PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BILANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 36 PONTIANAK KOTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.26654Keywords:
Pengaruh, Media Kantong Bilangan, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media kantong bilangan pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 36 Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk Quasi Experimental Design, desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengukuran dengan instrumen penelitian berupa 10 soal essay. Hasil perhitungan statistik dari rata-rata hasil belajar tes akhir kelas eksperimen sebesar 65,22 dan rata-rata hasil belajar tes akhir kelas kontrol sebesar 57,67 dengan diperoleh thitung (2,40) > ttabel (1,69), maka Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media kantong bilangan dan diajar menggunakan media gambar di kelas IV SDN 36 Pontianak Kota. Dari perhitungan effect size diperoleh sebesar 0,50 (kriteria sedang) berarti penggunaan media kantong bilangan pada pembelajaran matematika memberi pengaruh sedang terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 36 Pontianak Kota.References
Anitah W, Sri, dkk. 2014. Strategi Pembelajaran di SD. Banten: Universitas Terbuka.
Danuri & Maisaroh, S. (2019). Metode penelitian pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru.
Kepmendikbudristek, (2022). Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kepala Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Mas’ulah, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Kantong Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pembulatan dan Penaksiran pada Siswa Kelas IV SDN Kedurus I Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 07(02), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/27869
Mustofa, A., & Muadzin, A. (2021). Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Vol. 7, Nomor 2). https://doi.org/10.37286/ojs.v7i2.102
Ningsih, R. P., Syahrilfuddin, & Lazim. (2020). Penerapan Teori Jerome Bruner untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV B SD Negeri 158 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i1.7363
Nisa, S., Sri Lena, M., Thayyiba, G. H., & Puspita, I. D. (2023). Analisis Penyusunan Capaian Pembelajaran (Sahrun Nisa, dkk) Madani. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 2986–6340. https://doi.org/10.5281/zenodo.8047472
Priatna, N., & Yuliardi, R. (2019). Pembelajaran matematika untuk guru SD dan calon guru SD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sakti, A. A. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Kantong Bilangan pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar III di SLB Negeri 1 Bulukumba. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25362
Sabilla, M. A., Gunayasa, I. B. K., & Tahir, M. (2022). Pengaruh Media Kantong Bilangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan pada Siswa Kelas III SDN 1 Cakranegara Tahun Ajaran 2022. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6682
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Neni Mariyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.