SUPLEMEN BAHAN AJAR ELEKTRONIK TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5 KELAS III SEKOLAH DASAR 58 SUNGAI RAYA

Authors

  • Achmad Zaky Shobari Universitas Tanjungpura
  • Hery Kresnadi Universitas Tanjungpura
  • Rio Pranata Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21138

Keywords:

Pengembangan, Suplemen, Bahan Ajar Elektronik,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan Suplemen Bahan Ajar Elektronik Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5 dikelas III Sekolah Dasar, Metode yang diterapkan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengangkat model Borg and Gall dengan tujuh langkah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji coba awal lapangan, revisi produk utama, uji coba lapangan terbatas, revisi produk operasional, uji coba lapangan operasional. Data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi produk dari validator dan hasil pengisian kusioner kepraktisan terhadap Suplemen bahan ajar elektronik oleh siswa. Data kualitatif didapat dari saran serta alasan dari validator dan siswa, instrumen penelitian ini berupa kuesioner (angket). Tingkat validitas berdasarkan hasil evaluasi dari ahli materi, ahli desain dan ahli bahasa serta kepraktisan suplemen bahan ajar berdasarkan hasil dari guru dan siswa. Hasil berdasarkan tingkat validasi suplemen bahan ajar elektronik tema 2 subtema 1 pembelajaran 5 kelas III sekolah dasar berdasarkan aspek materi memperoleh rata-rata 3,30 dengan kategori "sangat valid”  dan aspek desain memperoleh rata-rata 3.20 dengan kategori “valid” dan aspek bahasa memperoleh rata-rata 3,55 dengan kategori “sangat valid”. Hasil tingkat keparktisan terhadap suplemen bahan ajar elektronik tema 2 subtema 1 pembelajaran 5 kelas III sekolah dasar oleh siswa diperoleh rata-rata 3,34 dengan kategori sangat praktis dan guru diperoleh rata-rata 3,10 dengan kategori rata-rata 3.10 dengan kategori “praktis”

References

Dirneti., & Dewi, T. M., & Muliana, S. K., (2021, October 1). Pengembangan Media Pembelajaran Kolase Berbasis Pemanfaatan Daur Ulang Sampah Pada Pembelajaran Tema 2 Subtema 3 Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar). Karimun .

Johar, M ., & Hanum, L ., (2021). Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru Yang Profesional. Banda Aceh : Syiah Kuala University Press. Diperoleh Dari Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Strategi_Belajar_Mengajar_Untuk_Menjadi/Zt0peaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=0

Kelana. J. B. ., & Pratama. F ., (2019). Bahan Ajar Ipa Berbasis Literasi Sains. Bandung:Lekkas. Diperoleh Dari Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Bahan_Ajar_Ipa_Berbasis_Literasi_Sains/Khe4dwaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=1

Kosasih., (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur : Bumi Aksara. Diperoleh Dari Https://Www.Google.Co.Id/Books/Edition/Pengembangan_Bahan_Ajar/Uz9oeaaaqbaj?Hl=Id&Gbpv=1&Dq=Bahan+Ajar&Printsec=Frontcover

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Ulumuddin, I ., Mahdiansyah., & Joko, B.S ., (2017). Buku Teks Dan Pengayaan : Kelengkapan Dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Serta Kebijakan Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jakarta: Kemendikbud 2017

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Shobari, A. Z. ., Kresnadi, H. ., & Pranata, R. . (2023). SUPLEMEN BAHAN AJAR ELEKTRONIK TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 5 KELAS III SEKOLAH DASAR 58 SUNGAI RAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1556–1561. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21138

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>