PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 060935 MEDAN JOHOR TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44948Keywords:
Numbered Head Together, Hasil Belajar, Matematika, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 060935 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini berdasarkan rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan persentase ketuntasan hanya 40%, serta kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes dan angket. Hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 56,00, sedangkan hasil posttest meningkat menjadi 72,00. Berdasarkan uji normalitas, data terdistribusi normal. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai rhitung sebesar 0,618 yang lebih besar dari rtabel 0,361, yang menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara model NHT dan hasil belajar siswa. Uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,211 lebih besar dari ttabel 1,701, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 060935 Medan JohorReferences
Ananda, R., & Rohman, F. (2023). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia (PRCI).
Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Candra Susanto, P., Arini, D. U., Yuntina, L., Soehaditama, J. P., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisiplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504
Dianti, Y. (2017). Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Jurnal Pendidikan, 5(2), 5–24.
Firdaus, A., & Muallim, M. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 7271–7283.
Fitriana, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SDN 5 Rasau Jaya. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 45–50.
Hamdani, I. M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Guru Membangun, 40(1), 1–11.
Iskandar, A. P., & Leonard. (2018). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin, 443–455.
Kristo, J., Raja, B. L., & Sinaga, R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Katolik, 2, 268–280.
Lidyawati, R., & Zainuddin. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Cendekia Pendidikan, 3(2), 113–129.
Mardicko, A. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 54.
Nasution, R. (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Ngalimun. (2022). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Paling, S., Sari, R., & Bakar, R. M. (n.d.). Belajar & Pembelajaran. Medan: Mifandi Mandiri Digital 101.
Pangestu, C. B., & Kadir, K. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Algoritma: Journal of Mathematics Education, 1(1), 54–62. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11686
Pitasari, M. A. R., Rahmawati, I., & Faizah, N. (2024). Pengaruh Media Anak Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. Al-Ashr: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 8–19. https://doi.org/10.56013/alashr.v9i1.2906
Prihantini. (2021). Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: Bumi Aksara.
Purnomo, C. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Journal of Education and Religious Studies, 1(2), 53–57. https://doi.org/10.57060/jers.v1i02.22
Purwanto, M. N. (2020). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Simarmata, E. J., dkk. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Darma Agung, 32(6).
Sinaga, F., dkk. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif NHT terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Slameto. (2016). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sucidamayanti, N. P. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Action Research, 1(3), 184. https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12683
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Mas Intan Silalahi, Juliana Juliana, Rizki Bastanta Manalu, Ester Simarmata, Jhonas Dongoran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.