PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PROBLEM CARDS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 90/II TALANG PANTAI

Authors

  • Tria Apriza Yanti Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Nurlev Avana Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Sundahry Sundahry Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50501

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV SDN 90/II Talang Pantai yang dilatarbelakangi observasi awal yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa, dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata ujian semester ganjil pada mata pelajaran Matematika yaitu 58,5. Rata-rata nilai tersebut masih dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Hal ini menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Oleh karena itu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran PBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model PBL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 90/II Talang Pantai yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa lembar observasi keterlaksanaan model PBL. Sedangkan data kuantitatif berupa data yang diperoleh dari 1) Presentase keterlaksanaan model PBL yang diperoleh dari  jumlah jawaban Ya dan Tidak pada lembar observasi, 2) peningkatana hasil belajar yang diperoleh dari hasil proses belajar pendidik, proses belajar peserta didik dan hasil bealajar siswa dengan menggunakan model PBL. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: 1) keterlaksanaan model PBL pada mata pelajaran matematika berkatagori sangat baik, 2) proses belajar  siklus I pertemuan 1&2 adalah 65% & 80%. Siklus II pertemuan 1&2 adalah 85% & 90%. 3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika setiap siklus mengalami peningkatatan di atas nilai KKTP yaitu 70%, setelah diterapkan model PBL. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 55%, dan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 90%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Penerapan model PBL dapat meningkatkan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar, dan dapat membantu siswa agar tetap fokus dalam berbagai situasi pembelajaran yang sedang terjadi sehingga terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar.

References

Ambarwaty, F., dkk (2022). Pengaruh Model Problem-Based Learning berbantu Media Problem Card terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli TNWK. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 10(2), 183–188. https://doi.org/10.23960/jbt.v10i2.25331

Ananda, E. R., & Wandini, R. R. (2022). Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4173–4181. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2773

Arrosyad, M. I., dkk. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 222–228.

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.209

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

BAROROH, M. Z. (2021). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Powerpoint. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(3), 197–202. https://doi.org/10.51878/edutech.v1i3.655

Dr. Rusman, M. P. (2018). model-model pembelajaran.

Firdausi, N. I. (2020). Pengaruh Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Lancang Kuning. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Hasil, M., & Siswa, B. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19–24. https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4554

Kuesioner, W. D. A. N. (n.d.). Teknik Pengumpulan Data. 3(1), 39–47.

Meilasari, S., dkk (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Mytra, P., dkk. (2023). Filsafat Pendidikan Matematika (Matematika Sebagai Alat Pikir Dan Bahasa Ilmu). AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 60–71. https://doi.org/10.46773/aljabar.v2i2.731

Nevi Novelita, D. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kurikulum Merdeka Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV Sekolah Dasar. Теплоэнергетика, 08(8), 14–20. https://doi.org/10.56304/s0040363622080021

Nurgiansah, dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 10. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752

Nurlev avana, M. (2021). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Number Head Together (Nht) Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 74–83. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.629

Nuryati, A. E., dkk. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 2(2), 20–37. https://doi.org/10.53754/edusia.v2i2.588

Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal of Education, 2(3), 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108

Pamuji, S., & Wiyani, N. A. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Information and Communication Technology. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 173. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42726

Rieschka, M. N. (2020). Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 1499–1505. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Rizal, R. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar melalui Bahan Ajar Flipbook Siswa Sekolah Dasar. Arus Jurnal Pendidikan, 2(3), 252–256. https://doi.org/10.57250/ajup.v2i3.141

Sa’diyah, S. (2020). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Sistem Gerak melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Curriculum Indonesia, 3(2), 79. https://doi.org/10.46680/jci.v3i2.32

Sitilawati, D., dkk. (2024). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Kartu Soal Efektif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 5(2), 374–379. https://doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.12145

Syamsudin, S. (2020). Problem Based Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 81. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.4610

Titis Muthiana Taqwim. (2021). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 1–5.

Utomo, P., dkk. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Vivi Nugraheni, S., dkk. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas Iii Sdn Bintoro 16 Demak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3657–3665. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1218

Wiryana, R., & Alim, J. A. (2023). Problems of Learning Mathematics in. 2, 271–277.

Yandi, A., dkk. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Downloads

Published

2025-09-12

How to Cite

Yanti , T. A., Avana, N., & Sundahry, S. (2025). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PROBLEM CARDS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 90/II TALANG PANTAI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7578–7585. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50501