Inovasi Pembelajaran Berbasis Web dalam Implementasi Kurikulum 2013 di MA BAITUL MAKMUR REJANG LEBONG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.40633Keywords:
Inovasi, Pembelajaran, Web.Abstract
Penelitian ini berfokus pada inovasi pembelajaran berbasis web dalam implementasi Kurikulum 2013 di MA BAITUL MAKMUR Rejang Lebong pada masa pandemi Covid-19. Kebijakan pemerintah yang mewajibkan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi tantangan besar bagi sekolah untuk segera menyiapkan metode pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga pertanyaan utama: pertama, bagaimana proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di MA BAITUL MAKMUR Rejang Lebong; kedua, bagaimana inovasi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013; dan ketiga, bagaimana pembentukan karakter siswa sesuai dengan Kurikulum 2013 pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan lokasi di MA BAITUL MAKMUR Rejang Lebong. Data utama diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring di MA BAITUL MAKMUR Rejang Lebong berjalan dengan memanfaatkan fasilitas teknologi dan informasi yang tersedia, seperti akses internet, ruang komputer khusus, dan perangkat android siswa yang dilengkapi dengan kuota. Inovasi pembelajaran berbasis web diwujudkan melalui pengembangan media dan metode pembelajaran yang mendukung tercapainya Kurikulum 2013. Selain itu, pembentukan karakter siswa dilakukan secara kreatif dan inovatif oleh setiap guru, meskipun dilakukan secara daring. Guru menggunakan berbagai pendekatan untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang sesuai dengan Kurikulum 2013, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kedisiplinan, sehingga pencapaian karakter-karakter tersebut dapat dikatakan berhasil. Penelitian ini menegaskan bahwa adaptasi teknologi, metode pengajaran yang inovatif, dan pendekatan karakter yang kreatif merupakan kunci keberhasilan implementasi Kurikulum 2013 dalam situasi pandemi.References
ADPPA Islam. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. In Pendidikan Agama Islam Menuju Revolusi Industri 4.0 (p. 31).
Akhmad Riandy Agusta, et. a. (2021). Inovasi pendidikan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.co.id/books?id=i8o5EAAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Amelia1, L., Nurfatimah2, S. A., & Hasna3, S. (2022). IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN BERBASIS KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER. Elementary School Education Journal, 6(2), 1–23. http://dx.doi.org/10.30651/else.v5i1.7172
Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi, 4(2), 165–172. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/501
Hermawansyah. (2021). Manajemen Lembaga Pendidikan Sekolah Berbasis Digitalisasi Di Era Covid 19. Fitrah : Jurnal Studi Pendidikan, 12(1), 28–46.
Juli Meliza dan Kartika Sari Lubis. (2022). Manajemen Pemasaran dan Strateginya. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=DAVjEAAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Rini Atikah dkk. (2021). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 119–132.
Sundari, Warsah, I., & Azwar, B. (2021). Inovasi Pembelajaran Berbasis Web dalam Implementasi Kurikulum 2013 di MAN Rejang Lebong. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 120–125. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v8i2.629
Yuliana, Y. (2019). Inovasi Pembelajaran Melalui Teknologi Informasi: Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Internet. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 119–132. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5179
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vera Yunita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.