ANALISIS INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS OTENTIK (KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40646Keywords:
Instumen Evaluasi, Kognitif, Afektif, PsikomotorikAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para guru tentang standarisasi instrumen penilaian, meningkatkan pemahaman para guru mengenai penilaian autentik, dan Meningkatkan motivasi para guru dalam hal inovasi pembelajaran. Metode pelatihan ini adalah kajian pustaka, dalam pelatihan ini dilaksanakan dengan tahapan persiapan, pelaksanaan yang dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai standarisasi penilaian pendidikan.Hasil penelitian ini: 1) Instrumen evaluasi yang masih belum standar, 2) Implementasi evaluasi yang dilakukan oleh para guru belum mencakup ranah penilaian secara keseluruhan, 3) Keterbatasan dalam hal inovasi dan kreativitas yang dimiliki oleh para guru dalam pengembangan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu penelitian ini dapat disumpulkan dengan penilaian autentik menolong peserta didik untuk memahami kemampuan akademik mereka dan membantu pendidik untuk mengetahui cara terbaik untuk mengajar peserta didik.References
Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran (P. Latifah, ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ismail, I. (2020). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran (Syarifuddin, ed.). Makassar: Cendekia Publisher.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. , (2016). Indonesia.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. , Pub. L. No. 20, 1 (2007). Indonesia.
Sani, R. A. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: PT Bumi Aksara. https://doi.org/978-602-217-577-3
Sapir. (2014). Evaluasi Proses dan Hasil Belajar (Pendekatan Praktis-Operasional). Malang: Universitas Negeri Malang.
Arifin, Z. 2010. Penilaian Portofolio: Konsep, Prinsip, Prosedur. Bandung: UPI. Depdiknas. 2003. Peningkatan Kemampuan Guru dalam Penyusunan dan Penggunaan Alat
Evaluasi serta Pengembangan Sistem Penghargaan terhadap Siswa. Jakarta: Direktorat PLP-Ditjen Dikdasmen.
Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004: Pedoman Khusus Pengembangan Portofolio untuk Penilaian.
Dirjen Dikti. 2015. Buku Pedoman Sertifikasi Pendidik untuk Dosen (Serdos) Terintegrasi, Buku 2 Penilaian Portofolio. Jakarta: Kemdikbud.
Miller, M. D, et. Al. 2009. Measurement and Assessment in Teaching. Tenth Edition. New Jersey: Pearson.
Nitko, Anthony J. 1996. Educational Assessment of Studentd, Second Edition. New Jersey: Englewood Cliffs.
Surapranata, S & Hatta, M. 2004. Penilaian Portofolio: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Rosda Karya.
Soewandi, A. M. S. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah Seminar Sehari Sosialisasi KBK bagi Dosen-dosen FKIP. USD.
Sudaryono. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu
Anggraini, N., & Hutabarat, Z. S. (2022). Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 8 Kota Jambi ". Scientific Journals of Economic Education, 6(1), 15–26.
Dacholfany, M. I., Ikhwan, A., Budiman, A., & Hutabarat, Z. S. (2024). Model of Educational Leadership Management in Boarding Schools. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 8(1), 1. https://doi.org/10.35723/ajie.v8i1.339
Halal, S., Declare, S., Pratiwi, H., & Hutabarat, Z. S. (2024). Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul Diseminasi Standarisasi Jaminan Produk Halal dalam Memenuhi Kriteria. 2(1), 26–30. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v2i1.359
Hutabarat, Z. S., & Ekawarna, E. (2023). Development of Teaching Materials on Learning Economic Models to Improve Students’ Cognitive Achievement. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1204–1212. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.1679
Hutabarat, Z. S., & Jambi, U. B. (2022). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Sosial Guru Ekonomi Dan Lingkungan Sekolah Dengan Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sman 4 Muara Bungo. 5(1), 110–120.
Hutabarat, Z. S., Masni, H., Zahar, E., Pratiwi, H., & Sembiring, B. (2024). Analysis of Halal Value Chain Education in Efforts to Develop Halal Tourism Products and Increase Income. 4(1), 2021–2024.
Hutabarat, Z. S., Wiryotinoyo, M., Masni, H., & Handayani, R. (2022). Teachers’ Constraints in Organizing Learning Process for High School Students in Jambi. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 4939–4946. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1667
Masni, H., & Zuhri Saputra Hutabarat, Mp. (2022). Pengajaran Mikro Penerbit Cv.Eureka Media Aksara. 1–73. https://repository.penerbiteureka.com/media/publications/558555-pengajaran-mikro-1a7b4357.pdf
Mayasari, M., Hidayati, U., Muslim, F., Aisyah, N., Hutabarat, Z. S., & Mareta, Y. (2024). Development Of Economic Mathematics Learning System Through Master Model For Students Of Economic Education Study Program. Owner, 8(3), 2650–2660. https://doi.org/10.33395/owner.v8i3.2284
Pudjaningsih, W., Rustantono, H., Nurpeni, N., Budiyono, H., Hutabarat, Z. S., Nor, B., & Taufan, A. (2023). The Influence of School Environment and Teacher Communication on Economics Teacher Competence in Jambi Province. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 3471–3479. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.3084
Rosmiati, R., Sembiring, B., Rahim, A., Pudjaningsih, W., & Hutabarat, Z. S. (2022). How is the Readiness of Students to Become Teachers in the Industrial Revolution Era 4.0? Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(4), 831. https://doi.org/10.33394/jk.v8i4.6248
Rosmiati, Z. S. H. (2016). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl), Minat Menjadi Guru, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Yang Profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100–114. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/9989
Saputra Hutabarat, Z. (2017). Analisis Kepemilikan Atribut Soft Skills Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Univesitas Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 145–155.
Suratno, S., & Hutabarat, Z. S. (2023). Assessment of Soft Skill Learning Model Instruments in Interpersonal Relations of Economic Education Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 3639–3645. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.1678
Syuhada, S., Masni, H., Rahima, A., Zahar, E., Pudjaningsih, W., Budiyono, H., Wennyta, W., Syahputra, M. H. I., Harman, H., & Hutabarat, Z. S. (2023). The Perceptions of Jambi Province Students on the Teaching Profession. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 2507–2517. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2944
Yati, Siswanto, R., Sumiyati, S., Munir, S., Kadarisma, Sucipto, Jaya, F., Saputra, Z., & Hutabarat. (2024). Dinamika Pencegahan Dan Resolusi Kekerasan Di Ruang Kelas: Menggagas Paradigma Baru Dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1389–1396.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Harbeng Masni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.