PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPAS DARI PERSPEKTIF MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS JIGSAW PADA KURIKULUM MERDEKA.
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27212Keywords:
Aktivitas Siswa, Kooperatif Jigsaw, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kurikulum Merdeka, Problem Based Learning, IPAS.Abstract
Penelitian ini membahas tentang peningkatan aktivitras siswa dalam pembelajaran IPAS dari perspektif model kooperatif tipe jigsaw pada Kurikulum Merdeka. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa dengan model pembelajaran tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan akivitas siswa IV SDN Putat Gede 1/94 Surabaya pada mata pelajaran IPAS dalam perspektif model pembelajaran tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif pre-experimenal design dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Putat Gede 1/94 Surabaya Tahun Ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan terpilih kelas IV-B dengan jumlah 25 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar, tes observasi, dan angket. Hasil penelitian menjawab 3 rumusan masalah. Pertama, hasil belajar siswa menjukan nilai N-Gain sebesar 76% dengan kategori hasil belajar kognitif siswa meningkat. Kedua, hasil aktivitas siswa menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPAS dengan diperoleh hasil rata-rata 9,92 dengan presentase ketuntasan sebesar 83%, Ketiga, respon siswa selama pembelajaran mendapat rata-rata responden dengan jawaban setuju sebanyak 84% dengan mayoritas siswa setuju jika pelajaran IPAS dengan materi bagian tubuh tumbuhan mudah untuk dipahami setelah diterapkan model pembelajaran PBL berbasis jigsaw.References
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu , 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662
Allutfia, F. T., & Setyaningsih, M. (2023). ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV Fadila. Environmental Research, 151(1), 130–144.
Azmy, B., Fiantika, F. R., & Prastyo, D. (2023). Optimalisasi Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar: Pengabdian Masyarakat Guru Di Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian …, 4(1), 165–170.
Azzahra, F., & Sholihah, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Di Sekolah Dasar: a Systematic Literatur Review. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(4), 283–296.
Billa, A. S., Faradita, M. N., & Naila, I. (2023). Analisis Aktifitas Siswa dalam Pembelajaran IPAS dari Perspektif Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1642–1650. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5329
Fatmawati. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD 110 JEKKA. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 4(2), 13–22.
Hafiz, H. A., & Khasna, F. T. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD DI SEKOLAH DASAR. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3).
Hasanah, F. (2023). Meningkatkan prestasi belajar sosiologi pokok bahasan masyarakat multikultural melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Patria Eduacational Journal (PEJ), 3(1), 58–69. https://doi.org/10.28926/pej.v3i1.861
Hasibuan, A. R. H., Aufa, Kharunnisa, L., Siregar, W. A., & Adha, H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 2685–9351.
Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2020). Kepraktisan Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323.
Kurniawan, G. (2023). IMPLEMENTASI PENYAJIAN MATERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERDIFERENSIASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Gilang. 04(02), 147–155.
Maksum Fuadi, A., Fauziati, E., & Artikel, R. (2022). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Pelejaran Ipa Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme Info Artikel Abstrak. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 242–247. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf
Marlina, T. (2022). URGENSI DAN IMPLIKASI PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 67–72.
Ningsih, Y. F., Fitriyah, C. Z., Puspitaningrum, D. A., Wardani, R. P., & Sari, N. N. (2023). (29) Development of Learning Media Based on Character Education and Cultural Values of Coffee Pick Dance for Elementary School. AIP Conference Proceedings, 2679(January).
Raditya, K. A., I Ketut Gading, & I.G. Ayu Tri Agustiana. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 3(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jmt.v3i2.63116
Sulistiani, S., Haryanto, H., & Atmojo, S. E. (2022). Model Pembelajaran Jigsaw untuk Menumbuhkan Motivasi dah Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 223–231.
Trihartoto, A., Indarini, E., Dasar, G. S., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Tematik Sekolah Dasar Tipe Jigsaw. 5, 117–124.
Wuwur, E. S. P. O. (2020). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 318–333.
Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syavira Yuri Auridhea
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.