PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (SURVEI DI SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA)

Authors

  • Anita Pusparani Universitas Islam Jakarta
  • Nadiah Nadiah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46703

Keywords:

orang tua, pola asuh, prestasi belajar.

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil Observasi yang peneliti lakukan terhadap peserta didik di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh orang tua yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei yang melibatkan siswa dari kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pola asuh orang tua dan prestasi belajar siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur tipe pola asuh (otoriter, demokratis, dan permisif) serta indikator prestasi belajar seperti nilai akademik, motivasi belajar, dan kedisiplinan. Responden dalam penelitian ini adalah siswa dari SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Hasil penelitian diharapkan dapat menunjukkan pengaruh signifikan pola asuh orang tua terhadap capaian akademik siswa, sekaligus memberikan rekomendasi bagi orang tua dan pendidik dalam menerapkan pola asuh yang optimal untuk mendukung prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara keterlibatan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dilihat dari uji koefisien Product Moment menghasilkan “rxy” atau “ro” sebesar 0,498, sedangkan “rt” pada tabel signifikan 5% = 0,266 dan taraf signifikan 1% = 0,345. Dengan demikian dapat diketahui bahwa “ro” > “rt” baik pada signifikan 5% maupun 1%. Maka berdasarkan hasil tersebut Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak atau tidak disetujui. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada keterlibatan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta.

References

Adawiah, R. (2017). Pola asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7, 26.

Alfi Lail, N., & Nadiah. (2024). Pengaruh Perhatian Keluarga Terhadap Pergaulan Anak. Jurnal Sains Dan Teknologi.

Arikunto, S. (2022). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. 5(1).

Bester, Suzanne, Marlize, & Malan - Van Rooyen. (2015). Emotional Development, Effects of Parenting and Family Structure on. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences. 7.

Budiyono. (2023). Manajemen Pembelajaran dan Prestasi Belajar Siswa. PT Arr Rad Pratama.

Djamarah, S. B. (2014). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Usaha Nasional.

Dwi Anggraini, W. (2016). Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi hasil belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IIS SMA.

FB Surbakti. (2009). Kenalilah Anak Remaja Anda. Elex edia Komputindo.

Hanifah Salsabila, U. (2018). Teori Ekologi Bronfenbrenner sebagai sebuah pendekatan dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 7(1).

Hasnawati. (2013). Pendidikan Akhlak dalam Pola Asuh Orang Tua.

Humaini, F., & Safitri, A. (2021). Hubungan Gaya Pengasuhan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Anak. Jurnal Studi Keislaman.

Jamil Ibrahim M. (2017). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak, 1, 5.

Jehan Apriani Nisfie, Sulaeman Maryam, & Soraiya. (2024). Pengaruh Minat Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Survey di SMK Negeri 26 Jakarta. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7.

John Santrock. (1995). Life Span Development (5th ed.). Erlangga.

Karimah, M., Musayyadah, & Pusparini, D. (2024a). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1).

Karimah, M., Musayyadah, & Pusparini, D. (2024b). Dampak Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Kurniawan Asep. (2018). Metodologi Penelitian. PT Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, M. W., & Kusumawardhana, A. S. (2020). Strategi Penguatan Pendidikan karakter dalam menumbuhkan sikap demokratis siswa. Bhineka Tunggal Ika:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan.

M. Langi, F., & Talibandang, F. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Journal Of Pyschology Humanlight, 2.

Masni, H. (2016). Peran Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreatifitas Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya.

Muhayati, S. (2016). Pola Asuh Dialogis dan Metode Individual dalam Pendidikan seks islam pada Pendidikan Agama Terhadap Sikap anak Berbusana sesuai dengan jenis kelaminnya. 2(1).

Muraco. A Joel, Ruiz Wendy, Laff Rebecca, Thompson Ross, & Lang Dianaa. (2020). Gaya Pengasuhan Baumrind. Pressbooks.

Nadiah. (2017). Hubungan Penerapan Metode Cooperative Learning dengan hasil belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1.

Ngalim Purwanto. (1990). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Nisa, I., & Dessy. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini.

Nur Atika, A., & Rasyid, H. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan, 7.

Prastyla Raxsa, H., Yatno, T., & Wardani Niken. (2020). Pengaruh Lingkungan Sosial dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Moral Remaja Buddhis di Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan Sains, Sosial Dan Agama, 4(2).

Rahmawati, A. (2006). Motivasi Berprestasi Mahasiswa ditinjau dari Pola Asuh. 12.

Rohayani Farida, Murniati Wahyuni, Sari Tirta, & Ramdhani Fitri Annida. (2023). Pola Asuh Permisif dan Dampaknya Kepada Anak Usia Dini (Teori dan Problematika). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.

Rusman. (2012). Model Model Pembelajaran. Mulia Mandiri Press.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.

Sih Miyari, D., Elok Endang Rasamani, U., & Fitrianingtyas, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pola Asuh Anak. Jurnal Kumara Cendekia, 9(3).

Suryabrata Sumadi. (2006). Metode Penelitian.

Syafi’i Ahmad. (2018). tudi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan.

Syah Muhibbin. (2008). Psikologi Pendidikan.

Syaiful, B. D. (2014). Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi dalam Keluarga. . Rineka Cipta.

Utomo Budi, A. (2005). Pola Pengasuhan Anak Pada Keluarga Nelayan di Kab Pekalongan. 11.

Wahab R. (2015). Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo Persada.

Yusuf Syamsu. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Pusparani, A., & Nadiah, N. (2025). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (SURVEI DI SMA MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5539–5547. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46703

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.