PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOPEDAGOGI TERHADAP PEMAHAMAN SEJARAH MATERI KEARIFAN LOKAL KELAS IV SD

Authors

  • Eka Putri Wulandari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rosmiati Rosmiati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30392

Keywords:

Problem Based Learning, Etnopedagogi, Pemahaman Sejarah, Kearifan Lokal.

Abstract

Pemahaman terhadap sejarah khususnya materi kearifan lokal menjadi landasan mengenal identitas budaya. Namun, persepsi negatif siswa terhadap pembelajaran sejarah menjadi hambatan dalam memahami materi kearifan lokal sehingga siswa mengalami kesulitan memahami nilai – nilai yang ada pada pembelajaran sejarah khususnya materi kearifan lokal. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman siswa, salah satunya yakni problem based learning berbasis etnopedagogi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design berbentuk pretest dan posttest. Populasi yang digunakan yaitu kelas IV A dan IV B dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 56 siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi keterlaksanaan modul ajar, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji N-Gain, analisis data kuantitatif dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh problem based learning berbasis etnopedagogi terhadap pemahaman sejarah materi kearifan lokal dilihat dari nilai mean N-gain, keterlaksanaan modul ajar, serta respon siswa terhadap pembelajaran pada Kelas IV A dan IV B diperoleh nilai yang mencapai peningkatan indikator penelitian.

References

Aunia, L., & Suprayitno. (2022). "Tari Lencir Kuning Kabupaten Tuban Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnopedagogi Di Sekolah Dasar). Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 10(5)

Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’. 12(2)

Dewi, Laksmi; Ahmad Yani; dan Asep Dudi Suhardini. (2015). Model Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan Berbasis Etnopedagogis di Sekolah Dasar Kampung Cikondang. 31(2).

Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenada Media Group.

Muzakkir. (2021). "Pendekatan Etnopedagogi. Pendekatan Etnopedagogi Sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal". Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian. 2(2). 28–39.

Nurisma, I. (2020). Etnopedagogi di Sekolah Dasar (Studi Etnografi dalam Pembelajaran Tematik di MI ma'arif Setono Jenangan Ponorogo). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Nurjanah, Wulan. (2020). Historical Thinking Skills and Critical Thinking Skills. Journal Of History Education Research. 23(1)

Octavia, Shilphy A. (2020). Etika Profesi Guru. Yogyakarta: Deepublish.

Pajriah, Sri. & Aan Suryana. (2023). Pendampingan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Kampung Dokdak Bagi Guru Di Sma N 1 Baregbeg Kabupaten Ciamis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(2).

Pingge, H. D., & Aingu, R. M. (2021). "Studi Etnopedagogi Nilai-Nilai Sila Pancasila pada Budaya Lokal Masyarakat Adat Sumba". Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar. 3(1).

Priadana, Sidik; Sunarsi, Denok. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif.

Putra, Purniadi; Akbar Yuli Setianto; Abdul Hafiz;Mutmainnah; dan Aslan. (2020). ETNOPEDAGOGI STUDIES IN CHARACTER EDUCATION IN THE MILLINNEAL ERA: CASE STUDY MIN 1 SAMBAS. Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 12(2)

Rahmawati, Yuli; Achmad Ridwan; Sylvia Faustine; Sitt Syarah; Ibrahim; dan Paramita Cucu Mawarni. (2020). Pengembangan Literasi Sains Dan Identitas Budaya Siswa Melalui Pendekatan Etno-Pedagogi Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Edusains. 12(1). 54-63.

Rahmawati, Yuli; Achmad Ridwan; Ucu Cahyana; dan Tyaswati W. (2020). The Integration of Ethnopedagogy in Science Learning to Improve Student Engagement and Cultural Awareness.Universal Journal Of Education Research. 8(2).

Rosita, Eliana; Agus Prasetyo Utomo; Siti Alfiyana Azizah; dan Sukoco. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi. 1(3).

Satriawan, M dan Rosmiati. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Konstekstual Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Mahasiswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains).6(1). https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p121 2-1217.

S, C. Sri Hartaty; Saiful Bahri; Emi Tipuk Lestari; Sandie; dan Dwi Risalah. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai dalam Sistem Beuma Masyarakat Desa Nanga Mahap dalam Pembelajaran IPS Berbasis Etnopedagogi. Jurnal BASICEDU. 6(3).

Sirtufillaily, Amellisa; Muhammad Tahir; & Hasnawati. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnopedagogi Suku Sasak pada Materi IPAS Bab 5 Kelas IV. Journal of classroom Action Research. 6(1). 140-146.

Yusrizal. (2020). "Pengaruh Pendekatan Etnopedagogi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Di SD Negeri Panton Luas Baru". Jurnal Ilmiah Maksitek. 5(3).

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Wulandari, E. P. ., & Rosmiati, R. (2024). PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOPEDAGOGI TERHADAP PEMAHAMAN SEJARAH MATERI KEARIFAN LOKAL KELAS IV SD . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 8688–8696. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30392