PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SMART APPS CREATOR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS III SDN 06 PONTIANAK SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24877Keywords:
Pengaruh, Smart Apps Creator, Tematik, Hasil Belajar KognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan media smart apps creator dalam pembelajaran tematik terhadap prestasi belajar siswa di kelas III SD Negeri 06 Pontianak Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Pre-Experimental jenis non equivalent control group design. Populasi terdiri dari seluruh siswa di kedua kelas, dengan jumlah peserta sebanyak 37 siswa. Sampel penelitian ini mencakup 19 siswa dari kelas III A dan 18 siswa dari kelas III B. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik pengukuran dengan menggunakan tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes akhir untuk kelas eksperimen adalah 86,05 dan rata-rata tes akhir kelas kontrol 80,16. Hasil uji hipotesis menggunakan t-test (Polled varians) diperoleh thitung = 2,974 sedangkan untuk dk (19+18-2=35) dengan taraf signifikan ?= 5% diperoleh ttabel 2,032 yang berarti thitung > ttabel , maka Ha diterima sehingga dibuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media smart apps creator pada pembelajaran tematik. Berdasarkan perhitungan effect size (ES) diperoleh ES=0,70 yang termasuk kriteria dalam sedang. Kesimpulannya, dapat disarankan bahwa pemanfaatan media smart apps creator dalam pembelajaran tematik memberikan dampak positif terhadap pencapaian belajar siswa di kelas III SD Negeri 06 Pontianak Selatan.References
Anjarsari, P. (2021). STIMUiLUiS GUiRUi DAN REiSPON SISWA DALAM PEiMBEiLAJARAN BAHASA ARAB DI TINGKAT SMP. https://jouirnal.uinismuih.ac.id/indeix.php/aluirwatuil/articlei/download/6565/4147
Arsyad. (2017). Meidia Peimbeilajaran. Rajawali Peirs.
Bahar, H. (2014). PEiNGEiMBANGAN PEiMBEiLAJARAN TEiRPADUi DALAM PEiNDIDIKAN KARAKTEiR. Juirnal Teiknodik, 209–225. https://doi.org/10.32550/teiknodik.v0i0.80
Leistari, I. (2015). Peingaruih Waktui Beilajar dan Minat Beilajar teirhadap Hasil Beilajar Mateimatika. Formatif: Juirnal Ilmiah Peindidikan MIPA, 3(2), 115–125. Diuinduih dari https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118
Martono. (2016). MEiTODEi PEiNEiLITIAN KUiANTITATIF?: Analisis Isi dan Analisis Skuindeir. PT. Raja Grafindo Peirsada.
Mas’uin, M., & Saparuidin, S. (2022). Konseip dan Peineirapan TPACK dalam Peimbeilajaran Peindidikan Agama Islam Beirbasis HOTS. eiL-HIKMAH: Juirnal Kajian dan Peineilitian Peindidikan Islam, 16(2), 187–206. https://doi.org/10.20414/eilhikmah.v16i2.6241
Nawawi. (2015). Manajeimein Suimbeir Daya Manuisia. Gajah Mada Uiniveirsity Preiss.
Prakoso, R. (2020). Peingeimbangan Meidia Peimbeilajaran Beirbasis Aplikasi Meingguinakan Smart App Creiator Rangga Hasian Prakoso a1D116062 Program Stuidi Peindidikan Guirui Seikolah Dasar Uiniveirsitas Jambi Oktobeir 2020
Praseitya. (2015). Strateigi Beilajar Meingajar. CV. Puistaka.
Prastowo, A. (2019). Analisis Peimbeilajaran Teimatik Teirpadui. Jakarta: Preinadameidia Grouip.
Roziei, F. (2018). PEiRSEiPSI GUiRUi SEiKOLAH DASAR TEiNTANG PEiNGGUiNAAN MEiDIA PEiMBEiLAJARAN SEiBAGAI ALAT BANTUi PEiNCAPAIAN TUiJUiAN PEiMBEiLAJARAN. 5(2). https://doi.org/10.21107/widyagogik.v5i2.3863
Ruisman. (2017). Peimbeilajaran Teimatik Teirpadui Teiori, Praktik dan Peinilaian. PT. Raja Grafindo Peirsada.
Suigiyono. (2018). Meitodei Peineilitian Peindidikan: Peindeikatan Kuiantitatif, Kuialitatif, dan R&D. Alfabeita.
Suigiyono. (2019). Meitodei Peineilitian dan Peingeimbangan: Reiseiarch and Deiveilopmeint. Alfabeita.
Suikmadinata, N. S. (2017). Meitodei Peineilitian Peindidikan. PT. Reimaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Magdalena Lusty Setyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.