonesia Berdaya, 3(4), 1113–1120. https://doi.org/10.47679/ib.2022350.
Supartini, Y., Tambunan, E. S., Suheri, T., & Ningsih, R. (2022). Pengembangan Model Deteksi Dini Kekerasan Pada Remaja Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dalam Mendeteksi Adanya Kekerasan Pada Remaja. Quality?: Jurnal Kesehatan, 16(2), 82–95. https://doi.org/10.36082/qjk.v16i2.792.
Wahida, D., & Paramastri, I. (2020). Prevensi Kekerasan Seksual Pada Anak (KSA). Journal of Psychology Perspective, 2(1), 41–54.
Waliyanti, E., Kamilah, F., & Fitriansyah, R. R. (2018). Fenomena Perilaku Bullying pada Remaja di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia [JIKI], 2(1), 50. https://doi.org/10.31000/jiki.v2i1.831.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yati Yati, Romi Siswanto, Sri Sumiyati Sumiyati, Sjaiful Munir, Kadarisman Kadarisman, Sucipto Sucipto, Fitra Jaya, Zuhri Saputra Hutabarat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.