TINGKAT VALIDITAS KOMIK PENDIDIKAN PANCASILA PADA MATERI BENTUK-BENTUK KERAGAMAN DI INDONESIA DARI ASPEK DESAIN, BAHASA, DAN MATERI KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.25487Keywords:
Komik, Pendidikan Pancasila, Bentuk Keragaman.Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan komik yang valid untuk digunakan dalam membantu proses kegiatan pembelajaran oleh guru kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RnD ( Research and Development) dengan pendekatan metode campuran (mixed methode) dan menggunakan model ADDIE, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 53 Sungai Raya dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 orang, validator ahli sebanyak 3 orang yang memvalidasi 3 aspek yaitu aspek desain, bahasa, dan materi. Teknik pengumpulan data menggunkan anget validasi. Validasi oleh vallidator 1 menghasilkan skor 114 dengan presentas3 95%, validator 2 menghasilkan skor 120 dengan presentase 100%, dan validator 3 menghasilkan skor 100 dengan presentase 83%. Total skor keseluruhan 334 dan memperoleh skor rata-rata sebesar 93% dengan kriteria “sangat valid”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa komik pendidikan Pancasila pada materi bentuk-bentuk keragaman di Indonesia dari aspek desain, bahasa, dan materi pada kelas V SD Negeri 53 Sungai Raya valid digunakan dalam proses pembelajaran.References
Agung, A. A. G. 2020. Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Ernawati, Desi. (2016). Pengembangan Media Komik Pembelajaran IPA Kelas IV Tahun Ajaran 2015/2016 di SD. JPGSD, 4(2). https://www.neliti.com/id/publications/254236/pengembangan-media-komik-pembelajaran-ipa-kelas-iv-tahun-ajaran-20152016-di-sd#cite
Hal, M., & Prasetyo, S. (2018). Kontribusi Pengembangan Media Komik IPA Bermuatan Karakter Pada Materi Sumber Daya Alam untuk Siswa MI/SD. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 185–194. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i2.25
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145
Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci?:Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Elsa Febriony Agata Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.